Handbook of the Birds of the World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Handbook of the Birds of the World
Penulis
  • Josep del Hoyo (ed.)
  • Andrew Elliott (ed.)
  • Jordi Sargatal (ed.) (vol. 1–7)
  • David A Christie (ed.) (vol. 8–16)
NegaraSpanyol
BahasaInggris
GenreAlam
PenerbitLynx Edicions
Terbitan1992–2013
Jenis mediaCetak

Handbook of the Birds of the World (HBW) adalah seri multi-volume yang diproduksi oleh penerbit Spanyol Lynx Edicions bekerja sama dengan BirdLife International. Buku ini adalah buku pegangan pertama yang mencakup setiap spesies burung hidup yang diketahui. Serial ini diedit oleh Josep del Hoyo, Andrew Elliott, Jordi Sargatal, dan David A. Christie.

Seluruh 16 volume telah diterbitkan. Untuk pertama kalinya sebuah kelas dalam animalia, yaitu burung, memiliki semua spesies yang diilustrasikan dan diperlakukan secara rinci dalam satu karya. Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya untuk kelompok lain mana pun di dalam kerajaan animalia.

Materi di setiap jilid dikelompokkan terlebih dahulu berdasarkan keluarga, dengan artikel pengantar untuk setiap keluarga; kemudian diikuti oleh catatan spesies individu (taksonomi, subspesies dan distribusi, catatan deskriptif, habitat, makanan dan pola makan, pembiakan, pergerakan, status, dan konservasi, bibliografi). Selain itu, semua volume kecuali yang pertama dan kedua berisi esai tentang tema ornitologi tertentu. Lebih dari 200 spesialis terkenal dan 35 ilustrator (termasuk Toni Llobet, Hilary Burn, Chris Rose, dan H. Douglas Pratt) dari lebih dari 40 negara telah berkontribusi pada proyek ini hingga saat ini, serta 834 fotografer dari seluruh dunia.

Sejak volume pertama muncul pada tahun 1992, serial ini telah menerima berbagai penghargaan internasional. Volume pertama dipilih sebagai Buku Burung Tahun Ini (Bird Book of the Year) oleh majalah Birdwatch dan British Birds, dan volume kelima diakui sebagai Judul Akademik Luar Biasa (Outstanding Academic Title) oleh Majalah Choice, majalah American Library Association. Volume ketujuh, selain dinobatkan sebagai Bird Book of the Year oleh Birdwatch dan British Birds, juga menerima penghargaan Buku Referensi Burung Terbaik (Best Bird Reference Book) dalam WorldTwitch Book Awards 2002.[1] Penghargaan yang sama juga diberikan kepada Volume 8 setahun kemudian pada tahun 2003.[2]

Setiap volume berukuran besar, 32 x 25 sentimeter (12,6 x 9,8 in), dan berat antara 4 dan 46 kilogram (8,8 dan 101,4 pon); telah dikomentari dalam ulasan bahwa "buku truk fork-lift" akan menjadi judul yang lebih tepat.

Sebagai pelengkap Handbook of the Birds of the World dan dengan tujuan akhir untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang avifauna dunia, pada tahun 2002 Lynx Edicions memulai Internet Bird Collection (IBC). Ini adalah perpustakaan audiovisual on-line akses bebas, tetapi tidak berlisensi gratis[3] dari burung-burung di dunia dengan tujuan memposting video, foto, dan rekaman suara yang menunjukkan berbagai aspek biologis (misalnya subspesies, bulu, makanan, pemuliaan, dll) untuk setiap spesies. Ini adalah usaha nirlaba yang didorong oleh materi dari lebih dari seratus kontributor dari seluruh dunia.

Pada awal 2013, Lynx Edicions meluncurkan database online HBW Alive, yang mencakup pengenalan volume dan famili serta catatan tentang spesies yang diperbarui dari semua 17 volume PBR yang diterbitkan. Sejak peluncurannya, taksonomi telah direvisi dan diperbarui secara menyeluruh dua kali (sekali untuk non-passerine dan sekali untuk passerine), menyusul penerbitan dua jilid HBW dan BirdLife International Illustrated Checklist of the Birds of the World .

Situs Handbook of the Birds of the World Alive juga menyediakan akses gratis 'Key to Scientific Names in Ornithology'.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2002 Book Awards - Birds and Birding". Worldtwitch. 2003-06-05. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-16. Diakses tanggal 2012-04-18. 
  2. ^ "2003 Book Awards - Birds and Birding". Worldtwitch. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-12. Diakses tanggal 2012-04-18. 
  3. ^ "the Internet Bird Collection". Ibc.lynxeds.com. 2012-02-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-12. Diakses tanggal 2012-04-18. 
  4. ^ cockerell Diarsipkan 2023-08-14 di Wayback Machine. Jobling, J. A. (2018). Key to Scientific Names in Ornithology. In: del Hoyo, J., Elliott, A., Sargatal, J., Christie, D.A. & de Juana, E. (eds.) (2018). Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions, Barcelona. (retrieved from www.hbw.com on 17 July 2018).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]