Tegalrejo, Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tegalrejo
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenMagelang
Pemerintahan
 • Camat-mutasor
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri33.08.19 Edit the value on Wikidata
Luas- km²
Desa/kelurahan-

Tegalrejo (bahasa Jawa: ꦠꦼꦒꦭꦽꦗ, translit. Tegalreja) adalah salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Letaknya berada di sebelah timur Kota Magelang atau jalan raya antara Kopeng-Magelang. Berbatasan dengan Kecamatan Grabag dan Secang di sebelah utara, Berbatasan dengan Kecamatan Pakis di sebelah timur, berbatasan dengan Kecamatan Candimulyo di sebelah Selatan dan berbatasan dengan Kecamatan Mertoyudan dan Kota Magelang di sebelah barat.

Sejak dulu Tegalrejo terkenal dengan pesantren yaitu Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam Tegalrejo. Alumni pesantern Tegalrejo yang paling terkenal adalah Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang pernah menjadi santri di Pondok ini di masa asuhan K.H. Chudori pada waktu itu. Pondok Pesantren Tegalrejo adalah salah satu Pondok Pesantren cukup berpengaruh di wilayah Kabupaten Magelang dan Jawa Tengah, selain Pondok Pesantren Watu Congol, Pondok Pesantren Pabelan, Pondok Pesantern Payaman, dan lain lain.

Selain Pondok Pesantren Tegalrejo, di wilayah ini juga terdapat Pondok Pesantren Tegalrandu (Kelurahan Sukorejo), Pondok Pesantren Kombangan (Kelurahan Banyusari) dan yang terbaru adalah Pondok Pesantren Koripan di kelurahan Dawung.

Masyarakat Tegalrejo sebagian besar hidup bercocok tanam sebagai petani, namun ada juga yang menjadi pedagang, pegawai negeri, tentara, polisi, karyawan swasta, buruh dan lain-lain. Hasil buminya berupa padi, jagung, cabe, kacang tanah, dan sayur sayuran. Selain itu ada juga hasil perkebunan yaitu berupa buah-buahan seperti duku, durian, langsep, pepaya dan lain lain. Belakangan Tegalrejo juga dikenal sebagai penghasil batu bata merah yang cukup bagus, pemasarannya bahkan sampai keluar daerah seperti Salatiga, Jogjakarta, Semarang, Temanggung, Purworejo, Boyolali, Solo, Sragen dan lain lain.

Salah satu event tahunan di Tegalrejo adalah "Khataman". Khataman adalah acara tahunan yang digelar oleh pesantren tatkala memasuki akhir pelajaran atau kenaikan kelas atau kenaikan tingkat para santri. Acara Khataman ini biasanya digelar sekitar seminggu penuh pada bulan Ruwah (kalender Jawa), atau sekitar sebulan sebelum memasuki bulan Ramadan. Pada acara khataman ini seni sering menampilkan pertunjukan kesenian rakyat seperti Jathilan, Kubro Siswo, Wayang kulit, Kethoprak, Soreng, Kuntulan, Badui hingga tontonan modern seperti dangdut, maupun band. Sedang acara utamanya adalah pengajian umum atau ceramah yang biasanya diisi oleh ulama-ulama besar di Jawa Tengah atau dari daerah lain.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Banyusari
  2. Banyuurip
  3. Dawung
  4. Dlimas
  5. Donorojo
  6. Girirejo
  7. Glagahombo
  8. Japan
  9. Kebonagung
  10. Klopo
  11. Mangunrejo
  12. Ngadirejo
  13. Ngasem
  14. Purwodadi
  15. Purwosari
  16. Sidorejo
  17. Soroyudan
  18. Sukorejo
  19. Tampingan
  20. Tegalrejo
  21. Wonokerto

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]