Kokpit kaca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kokpit kaca Airbus A380 dilengkapi dengan "keyboard tarik keluar dan dua layar komputer lebar di sisi untuk pilot

Kokpit kaca adalah kokpit pesawat yang dilengkapi dengan tampilan instrumen penerbangan elektronik (digital), biasanya layar LCD besar, bukan gaya tradisional dari dial dan pengukur analog.[1] Sementara kokpit tradisional mengandalkan banyak pengukur mekanis (dijuluki "pengukur uap") untuk menampilkan informasi, kokpit kaca menggunakan beberapa tampilan multi-fungsi yang digerakkan oleh sistem manajemen penerbangan, yang dapat disesuaikan untuk menampilkan informasi penerbangan sesuai kebutuhan.

Ini menyederhanakan operasi dan navigasi pesawat dan memungkinkan pilot untuk fokus hanya pada informasi yang paling relevan. Mereka juga populer di kalangan perusahaan penerbangan karena mereka biasanya menghilangkan kebutuhan akan insinyur penerbangan, sehingga menghemat biaya. Dalam beberapa tahun terakhir, Teknologi juga tersedia secara luas di pesawat kecil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ S. Nagabhushana, L. K. Sudha (2010). Aircraft Instrumentation and Systems. New Delhi: I. K. International. hlm. 21. ISBN 9789380578354. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]