Kemudi tuling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Atas: pada F-102A Delta Dagger tahun 1953, penggunaan awal. Bawah: pada F-117A Nighthawk tahun 1981.

Elevon atau kemudi tuling (tukik + guling) adalah permukaan kendali pesawat yang menggabungkan fungsi kemudi tukik (digunakan untuk mengendalikan gerak anggul) dan kemudi guling (digunakan untuk mengendalikan gerak gulingan ), sesuai dengan namanya. Mereka sering digunakan pada pesawat tak berekor seperti sayap terbang . Kemudi tuling yang bukan merupakan bagian dari sayap utama, melainkan merupakan permukaan ekor yang terpisah, merupakan bidang ekor bergerak (tetapi penstabil juga digunakan untuk pengatur anggulan saja, tanpa fungsi memutar, seperti pada pesawat seri Piper Cherokee).

Kemudi tuling dipasang di setiap sisi pesawat di tepi belakang sayap. Ketika digerakkan ke arah yang sama (atas atau bawah) mereka akan menyebabkan gaya mengangguk (hidung ke atas atau hidung ke bawah) diterapkan pada badan pesawat. Ketika digerakkan secara berbeda, (satu ke atas, satu ke bawah) maka akan menyebabkan gaya gulingan. Gaya-gaya ini dapat diterapkan secara bersamaan dengan menempatkan ketinggian secara tepat, misalnya ketinggian satu sayap sepenuhnya turun dan ketinggian sayap lainnya sebagian turun.

Sebuah pesawat terbang dengan kemudi tuling dikendalikan seolah-olah penerbang masih memiliki permukaan kemudi tukik dan kemudi guling terpisah, yang dikendalikan oleh tuas atau penggandar. Masukan dari kedua kendali digabung secara mekanis atau elektronik untuk memberikan posisi yang sesuai untuk setiap ketinggian.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Pesawat operasional[sunting | sunting sumber]

Avro Vulcan XH558 lepas landas di Farnborough Airshow 2008

Salah satu pesawat operasional pertama yang memanfaatkan kemudi tuling adalah Avro Vulcan, pembom strategis yang dioperasikan oleh V-force Angkatan Udara Kerajaan . Varian produksi asli Vulcan, yang diberi nama B.1, tidak memiliki kemudi tuling apa pun; sebaliknya, ia menggunakan susunan empat kemudi tukik dalam dan empat kemudi guling tempel di sepanjang sayap delta untuk kendali penerbangan. [1] Vulcan menerima peningkatan pada varian kedua yang didesain ulang secara ekstensif, B.2' ; semua kemudi tukik dan guling dihapus dan digantikan dengan delapan kemudi tiling. [2] Saat diterbangkan dengan kecepatan lambat, kemudi tuling tersebut beroperasi bersamaan dengan enam rem udara tiga posisi yang digerakkan secara elektrik. [3]

Pesawat awal lainnya yang menggunakan kemudi tuling adalah Convair F-102 Delta Dagger, sebuah pencegat yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat . [4] Beberapa tahun setelah pengenalan F-102, Convair membangun B-58 Hustler, sebuah pembom supersonik awal, yang juga dilengkapi dengan kemudi tuling. [5]

Program penelitian[sunting | sunting sumber]

X-53 Sayap Aeroelastik Aktif dalam penerbangan

Beberapa upaya penelitian dan pengembangan teknologi dilakukan untuk mengintegrasikan fungsi sistem kendali penerbangan pesawat seperti kemudi guling, kemudi tukik, kemudi tuling dan sirip sayap ke dalam sayap untuk melakukan tujuan aerodinamis dengan keunggulan yang lebih kecil: massa, biaya, hambatan, kelembaman (untuk lebih cepat, lebih kuat respons kontrol), kerumitan (secara mekanis lebih sederhana, lebih sedikit bagian atau permukaan yang bergerak, lebih sedikit perawatan), dan penampang radar untuk siluman . Namun, kelemahan utamanya adalah ketika kemudi tuling bergerak ke atas secara serempak untuk menaikkan anggulan pesawat, sehingga menghasilkan gaya angkat tambahan, hal tersebut mengurangi kamber, atau kelengkungan sayap ke bawah. Kamber diinginkan ketika menghasilkan daya angkat tingkat tinggi, sehingga kemudi tuling mengurangi daya angkat maksimum dan efisiensi sayap. Ini dapat digunakan di banyak kendaraan udara nirawak (UAV) dan pesawat tempur generasi keenam. Dua pendekatan yang menjanjikan adalah sayap fleksibel dan fluidik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pilot's Notes pt. 1, ch. 10, para. 1(a).
  2. ^ Aircrew Manual pt. 1, ch. 7, para. 7.
  3. ^ Aircrew Manual pt. 1, ch. 7, para 70.
  4. ^ Peacock, Lindsay (1986). "Delta Dart: Last of the Century Fighters" (PDF). NASA. Diakses tanggal 30 July 2020. 
  5. ^ Spearman, Leroy (June 1984). "Some Aerodynamic Discoveries and Related NACA/NASA Research Programs following World War II" (PDF). NASA.