Si Doel the Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Si Doel The Movie)
Si Doel the Movie
Berkas:Poster Si Doel The Movie.jpg
Sutradara
Produser
Penulis
PemeranRano Karno
Cornelia Agatha
Maudy Koesnaedi
Mandra
Rey Bong
Aminah Cendrakasih
Suti Karno
Penata musikPurwacaraka
Perusahaan
produksi
DistributorFalcon Pictures
Netflix
Tanggal rilis
2 Agustus 2018
Durasi85 menit
Negara
Bahasa

Si Doel the Movie adalah film drama keluarga Indonesia yang dirilis pada tahun 2018. Film ini merupakan kelanjutan dari sinetron 1990-an Si Doel Anak Sekolahan dan disutradarai oleh pemeran tokoh utama Doel, H. Rano Karno. Film ini merupakan kelanjutan kisah cinta Doel mengejar Sarah yang dahulu pernah menjadi istrinya ke negeri Belanda.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Empat belas tahun sudah Sarah (Cornelia Agatha) pergi tanpa kabar dan perpisahan yang jelas, menyimpan kerinduan dalam hati Doel (H. Rano Karno) yang sudah berumah tangga dengan Zaenab (Maudy Koesnaedi). Melalui Hans (Adam Jagwani), Sarah meminta Doel dibawa ke Belanda. untuk mempertemukannya dengan Dul (Rey Bong), anak hasil pernikahannya dengan Doel. Maka, dengan dalih urusan bisnis, Hans mengundang Doel datang ke Belanda.

Tanpa mengetahui maksud sebenarnya, Doel ditemani Mandra (H Mandra YS) terbang ke Amsterdam dan membuat pecah kerinduan yang dipendamnya selama ini. Doel bertemu dengan Sarah dan anaknya Dul. Tapi, kini Doel berada didalam pilihan yang sulit. Harapan, kerinduan, keresahan dan keihkhlasan menyelimuti kisah tiga insan yang kerap dipermainkan oleh takdir. Dan pilihan untuk berada dalam jalan terbaik berada di tangan Doel yang menggalau tanpa mau membohongi dan melukai perasaan siapa pun.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Rano Karno Kasdullah (Doel)
Cornelia Agatha Sarah
Maudy Koesnaedi Zaenab
Mandra Mandra
Aminah Cendrakasih Mpok Lela (Maknyak)
Suti Karno Atun
Adam Jagwani aka Stardust Hans
Salman Alfarizi Ahong
Rey Bong Abdullah (Dul)
Ahmad Zulhoir Mardia Kartubi (Abi)
Basuki Almarhum Mas Karyo

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

Pemeran Maknyak, Aminah Cendrakasih meskipun dalam keadaan sakit, beliau masih menyempatkan diri untuk syuting dengan keadaan terbaring dalam ranjangnya karena beliau menjadi tuna netra akibat penyakit Glaukoma yang ia derita sejak 2012. Dalam film ini pun, diceritakan Maknyak sedang sakit dan sehari-hari dirawat oleh Zaenab. Dikarenakan beliau tidak diperbolehkan untuk berpergian jauh dari rumahnya, Rano Karno memutuskan untuk membuat set "Kamar Maknyak" di dekat rumah Aminah untuk keperluan syuting. Kemudian syuting untuk adegan Maknyak dilakukan lebih dahulu sebelum syuting adegan lainnya.

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Untuk soundtrack Si Doel The Movie dibawakan oleh Armada dengan judul yang sama, "Si Doel Anak Betawi", yang diciptakan oleh Sjumandjaja; dan "Selamat Jalan Kekasih", lagu yang dinyanyikan oleh Rita Effendy dibawakan kembali oleh penyanyi jebolan Mamamia Show Musim Kedua, Wizzy, yang diciptakan oleh Bebi Romeo.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Sebelum resmi tayang, film Si Doel The Movie berhasil meraih dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia. Kedua penghargaan tersebut adalah Film Indonesia Pertama yang Tayang dan Gala Premiere di Belanda, serta Film Indonesia dengan Gala Premiere Dua Hari Berturut-turut.[2] Penghargaan ini diberikan langsung oleh Pendiri Museum Rekor Indonesia Jaya Suprana.

Referensi[sunting | sunting sumber]