Akhir Kisah Cinta Si Doel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Akhir Kisah Cinta Si Doel
Poster Akhir Kisah Cinta Si Doel
Poster film
SutradaraRano Karno
ProduserFrederica
Penulis skenarioRano Karno
Pemeran
Penata musikPurwacaraka
SinematograferIqra Sembiring
Penyunting
  • Hengky Christ
  • Reynaldi Christanto
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 23 Januari 2020 (2020-01-23)

(Indonesia)

Durasi93 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
Pendapatan
kotor
Rp18,3 miliar

Akhir Kisah Cinta Si Doel (dahulunya berjudul Si Doel the Movie 3) adalah film drama percintaan Indonesia tahun 2020 yang disutradarai dan ditulis Rano Karno. Film ini dibintangi oleh Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha. Film ini merupakan sekuel dari Si Doel The Movie 2. Film ini ditayangkan pada 23 Januari 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Doel (H. Rano Karno) dan Zaenab (Maudy Koesnaedi) mendapat kabar dari dokter bahwa Zaenab hamil. Mereka juga mendapat kabar lain bahwa Sarah (Cornelia Agatha) dan Dul (Rey Bong), akan datang ke Jakarta.

Dilema menyelimuti ketiga tokoh utama. Doel bimbang antara memilih rujuk dengan Sarah dan meninggalkan Zaenab yang sedang hamil atau memilih bersama Zaenab yang telah banyak berjasa merawat Maknyak dan resmi bercerai dengan Sarah. Zaenab bimbang antara tetap bersama Doel dan bayinya dan memisahkan Doel dan Sarah atau merelakan Doel kembali pada Sarah. Sarah bimbang antara memilih rujuk dengan Doel dan memisahkan Doel dengan Zaenab yang sedang hamil atau memilih berpisah dengan Doel.

Doel berbincang dengan Dul yang menyatakan bersedia menerima apapun pilihan ayahnya dan menghabiskan waktu bersama antara ayah dan anak dengan mengoperasikan oplet. Di tengah kegundahan Doel untuk memilih antara Sarah dan Zaenab, Sarah mengajukan gugatan cerai secara resmi untuk mengakhiri drama. Doel akhirnya tetap bersama dengan Zaenab.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Menyusul kesuksesan Si Doel the Movie, Rano Karno merencanakan produksi dua sekuel. Pengambilan gambar utama dilakukan dari Agustus hingga September 2019 di Jakarta, Korea Selatan, Jepang, dan Belanda.[1][2] Judul film yang semula Si Doel the Movie 3 diganti menjadi Akhir Kisah Cinta Si Doel.[3]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Akhir Kisah Cinta Si Doel ditayangkan pada 23 Januari 2020, hanya berselang tujuh bulan selepas penayangan Si Doel the Movie 2 pada 4 Juni 2019. Trailer dan poster diluncurkan pada 16 Desember 2019.[4]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Sebelum penayangan Falcon Pictures dan Karnos Film mempersembahkan sebuah Mega Koser bertajuk Akhir Kisah Cinta Si Doel yang akan dilaksanakan di Studio RCTI pada 17 Januari 2020. Konser tersebut menghadirkan sejumlah musisi besar antara lain Iwan Fals, Slank, Armada band dan Williana Saraswati alias Wizzy.[5] Setelah itu Keluarga besar Si Doel melakukan rangkaian aksi pamitan. Jelang penayangan film Akhir Kisah Cinta Si Doel, mereka pun melakukan aksi Ngarak Pamitan ke beberapa tempat pada 19 Januari 2020 Menggunakan 8 bis bersticker poster film Akhir Kisah Cinta Si Doel, seluruh pemain film Si Doel (tanpa Mak Nyak), keliling ke beberapa tempat di Jabodetabek. Tempat-tempat yang disinggahi rombongan Ngarak Pamitan Si Doel adalah, Taman Mini Indonesia Indah, Depok, Pasar Minggu, Kota Tua Jakarta, dan Bekasi.[6]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Pada hari pertama, film ini ditonton 137.953 penonton.[7] Hingga hari ke-11, film ini sudah ditonton lebih dari 1 juta penonton.

Kelanjutan[sunting | sunting sumber]

Rano Karno menyebut sebuah prekuel yang menceritakan masa kecil Si Doel berjudul Si Doel the Movie 4.[8] Rey Bong mendapat tantangan dari Rano Karno untuk melanjutkan cerita Si Doel[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tristiawati, Pramita (22 Mei 2019). "Rano Karno Bocorkan Jadwal Syuting Si Doel the Movie 3". Liputan6. Diakses tanggal 17 Desember 2019. 
  2. ^ Rahmawati, Tantri Dwi (2 Desember 2018). "Rano Karno Bocorkan Lokasi Shooting Sekuel 'SI DOEL THE MOVIE', Korea Salah Satunya". KapanLagi.com. Diakses tanggal 17 Desember 2019. 
  3. ^ Cicilia, Maria (16 Desember 2019). Pasaribu, Alviansyah, ed. "Si Doel siap memilih setelah 27 tahun, Sarah atau Zaenab?". ANTARA. Diakses tanggal 16 Desember 2019. 
  4. ^ Nugraha, Dhimas (13 Desember 2019). "'SI DOEL THE MOVIE 3' Bakal Segera Rilis Poster dan Trailer Resmi di Bulan Desember". KapanLagi.com. Diakses tanggal 17 Desember 2019. 
  5. ^ Hayati, Istiqomatul (14 Januari 2020). "Mendekati Akhir Kisah Cintanya, Si Doel Persembahkan Mega Konser". Tempo.co (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 24 Januari 2020. 
  6. ^ Saputra, Aditia (19 Januari 2020). "Haru Biru Ngarak Pamitan Jelang Akhir Kisah Cinta Si Doel". Liputan6. Diakses tanggal 24 Januari 2020. 
  7. ^ Diananto, Wayan (25 Januari 2020). "Akhir Kisah Cinta Si Doel Serap 137 Ribu Penonton Pada Hari Pertama, Tertinggi di 2020". Liputan6. Diakses tanggal 25 Januari 2020. 
  8. ^ Cicilia, Maria (6 Juni 2019). Santoso, Imam, ed. "Jadi anggota DPR, Rano Karno akan tetap aktif di dunia hiburan". ANTARA. Diakses tanggal 17 Desember 2019. 
  9. ^ Natalia Sembiring, Ira Gita (24 Januari 2020). "Rey Bong Kaget Ditantang Rano Karno Lanjutkan Cerita Si Doel". KOMPAS. Diakses tanggal 24 Januari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]