Sturnus vulgaris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jalak Eropa
Sturnus vulgaris Edit the value on Wikidata
Toulouse - Sturnus vulgaris - 2012-02-26 - 3.jpg
Rekaman

Edit the value on Wikidata
Data
Rentang sayap0,38 m Edit the value on Wikidata
Status konservasi
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko rendah
IUCN22710886 Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliSturnidae
GenusSturnus
SpesiesSturnus vulgaris Edit the value on Wikidata
Linnaeus, 1758
Distribusi
Sturnus vulgaris map.png
Edit the value on Wikidata

Jalak Eropa (Sturnus vulgaris), juga dikenal sebagai starling di Kepulauan Inggris, adalah burung passerine berukuran sedang dalam keluarga Jalak, Sturnidae. Panjangnya sekitar 20 cm dan memiliki bulu hitam mengkilap dengan kilau perak, yang berbintik-bintik putih pada beberapa waktu dalam setahun. Kaki berwarna merah muda dan paruh hitam di musim dingin dan kuning di musim panas; burung-burung muda memiliki bulu yang lebih coklat daripada burung dewasa. Dikategorikan sebagai burung yang berisik, terutama di sarang komunal dan situasi berkelompok lainnya, dengan kicauan yang tidak jelas tetapi bervariasi. Kebiasaan mimikrinya tercatat dalam literatur termasuk Mabinogion dan karya-karya Pliny the Elder dan William Shakespeare.

Jalak Eropa memiliki sekitar selusin subspesies yang berkembang biak di habitat terbuka di daerah persebaran asalnya di beriklim Eropa dan Asia barat, dan telah diperkenalkan Australia, Selandia Baru, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Peru, Argentina, Kepulauan Falkland, Brazil, Chili, Uruguay, Afrika Selatan dan Fiji.[2] Burung ini tinggal di Eropa selatan dan barat dan Asia barat daya, sementara populasi timur laut bermigrasi ke selatan dan barat di musim dingin pada masa kawin dan juga lebih jauh ke selatan ke Iberia dan Afrika Utara. Jalak Eropa membangun sarang di rongga alami atau buatan tempat, dimana merkea meletakkan empat atau lima telur biru pucat yang mengkilap. Membutuhkan waktu dua minggu untuk menetas dan burung muda tetap di sarang selama tiga minggu. Biasanya ada satu atau dua masa kawin setiap tahunnya. Spesies ini adalah omnivora, memakan berbagai invertebrata, serta biji dan buah. Ia diburu oleh berbagai mamalia dan burung pemangsa.

Kawanan besar khas spesies ini dapat bermanfaat bagi pertanian dengan mengendalikan hama invertebrata; Namun, jalak juga bisa menjadi hama sendiri ketika mereka memakan buah dan menumbuhkan tanaman. Jalak Eropa juga bisa menjadi gangguan melalui kebisingan dan kekacauan yang disebabkan oleh bertenggernya kota besar. Populasi yang diperkenalkan khususnya telah mengalami berbagai kontrol, termasuk melakukan culling, tetapi memiliki keberhasilan yang terbatas kecuali dalam mencegah penyebarannya di Australia Barat.

Spesies ini telah menurun dalam jumlah di bagian Eropa utara dan barat sejak 1980-an karena lebih sedikit invertebrata padang rumput yang tersedia sebagai makanan untuk anak burung yang tumbuh. Meskipun demikian, populasi globalnya yang besar tidak dianggap menurun secara signifikan, jadi jalak biasa digolongkan sebagai spesies risiko rendah oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Sturnus vulgaris". 2016: e.T22710886A87847984. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22710886A87847984.en. 
  2. ^ Long, John L. (1981). Introduced Birds of the World. Agricultural Protection Board of Western Australia. pp. 21–493