Stabiliser vertikal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
B-29-silverplate.gif
Chrislea ch3 superace series2 g-akuw arp.jpg

Stabilisator vertikal, Vertical stabilizer atau fins sirip, dari pesawat, rudal atau bom biasanya ditemukan di ujung belakang dari pesawat, dan dimaksudkan untuk mengurangi aerodinamis side slip dan memberikan stabilitas arah. Hal ini analog dengan skeg di perahu dan kapal.

Pada pesawat, stabilisator vertikal umumnya mengarah ke atas. Ini juga dikenal sebagai ekor vertikal, dan merupakan bagian dari sebuah empennage pesawat. Trailing akhir stabilizer yang biasanya bergerak, dan disebut kemudi, hal ini memungkinkan pilot pesawat untuk mengontrol yaw.

Seringkali navigasi radio atau Airband transceiver antena ditempatkan pada atau di dalam ekor vertikal. Dalam kebanyakan pesawat dengan tiga mesin jet, stabilizer vertikal rumah mesin pusat atau mesin inlet duct.

Stabilisator vertikal, atau sirip juga telah digunakan dalam mobil, khususnya di olahraga bermotor tingkat atas, dengan konsep membuat kebangkitan di kedua Formula 1 dan balap Le Mans Prototype.

Beberapa model pesawat memiliki sirip ventral bawah bagian belakang. Biasanya ini kecil, atau dapat melipat ke samping, untuk memungkinkan pendaratan. North American X-15 memiliki 4 sirip sama putaran akhir ekornya seperti rudal.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]