Tanjung Burung, Teluknaga, Tangerang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tanjung Burung
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiBanten
KabupatenTangerang
KecamatanTeluknaga
Kodepos15510
Luas864 km²
Jumlah penduduk7.391 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Kepala Desa= Bpk.H. M.Idris Efendi, S. Pd., MM

Tanjung Burung adalah desa yang berada di kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia.

{{kelurahan-stub}pada mulanya desa tanjung burung adalah merupakan bagian dari wilayah desa pangkalan, di karenakan luas wilayah dan juga perkembangan jumlah penduduk yang semakin meningkat sehingga kemudian pada tahun 1984 dimekarkan menjadi "desa tanjung burung" dalam kamus bahasa indonesia kata "tanjung" artinya adalah daratan yang menjorok kelaut, atau daratan yang di kelilingi oleh laut di ketiga sisinya, sedangkan "burung" merupakan analogi bahwa daerah tanjungan tersebut terdapat berbagai macam jenis burung, kemudian kedua kosakata tersebut di padukan menjadi nama Desa Tanjung Burung. Secara geografis desa tanjung burung terletak pada posisi paling utara yang berbatasan langsung dengan laut jawa dan di apit oleh sungai Cisadane di sebelah barat. Sejarah pemerintahan desa tanjung burung di awali pada masa kepemimpinan oleh pejabat sementara yang bernama bapak SURYANA yang di tunjuk langsung oleh camat teluknaga pada masa tugas tahun 1984, yang kemudiab dimana pertama kali dimulainya penyelenggaraan pemilihan kepala desa pertama di desa secara langsung oleh masyarakat setempat hingga sampai saat ini sudah sebanyak enam (6) kali pemilihan kepala desa di laksanakan.

 di tanjung burung juga banyak terdapat galangan kapal fibreglass, terutama di kebon kopi. Dan di desa ini juga ada peternakan sapi terbesar. Galangan kapal fibreglass dan peternakan sapi ini banyak sekali keuntungan nya bagi pribumi setempat, karena banyak mengurangi pengangguran.

Di desa ini juga banyak terdapat empang - empang dan tempat pemancingan. Biasa nya setiap hari minggu atau hari libur banyak warga - warga dari desa lain datang ke desa ini untuk memancing. Di desa ini ada gentong air terbesar yang terbuat dari fibreglass, gentong air ini juga masuk record MURI sebagai gentong air terbesar di Indonesia yang terbuat dari fibreglass. Gentong air ini di buat oleh kemas Watfadir atau adi fiber dan team yang di sponsori oleh bank HSBC & PKPU. Gentong air ini di serahkan ke warga untuk di gunakan sebagai penampungan air bersih, lokasi gentong air ini ada di kampung Tanjung burung Cirumpak.