Mimikri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lalat kerbau eropa, Vespa crabro
Lalat (Episyrphus balteatus) yang senang menyerupai lalat kerbau

Dalam biologi evolusioner, mimikri merupakan proses evolusi yang terjadi pada spesies untuk menjadi sama dengan spesies lainnya.[1][2][3] Biasanya mimikri menyerupai suatu spesies sebagai salah satu cara menghindari bahaya, misalnya bila berhadapan dengan predator.[3] Salah satu contohnya adalah lalat bunga, yang banyak dari spesiesnya menyerupai tawon. Istilah ini tidak sama dengan kamuflase,[butuh rujukan] di mana spesies bertindak terhadap bahaya dari spesies hewan lain yang mencari mangsa di lingkungan sekitarnya.

Tumbuhan tertentu juga menumbuhkan biji yang berfungsi untuk melawan, di mana biji tersebut menyerupai biji lain yang kaya akan nutrien. Dengan cara itulah, bibit ditumbuhkan.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata mimikri berasal dari istilah bahasa Yunani mimetikos (suka meniru, merupakan tiruan) yang merupakan turunan dari mimetos (kata sifat verba) dari mimeisthai (meniru). Dalam bahasa Inggris, kata mimicry dipakai untuk hewan dan tumbuhan setelah tahun 1851.[4]

Mimikri molekuler[sunting | sunting sumber]

Mimikri molekuler adalah kemungkinan teoretis bahwa kemiripan sekuens antara peptida asing dan diri sendiri cukup memadai menyebabkan aktivasi silang sel T atau B yang autoreaktif oleh peptida turunan patogen. Saat pengaktifan sel B atau T, dipercaya bahwa sel yang spesifik "mimik peptida" itu dapat bereaksi silang dengan epitop diri, yang menimbulkan patologi jaringan (autoimunitas).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maynard Smith, John; Harper, David (2007). Animal Signals. Oxford University Press. ISBN 978-0-19-852685-8. [halaman dibutuhkan]
  2. ^ "Similarity between organisms that confers a survival advantage on one". Encyclopedia Britannica, 13th ed.
  3. ^ a b King, R. C.; Stansfield, W. D.; Mulligan, P. K. (2006). A dictionary of genetics (7th ed.). Oxford University Press. p. 278. ISBN 0-19-530762-3. 
  4. ^ Douglas Harper (2007-10-06). "Online Etymology Dictionary".