Story of Seasons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Story of Seasons
GenreSimulasi sosial
Simulasi pertanian
Bermain peran
PengembangAmccus (1996)
Victor Interactive Software (1997–2001)
Marvelous (2003–sekarang)
Penerbit
PembuatYasuhiro Wada
Platform
Rilis pertamaHarvest Moon
09 Agustus 1996
Rilis terakhirStory of Seasons: A Wonderful Life
27 Juni 2023
Spin-off

Story of Seasons, dikenal di Jepang sebagai Bokujō Monogatari[a] dan sebelumnya dikenal sebagai Harvest Moon, adalah seri permainan video bermain peran dan simulasi pertanian yang dibuat oleh Yasuhiro Wada dan dikembangkan oleh Victor Interactive Software (diakuisisi oleh perusahaan Marvelous Entertainment pada tahun 2003, yang sekarang telah berganti nama menjadi Marvelous Inc.). Story of Seasons merupakan permainan video pertama yang dirilis dengan judul seri internasional baru dengan nama yang sama.

Dari tahun 1996 sampai 2013, Perusahaan Natsume pernah mengawasi penerjemahan dan distribusi bahasa Inggris Bokujo Monogatari untuk seri di Amerika Utara, di mana permainan tersebut dirilis dengan judul seri Harvest Moon. Namun di tahun 2014, perusahaan Marvelous telah mengumumkan bahwa angsuran permainan video terbaru dalam seri ini akan dilokalkan oleh merek penerbitan Amerika milik mereka, yaitu Xseed Games dengan judul seri yang baru, yaitu "Story of Seasons".[1][2] Di tahun 2015, perusahaan Nintendo menerbitkan permainan video pertamanya dengan judul ini di Eropa, yaitu Story of Seasons.[3][4]

Tujuan utama dari serial permainan video ini adalah membangun kembali pertanian tua yang terlihat bobrok dan mengubahnya menjadi pertanian yang sukses. Selama jangka waktu tertentu, pemain cenderung bercocok tanam dan beternak, berteman dengan penduduk kota terdekat, dan akhirnya menikah dan memulai membangun keluarga. Permainan video pertama dalam seri ini adalah Harvest Moon, yang dirilis untuk SNES pada tahun 1996.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2012, perusahaan Marvelous menghentikan lisensi seri permainan ini kepada perusahaan Natsume.[5] Perusahaan Natsume mengambil kesempatan untuk mengembangkan seri permainan video mereka sendiri dengan nama Harvest Moon untuk Amerika Utara dan Eropa yang dimulai dengan rilis Harvest Moon: The Lost Valley.[6][7] Seri spin-off yang dihasilkan telah menyebabkan kebingungan di kalangan penggemar dan sumber berita permainan video di seluruh dunia.[8][9] Perusahaan Natsume menerbitkan seri permainan ini dengan nama Harvest Moon hingga tahun 2014. Pada waktu itu, perusahaan Natsume mempertahankan hak atas nama serial permainan Harvest Moon setelah Marvelous mengumumkan akan memiliki anak perusahaannya sendiri, yaitu Xseed Games, mengambil alih distribusi Amerika Utara.[10] Karena itu, perusahaan Xseed mulai membawa serial permainan tersebut ke Amerika Utara dengan judul Story of Seasons, dimulai dengan dirilisnya permainan video dengan nama yang sama.

Pada bulan September 2015, Nintendo cabang Eropa telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menerbitkan entri terbaru dari seri permainan ini di Eropa di bawah nama Story of Seasons.[3] Permainan sebelumnya yang dirilis dengan judul seri Harvest Moon yang dilokalkan di Eropa oleh Rising Star Games.

Elemen umum[sunting | sunting sumber]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Karakter pemain utamanya adalah laki-laki, tetapi beberapa permainan menawarkan opsi untuk bermain sebagai karakter perempuan. Alur cerita yang paling umum dari seri ini melibatkan pemain yang mengambil alih sebuah peternakan yang tidak lagi memiliki pemilik yang merawatnya, bercocok tanam, beternak, berteman dengan penduduk desa dan menciptakan sebuah keluarga sambil menjalankan pertanian yang sukses. Setiap permainan menyediakan objek untuk dikumpulkan atau tujuan untuk diselesaikan, baik itu berteman dengan penduduk desa, mengumpulkan not balok, menemukan kurcaci (harvest sprite), membuat pelangi, atau membunyikan lonceng.[11]

Uang dapat diperoleh dengan bercocok tanam, beternak, memancing, menambang, dan mencari makan. Dengan waktu dan energi yang terbatas, pemain harus menemukan keseimbangan di antara keduanya untuk menyelesaikan pekerjaannya pada hari itu.

Menanam tanaman[sunting | sunting sumber]

Hasil panen adalah sumber pendapatan utama di Story of Seasons. Agar tanaman dapat tumbuh, pemain harus membersihkan lahan terlebih dahulu dari rumput liar, batu, batu besar, dahan, dan tunggul pohon. Kemudian ketika lahan sudah bersih, mereka harus mengambil cangkul dan mengolah tanah. Selanjutnya, mereka memilih benih yang ingin mereka tanam dan menaburkannya di tempat yang tanahnya telah digarap. Pemain harus terus menyirami tanaman setiap hari, tetapi hal ini tidak diperlukan pada hari hujan, dan seiring berjalannya waktu, tanaman akan siap untuk dipanen. Pemain harus menemukan pola tanam, penyiraman, dan panen yang optimal. Mereka juga harus mempertimbangkan biaya, harga jual, jumlah panen dan waktu tumbuh dari berbagai produk yang tersedia sebelum ditanam. Setiap musim memiliki tanaman berbeda yang tersedia untuk ditanam, meskipun di sebagian besar permainan tidak ada yang boleh ditanam di musim dingin, dan di Harvest Moon tanaman tidak dapat ditanam di musim gugur. Di beberapa permainan, rumah kaca atau ruang bawah tanah dapat digunakan selama musim dingin untuk bercocok tanam.

Lobak, kentang, wortel dan jagung adalah tanaman pokok dari seri ini, yang diperkenalkan di game pertama. Sejak itu, permainan lain telah memperkenalkan tanaman baru, seperti kubis, wortel, bawang bombay, stroberi, ubi jalar, labu, padi, nanas, mentimun dan masih banyak lagi. Rumput juga dapat ditanam dan dipanen sebagai pakan ternak.

Peternakan hewan ternak[sunting | sunting sumber]

Sumber pendapatan sekunder dalam permainan ini adalah membeli, merawat, dan beternak hewan ternak. Peternakan dapat menghasilkan produk yang dapat dijual setiap hari. Memberi perhatian khusus pada hewan akan meningkatkan kasih sayang mereka terhadap pemain dan dapat meningkatkan kualitas produknya. Mengabaikan kebutuhan hewan dapat menyebabkan penyakit dan bahkan kematian.

Seri game Harvest Moon yang pertama hanya memiliki sapi dan ayam, yang ditempatkan di kandang besar (barn) dan kandang ayam serta diberi pakan ternak yang sama. Susu dan telur bisa dijual, begitu pula hewannya sendiri. Judul selanjutnya memperkenalkan domba dan pakan terpisah untuk ayam, serta mesin yang dapat mengubah susu menjadi keju, telur menjadi mayones, dan wol menjadi benang. Permainan yang lebih baru memungkinkan pemain untuk juga beternak bebek, kambing, alpaka, dan sapi dengan warna berbeda. Di seri game Harvest Moon: Tree of Tranquility ulat sutera dan burung unta diperkenalkan ke seri game ini, dan game baru ini juga memungkinkan pemain untuk berteman dengan hewan liar dan membujuk mereka untuk tinggal di peternakan mereka.

Hewan juga mampu bereproduksi. Telur dapat ditempatkan di inkubator untuk menetaskan anak ayam dalam beberapa hari, sementara memberikan Ramuan Ajaib (Miracle Potion) kepada sapi atau domba akan membuat mereka hamil. Membeli dan membiakkan banyak kuda telah diperkenalkan sejak dari seri game Harvest Moon 3 GBC untuk Game Boy Color dan berlanjut hingga Harvest Moon: Magical Melody, Harvest Moon: Tree of Tranquility dan Harvest Moon: Animal Parade.

Hewan peliharaan dan hewan lainnya[sunting | sunting sumber]

Dalam banyak permainan Story of Seasons, pemain diberi kesempatan untuk menerima seekor anjing dan kuda sebagai hewan peliharaan. Berbagai macam hewan dapat dipelihara sebagai hewan peliharaan di judul-judul baru, mulai dari babi, kucing, hingga panda dan kura-kura. Dalam beberapa permainan, hewan peliharaan menghadiri kompetisi (misalnya pacuan kuda dan balap anjing) untuk memenangkan hadiah. Dalam seri game Harvest Moon: Back to Nature untuk PlayStation, pemain dapat beternak ikan.

Hewan hama juga ditemukan di game Story of Seasons seri lawas (misalnya, Friends of Mineral Town) termasuk anjing liar, dan pedagang kaki lima. Anjing liar mengunjungi peternakan pada malam hari dan mengganggu ternak apapun yang dibiarkan tidak dimasukkan ke dalam kandang atau area berpagar. Penjual di beberapa judul lama akan memakan hasil panen.

Mengumpulkan bahan[sunting | sunting sumber]

Banyak permainan Story of Seasons mengharuskan pemainnya mengumpulkan bahan-bahan untuk perbaikan rumah, perbaikan peralatan, memasak, atau menjual. Sumber daya bangunan yang paling umum di Story of Seasons adalah kayu; sumber daya lainnya dapat mencakup batu dan kayu emas. Pemain dapat mengumpulkan kayu dengan memotong tunggul dan dahan pohon, dan menggunakan kayu untuk menambah bangunan atau pagar pada pertaniannya. Tambang hadir di banyak permainan, dan batuan mineral yang dikumpulkan dapat digunakan untuk meningkatkan peralatan dan membuat hadiah. Di banyak permainan, tumbuhan liar, seperti tumbuhan dan bunga, juga dapat dikumpulkan.

Festival[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar permainan dalam seri ini menampilkan festival tahunan yang dapat dihadiri oleh pemain. Beberapa festival adalah kontes dengan hadiah yang tersedia, sementara yang lain merupakan acara sosial, beberapa di antaranya setara dengan hari libur sebenarnya, seperti acara Thanksgiving, Hari Tahun Baru, dan Malam Natal. Festival ternak juga diadakan, di mana pemain dapat mengirimkan hewannya untuk bersaing dengan peternakan lain. Hewan yang memenangkan kontes ini sering kali menerima keuntungan; misalnya, sapi yang menang mungkin memperoleh kemampuan menghasilkan susu berkualitas emas (gold milk).

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan game Story of Seasons menawarkan kemampuan untuk menikah. Memberi hadiah dan berinteraksi dengan orang yang dicintai dapat meningkatkan kasih sayang pada seseorang yang dicintai, dan jika kasih sayang mereka cukup tinggi, pernikahan dapat dilamar. Seringkali lamaran dibuat dengan Bulu Biru (Blue Feather). Dalam beberapa permainan, minat cinta memiliki saingan, yang akan menikahi mereka jika pemainnya tidak menikah. Salah satu seri game Story of Seasons versi Jepang seperti Harvest Moon DS Cute, telah mengizinkan pemain untuk menikahi seseorang yang berjenis kelamin sama (disebut sistem "Sahabat" (Best Friends system)). Fitur tersebut telah dihapus dari versi Amerika Utara karena kekhawatiran penyertaannya akan meningkatkan kualitas peringkat permainan (rating) ESRB.[12]

Dalam game pembuatan ulang (remake) Story of Seasons: Friends of Mineral Town, pemain diperbolehkan menikahi seseorang yang berjenis kelamin sama. Dalam rilisan Barat, ini diperlakukan sama dengan pasangan lawan jenis. Namun, dalam rilisan Jepang, hal tersebut tidak disebut sebagai pernikahan yang pantas dan malah membawa kembali gelar "Sahabat Terbaik".[13]


Anak-anak[sunting | sunting sumber]

Dalam banyak versi, pemain mungkin dapat memiliki anak. Seri game Harvest Moon, Harvest Moon 3, Harvest Moon: Animal Parade, Rune Factory 3, Story of Seasons, and Rune Factory 5 adalah satu-satunya versi di mana pemain dapat memiliki banyak anak. Namun, di Story of Seasons, tidak seperti game lainnya, kehamilan hanya dialami satu kali, karena karakter pemain akhirnya memiliki anak kembar. Harvest Moon: Animal Parade adalah game pertama dalam seri yang memungkinkan pemain memiliki dua anak baik jenis kelamin, dan Rune Factory 3 memungkinkan pemain untuk memiliki tiga anak dari jenis kelamin apa pun. Harvest Moon: A Wonderful Life, Harvest Moon: Another Wonderful Life, Harvest Moon DS dan Harvest Moon DS Cute adalah satu-satunya permainan dalam seri ini yang di mana pemain dapat mengalami pertumbuhan anak dari balita hingga dewasa. Harvest Moon: Tree of Tranquility memperluas hal ini dengan membiarkan pemain memulai kembali permainan sebagai anak mereka setelah selesainya acara permainan akhir. Harvest Moon: Save the Homeland, Harvest Moon GB, Harvest Moon 2 GBC dan Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon adalah satu-satunya seri judul game Story of Seasons yang di mana pemain tidak bisa menikah. Rune Factory 2 adalah satu-satunya seri game Story of Seasons di mana pemain dapat mempersonifikasikan dua karakter, ayah dan putra atau putrinya.

Daftar permainan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Aggregate review scores
Game GameRankings Metacritic
Harvest Moon (SNES) 73%[14]
Harvest Moon GB (GB) 76%[15]
Harvest Moon GBC (GBC) 72%[16]
Harvest Moon 64 (N64) 84%[17] (N64) 78[18]
Harvest Moon 2 GBC (GBC) 78%[19]
Harvest Moon: Back to Nature (PS1) 79%[20] (PS1) 82[21]
Harvest Moon 3 GBC (GBC) 78%[22]
Harvest Moon: Save the Homeland (PS2) 76%[23] (PS2) 76[24]
Harvest Moon: Friends of Mineral Town (GBA) 82%[25] (GBA) 81[26]
Harvest Moon: A Wonderful Life (GC) 80%[27]
(PS2) 72%[28]
(GC) 79[29]
Harvest Moon: More Friends of Mineral Town (GBA) 79%[30] (GBA) 82[31]
Harvest Moon: Another Wonderful Life (GC) 72%[32]
(PS2) 72%[28]
(GC) 70[33]
Harvest Moon: Magical Melody (GC) 84%[34]
(Wii) 65.25%[35]
(GC) 83[36]
(Wii) 69[37]
Harvest Moon DS (DS) 68%[38] (DS) 67[39]
Harvest Moon: Boy & Girl (PSP) 63%[40] (PSP) 61[41]
Harvest Moon DS Cute (DS) 61%[42] (DS) 66[43]
Harvest Moon DS: Island of Happiness (DS) 63%[44] (DS) 65[45]
Harvest Moon: Tree of Tranquility (Wii) 65%[46] (Wii) 65[47]
Harvest Moon DS: Sunshine Islands (DS) 75%[48] (DS) 77[49]
Harvest Moon: Animal Parade (Wii) 79%[50] (Wii) 76[51]
Harvest Moon DS: Grand Bazaar (DS) 70%[52] (DS) 68[53]
Harvest Moon: Hero of Leaf Valley (PSP) 73%[54] (PSP) 74[55]
Harvest Moon: The Tale of Two Towns (DS) 71%[56]

(3DS) 68%[57]

(DS) 68[58]

(3DS) 63[59]

Harvest Moon 3D: A New Beginning (3DS) 76%[60] (3DS) 74[61]
Story of Seasons (3DS) 76%[62] (3DS) 76[63]
Story of Seasons: Trio of Towns (3DS) 76%[64] (3DS) 76[65]
Doraemon Story of Seasons -
-
(PC) TBA[66]
(Switch) 75[67]
(PS4) 68[68]
Story of Seasons: Friends of Mineral Town - (PC) TBA[69]
(Switch) 77[70]
Story of Seasons: Pioneers of Olive Town - (Switch) 71[71]
Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom - (PC) TBA
(Switch) 75 [72]
Story of Seasons: A Wonderful Life - (PC) 76[73]
(Switch) 72[74]
(PS5) 70[75]
(Xbox) 76[76]

Pada bulan September 2011, Rising Star Games mengumumkan bahwa mereka telah menjual lebih dari satu juta kopi seri game tersebut untuk wilayah PALs.[77] Di Jepang, game DS dalam seri ini telah terjual lebih dari 948 ribu kopi pada bulan April 2011, dengan game PSP terjual lebih dari 81 ribu kopi dalam periode waktu yang sama.[78] The Tale of Two Towns telah mencapai nomor 4 di Japan Software and Hardware Weekly Chart, terjual sebanyak 63.610 kopi pada minggu pertama penjualannya.[79] Pada bulan Maret 2014, Story of Seasons adalah salah satu game terlaris di Jepang, dengan 131.000 unit terjual,[80] dan pada bulan Juli 2015, Xseed Games mengumumkan bahwa game tersebut telah menjadi game dengan penjualan tercepat yang pernah ada, dengan lebih dari 100 ribu kopi terjual di Amerika Utara.[81]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, Story of Seasons disebut sebagai "pelopor" dalam genrenya.[82]

Ini telah menginspirasi sejumlah besar permainan jejaring sosial yang berbasis pada pertanian, terutama game Happy Farm (2008) dan FarmVille (2009).[83][84][85] Happy Farm dianggap sebagai salah satu game paling berpengaruh di tahun 2000-an. Sedangkan pada awal tahun 2010, FarmVille memiliki penonton puncak 84 juta pengguna aktif bulanan.[86][87] Pada tahun 2009, Marvelous Entertainment merilis versi Harvest Moon, yang berjudul Let's All Harvest Moon (みんなで牧場物語, Minna de Bokujō Monogatari), untuk situs jejaring sosial Jepang Mixi,[88][89] yang di mana situs tersebut menarik 2,3 juta pengguna.[90] Game jejaring sosial pertanian serupa lainnya yang dirilis pada tahun 2009 dan 2010 meliputi game Sunshine Farm, Happy Farmer, Happy Fishpond, Happy Pig Farm,[85][91] Farm Town, Country Story, Barn Buddy, Sunshine Ranch, dan Happy Harvest, serta parodi seperti Farm Villain.[84][92]

Permainan indie 2016 Stardew Valley mengambil inspirasi besar dari Story of Seasons.[93][94] Mengingat semakin populernya genre pertanian dan simulasi kehidupan belakangan ini.[95][96][97]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: 牧場物語?, lit."Cerita Kebun"
  1. ^ "XSEED Games Tells a STORY OF SEASONS on Nintendo 3DS". www.xseedgames.com. 28 May 2014. Diakses tanggal 28 October 2015. 
  2. ^ "Harvest Moon And Beyond, What's Next For Natsume?". Siliconera. 18 March 2015. Diakses tanggal 7 May 2018. 
  3. ^ a b "Nintendo of Europe - Twitter". Twitter. 15 September 2015. Diakses tanggal 16 September 2015. 
  4. ^ Creegan, Dermot (31 December 2015). "Story of Seasons Now Available in Europe". Hardcore Gamer. Diakses tanggal 18 January 2016. 
  5. ^ "Harvest Moon And Beyond, What's Next For Natsume?". Siliconera. 18 March 2015. Diakses tanggal 7 May 2018. 
  6. ^ Whitehead, Thomas (3 June 2014). "Natsume Announces Harvest Moon: The Lost Valley for a 2014 Release on 3DS". Nintendo Life. Diakses tanggal 28 October 2015. 
  7. ^ Campbell, Evan (3 June 2014). "Harvest Moon: The Lost Valley Announced - IGN". IGN. Diakses tanggal 28 October 2015. 
  8. ^ "So what the hell is happening with Harvest Moon?". Destructoid. 6 June 2014. Diakses tanggal 7 May 2018. 
  9. ^ "Harvest Moon is no longer the game you grew up with". Polygon. 20 June 2016. Diakses tanggal 7 May 2018. 
  10. ^ Moriarty, Colin (28 May 2014). "Harvest Moon Returns in Story of Seasons on 3DS". IGN. Diakses tanggal 28 October 2015. 
  11. ^ "STORY OF SEASONS". www.nintendo.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-03-27. 
  12. ^ Rea, Jasmine Maleficent (21 June 2010). "Harvest Moon and Same-Sex Relationships". Bitmob. Diakses tanggal 19 April 2012. 
  13. ^ XSEEDGames (2020-05-02). "STORY OF SEASONS: Friends of Mineral Town Localization Blog #1". XSEED Games (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-16. 
  14. ^ "Harvest Moon on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  15. ^ "Harvest Moon GB on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  16. ^ "Harvest Moon GBC on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  17. ^ "Harvest Moon 64 on Gamerankings". GameRankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  18. ^ "Harvest Moon 64". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 September 2011. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  19. ^ "Harvest Moon 2 GBC on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  20. ^ "Harvest Moon: Back to Nature on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  21. ^ "Harvest Moon: Back to Nature". Metacritic. Diakses tanggal 18 September 2011. 
  22. ^ "Harvest Moon 3 GBC on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  23. ^ "Harvest Moon: Save the Homeland on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  24. ^ "Harvest Moon: Save the Homeland". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  25. ^ "Harvest Moon: Friends of Mineral Town on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  26. ^ "Harvest Moon: Friends of Mineral Town". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  27. ^ "Harvest Moon: A Wonderful Life on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  28. ^ a b "Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  29. ^ "Harvest Moon: A Wonderful Life". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  30. ^ "Harvest Moon: More Friends of Mineral Town on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  31. ^ "Harvest Moon: More Friends of Mineral Town". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  32. ^ "Harvest Moon: Another Wonderful Life on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  33. ^ "Harvest Moon: Another Wonderful Life". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  34. ^ "Harvest Moon: Magical Melody (GC) on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  35. ^ "Harvest Moon: Magical Melody (Wii) on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  36. ^ "Harvest Moon: Magical Melody (GameCube)". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  37. ^ "Harvest Moon: Magical Melody (Wii)". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  38. ^ "Harvest Moon DS on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  39. ^ "Harvest Moon DS". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  40. ^ "Harvest Moon: Boy & Girl on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  41. ^ "Harvest Moon: Boy & Girl". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  42. ^ "Harvest Moon DS Cute on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  43. ^ "Harvest Moon DS Cute". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  44. ^ "Harvest Moon DS: Island of Happiness on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  45. ^ "Harvest Moon DS: Island of Happiness". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  46. ^ "Harvest Moon: Tree of Tranquility on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  47. ^ "Harvest Moon: Tree of Tranquility". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  48. ^ "Sunshine Islands on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  49. ^ "Harvest Moon DS: Sunshine Islands". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  50. ^ "Animal Parade on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  51. ^ "Harvest Moon: Animal Parade". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  52. ^ "Grand Bazaar on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  53. ^ "Harvest Moon DS: Grand Bazaar". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  54. ^ "Hero of Leaf Valley on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  55. ^ "Harvest Moon: Hero of Leaf Valley". Metacritic. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  56. ^ "Tale of Two Towns on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  57. ^ "Tale of Two Towns on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  58. ^ "Harvest Moon: The Tale of Two Towns". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  59. ^ "Harvest Moon 3D: The Tale of Two Towns". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  60. ^ "A New Beginning on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  61. ^ "Harvest Moon 3D: A New Beginning". Metacritic. Diakses tanggal 10 April 2015. 
  62. ^ "Story of Seasons on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  63. ^ "Story of Seasons". Metacritic. Diakses tanggal 3 March 2017. 
  64. ^ "Trio of Towns on Gamerankings". Gamerankings. Diakses tanggal 21 March 2017. 
  65. ^ "Story of Seasons Trio of Towns". Metacritic. Diakses tanggal 21 March 2016. 
  66. ^ "Doraemon Story of Seasons (PC)". Metacritic. Diakses tanggal 1 March 2020. 
  67. ^ "Doraemon Story of Seasons (Switch)". Metacritic. Diakses tanggal 1 March 2020. 
  68. ^ "Doraemon Story of Seasons (PS4)". Metacritic. Diakses tanggal 28 May 2021. 
  69. ^ "Story of Seasons: Friends of Mineral Town (PC)". Metacritic. Diakses tanggal 15 July 2020. 
  70. ^ "Story of Seasons: Friends of Mineral Town (Switch)". Metacritic. Diakses tanggal 15 July 2020. 
  71. ^ "Story of Seasons: Pioneers of Olive Town". Metacritic. Diakses tanggal 31 March 2021. 
  72. ^ "Doraemon: Story of Seasons". Metacritic. Diakses tanggal 15 October 2023. 
  73. ^ "Story of Seasons: A Wonderful Life (PC)". Metacritic. Diakses tanggal 12 October 2023. 
  74. ^ "Story of Seasons: A Wonderful Life (Switch)". Metacritic. Diakses tanggal 12 October 2023. 
  75. ^ "Story of Seasons: A Wonderful Life (PS5)". Metacritic. Diakses tanggal 12 October 2023. 
  76. ^ "Story of Seasons: A Wonderful Life (Xbox)". Metacritic. Diakses tanggal 12 October 2023. 
  77. ^ Batchelor, James. "Rising Star Games exceeds 1m Harvest Moon sales". MCVUK. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 October 2012. Diakses tanggal 18 September 2011. 
  78. ^ Sahdev, Ishaan (20 April 2011). "Here's How Harvest Moon Has Fared on the Nintendo DS". Siliconera. Diakses tanggal 18 September 2011. 
  79. ^ Sahdev, Ishaan (16 July 2010). "This Week in Sales: Chronicling The Wii Party Under The Harvest Moon". Siliconera. Diakses tanggal 19 September 2011. 
  80. ^ Whitehead, Thomas (5 March 2014). "Harvest Moon: Connect To A New World Dominates for 3DS in Japan". NintendoLife. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  81. ^ Cowan, Danny (16 July 2015). "Xseed reaps record-breaking sales from Story of Seasons on 3DS". Digital Trends. Diakses tanggal 24 July 2015. 
  82. ^ Valentine, Rebekah (2021-04-01). "25 Years After the First Harvest Moon, Here's Why Story of Seasons Wants to Capture the Same Feeling". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-29. 
  83. ^ Nutt, Christian (11 October 2009). "GDC China: Chinese Indie Game Trends and Opportunities". Gamasutra. Diakses tanggal 10 September 2011. 
  84. ^ a b Kohler, Chris (19 May 2010). "Farm Wars: How Facebook Games Harvest Big Bucks". Wired. Diakses tanggal 12 September 2011. 
  85. ^ a b Elliott Ng (29 October 2009). "China's growing addiction: online farming games". VentureBeat. Diakses tanggal 2010-05-06. 
  86. ^ Kohler, Chris (24 December 2009). "14. Happy Farm (2008)". The 15 Most Influential Games of the Decade. Wired. hlm. 2. Diakses tanggal 10 September 2011. 
  87. ^ Caoili, Eric. "Phrases Overtakes FarmVille As Top Facebook App". Gamasutra. Diakses tanggal 20 April 2012. 
  88. ^ Spencer (6 May 2010). "The Rise of FarmVille And How Harvest Moon Can Grow From It". Siliconera. Diakses tanggal 12 September 2011. 
  89. ^ Michiko Nagai (27 October 2009). "Mixiアプリモバイルが開始、11月には課金APIの公開も". CNET. Diakses tanggal 12 September 2011. 
  90. ^ "Notice regarding Execution of Merger Agreement among Marvelous Entertainment Inc., AQ INTERACTIVE INC., and Liveware Inc" (PDF). AQ Interactive. 10 May 2011. Diakses tanggal 12 September 2011. 
  91. ^ "China's growing addiction: online farming games". Techgearx.com. 29 October 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 November 2009. Diakses tanggal 2010-05-06. 
  92. ^ "Facebook》到開心農場歡呼收割". China Times. 1 September 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2012. Diakses tanggal 12 September 2011.  (Translation)
  93. ^ Marks, Tom (2016-12-01). "The creators of Stardew Valley and Harvest Moon talk to us about farm games". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-29. 
  94. ^ White, Sam (2018-03-20). "'Stardew Valley' Creator Eric Barone on the Game's Lonely Origins and His Secretive Next Game". GQ (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-29. 
  95. ^ Brann, Matt (2022-10-15). "Gamers get a taste for agriculture in booming industry". ABC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-29. 
  96. ^ Lyman, Paige (2022-08-20). "Why players love the relaxing world of farming simulators". Digital Trends (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-29. 
  97. ^ Carpenter, Nicole (2022-09-13). "We're in the golden era of farming simulators". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-29. 

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]