Selection Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selection Project
Poster Selection Project
GenreMusik
Manga
IlustratorKōji Azuma
PenerbitSquare Enix
MajalahManga UP!
DemografiShōnen
Terbit11 Juli 202127 Maret 2022
Volume2
Seri anime
SutradaraDaisuke Hiramaki
SkenarioYūya Takahashi
MusikTakurō Iga
StudioDoga Kobo
PelisensiFunimation
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, KBS Kyoto, SUN TV, TVA, BS11
Tayang 1 Oktober 2021 24 Desember 2021
Episode13
 Portal anime dan manga

Selection Project adalah seri anime Jepang yang diproduksi oleh Doga Kobo. Seri ini didasarkan pada proyek multimedia Idol x Audition x Reality Show milik Kadokawa, yang dimulai pada bulan Desember 2019. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 1 Oktober 2021.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Selection Project adalah acara idola di mana calon idola dari seluruh Jepang bersaing untuk memenangkan kontrak debut. Di musim ketujuh, sembilan gadis berhasil memenangkan audisi regional mereka untuk bersaing di acara utama. Di antara mereka adalah Suzune Miyama, seorang gadis dari Kanto Utara yang baru saja pulih dari rawat inap, dan Rena Hananoi, adik perempuan pemenang musim pertama, Akari Amasawa, yang meninggal tiga tahun yang lalu.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Suzune Miyama (美山鈴音, Miyama Suzune)
Pengisi suara: Hinaki Yano[2]
Kontestan berusia 14 tahun yang berasal dari Prefektur Saitama mewakili wilayah Kanto Utara. Ia adalah gadis cerdas dan positif yang tumbuh dengan lemah jantung dan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di rumah sakit. Namun, ia mulai mengidolakan Akari Amasawa dan berusaha menjadi penyanyi sendiri suatu hari nanti. Ia mengikuti audisi Selection Project dan ia awalnya kalah karena pingsan di atas panggung, tetapi ia kemudian mewakili wilayahnya karena temannya, Seira, mundur.
Rena Hananoi (花野井玲那, Hananoi Rena)
Pengisi suara: Saku Mizuno[2]
Kontestan berusia 14 tahun yang berasal dari Tokyo mewakili wilayah Kanto Selatan. Ia berusaha menjadi idola seperti kakak perempuannya, Akari Amasawa. Namun, kematian kakaknya menyebabkan Rena berkepribadian serius karena ia ingin diakui bukan sebagai adik Akari, tetapi sebagai dirinya sendiri, mengambil nama keluarga ibunya untuk membedakan dari mendiang kakaknya.
Hiromi Hamaguri (濱栗広海, Hamaguri Hiromi)
Pengisi suara: Nozomi Nagumo[2]
Kontestan berusia 16 tahun yang berasal dari Prefektur Osaka mewakili wilayah Kinki. Dipengaruhi oleh dua kakak laki-lakinya, Hiromi bertindak tomboi dan sangat membenci kekalahan. Ia sangat terkenal di kalangan gadis SMP di kota asalnya.
Nagisa Imau (今鵜凪咲, Imau Nagisa)
Pengisi suara: Ruri Arai[2]
Kontestan berusia 15 tahun yang berasal dari Prefektur Kochi mewakili wilayah Shikoku.
Nodoka Yagi (八木野土香, Yagi Nodoka)
Pengisi suara: Hina Yōmiya[2]
Kontestan berusia 14 tahun yang berasal dari Hokkaido mewakili wilayah Hokkaido.
Ao Yodogawa (淀川逢生, Yodogawa Ao)
Pengisi suara: Yuka Iwahashi[2]
Kontestan berusia 13 tahun yang berasal dari Prefektur Hiroshima mewakili wilayah Chūgoku.
Uta Koizumi (小泉詩, Koizumi Uta)
Pengisi suara: Mizuna Shirakawa[2]
Kontestan berusia 11 tahun yang berasal dari Prefektur Miyagi mewakili wilayah Tōhoku. Meskipun ia telah menjadi aktris sejak TK, ia juga ingin menjadi seorang idola.
Shiori Yamaga (山鹿栞, Yamaga Shiori)
Pengisi suara: Miharu Hanai[2]
Kontestan berusia 14 tahun yang berasal dari Prefektur Aichi mewakili wilayah Chūbu.
Mako Toma (当麻まこ, Tōma Mako)
Pengisi suara: Shino Shimoji[2]
Kontestan berusia 17 tahun yang berasal dari Prefektur Fukuoka mewakili wilayah Kyūshū-Okinawa.
Seira Kurusu (来栖セイラ, Kurusu Seira)
Pengisi suara: Saori Ōnishi[3]
Kontestan berusia 15 tahun yang berasal dari Prefektur Gunma mewakili wilayah Kanto Utara. Ia setengah Amerika dari pihak ibunya. Ia adalah pemenang awal dari perwakilan Kanto Utara, tetapi ia kemudian mundur agar Suzune dapat bersaing.
Sumipanda (スミパンダ)
Pengisi suara: Daisuke Ono[4]
Pembawa acara Selection Project.
Akari Amasawa (天沢灯, Amasawa Akari)
Pengisi suara: Saori Hayami[4]
Idola legendaris yang memenangkan Selection Project musim pertama. Ia kehilangan nyawanya dalam kecelakaan mobil tiga tahun yang lalu.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga oleh Kōji Azuma mulai dibuat di majalah manga daring Manga UP! milik Square Enix pada tanggal 11 Juli 2021.[3]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa Jepang
1 22 September 2021[5]ISBN 978-4-75-757485-4
2 7 April 2022[6]ISBN 978-4-75-757796-1

Anime[sunting | sunting sumber]

Seri anime ini diumumkan oleh Kadokawa pada tanggal 4 Desember 2020. Seri ini disutradarai oleh Daisuke Hiramaki dan ditulis oleh Yūya Takahashi, dengan desain karakter oleh Kanna Hirayama dan musiknya disusun oleh Takurō Iga.[3] Seri ini tayang perdana pada tanggal 1 Oktober 2021 di AT-X, Tokyo MX, KBS Kyoto, SUN TV, TVA dan BS11.[7] 9-tie (diucapkan sebagai "cutie"), sebuah grup yang terdiri dari sembilan anggota pemeran utama seri ini, membawakan lagu tema pembuka "Glorious Days" dan lagu tema penutup "Only one scream".[8][9] Funimation mendapatkan lisensi seri ini di luar Asia.[10] Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini di Asia Selatan dan Asia Tenggara.[11]

No.Judul [12][a]Sutradara [12]Penulis skenario [12]Storyboard [12]Tanggal rilis asli [14]
1"Only one yell"Daisuke HiramakiYūya TakahashiDaisuke Hiramaki1 Oktober 2021 (2021-10-01)
Suzune Miyama adalah seorang siswa SMP yang bercita-cita menjadi penyanyi. Ia mengikuti ajang pencarian idola bernama Selection Project. Berbagai babak telah dilaluinya, hingga akhirnya tiba saatnya ia menjalankan babak seleksi akhir. Kini, perjuangan Suzune di babak seleksi akhir pun dimulai!
2"The Girls on a Journey to Tomorrow"
Transkripsi: "Ashita e Tabidatsu Shōjo-tachi" (明日へ旅立つ少女たち)
Hiroshi HaraguchiYūya TakahashiHiroshi Haraguchi8 Oktober 2021 (2021-10-08)
Suzune kalah di seleksi akhir dan kembali ke kesehariannya yang biasanya. Tiba-tiba, Seira menghampiri Suzune yang sedang galau dan mengajaknya berbelanja. Mereka pun bersenang-senang bersama dan setelah itu, mereka mengobrol tentang seleksi akhir, di mana kontestan yang berisi para gadis yang lolos ke seleksi akhir berkumpul di satu tempat yang sama.
3"If Singing Vanished From the World"
Transkripsi: "Moshi Kono Sekai kara Uta ga Kietara" (もしこの世界から歌が消えたら)
Natsumi UchinumaYūya TakahashiNatsumi Uchinuma15 Oktober 2021 (2021-10-15)
Sembilan orang terbaik akhirnya sudah berkumpul dari seluruh penjuru negeri. Seleksi akhir akan dimulai! Namun, Rena Hananoi bersikap dingin kepada semua orang di sana dan terang-terangan menganggap mereka adalah saingan. Sembari terus bersikap dingin, tanpa diduga tantangan pertama adalah audisi secara tim dan fakta baru tentang Rena mulai terungkap!
4"Rush, Crash, Splash"
Transkripsi: "Rasshu! Kurasshu! Supurasshu!" (ラッシュ!クラッシュ!スプラッシュ!)
Tatsuya NokimoriYūya TakahashiKiyoko Sayama22 Oktober 2021 (2021-10-22)
Setelah Suzune dan Rena lolos penilaian pertama, tim tarian pun merasa termotivasi untuk segera menyusul mereka berdua. Mereka pun berlatih, tetapi ternyata latihan tersebut tidak berjalan mulus. Anggota mereka tercerai-berai. Mereka pun saling bertanya-tanya tentang ciri khas diri sendiri.
5"Ecstatic Troublemakers"
Transkripsi: "Uchōten Toraburumēkā" (有頂天トラブルメーカー)
Sung Min KimYūya TakahashiKiyoko Sayama29 Oktober 2021 (2021-10-29)
Dukungan untuk tim tarian nyaris mencapai target. Mereka pun melakukan siaran tambahan yang spesial demi mencapai targetnya. Di sisi lain, tim alat musik sedang kesulitan karena memiliki anggota perfeksionis. Tenggat hari pertama tinggal dua hari lagi, tetapi mereka tampaknya belum akan tampil.
6"Her Heart, Her Hidden Secret"
Transkripsi: "Dare mo Shiranai Mune no Uchi" (誰も知らない胸の内)
Masanori TakahashiYūya TakahashiMasanori Takahashi5 November 2021 (2021-11-05)
Penilaian kedua seleksi akhir adalah "Lagu Musim Panas". Mereka bersembilan nantinya harus membawakan lagu tema dengan balutan pakaian renang. Ketika semua peserta sedang berusaha memikat pendukung dengan pesona dalam balutan pakaian renang, ada satu orang peserta yang tampak murung.
7"Feelings in Naked Blue"
Transkripsi: "Mukidashi no Omoi wa Burū" (むき出しの想いはブルー)
Hiroshi HaraguchiYūya TakahashiHiroshi Haraguchi12 November 2021 (2021-11-12)
Setelah melarikan diri dari pertemuan malam, Suzune tidak lagi muncul pada sesi latihan. Tidak ingin semuanya terus begini, Rena memberikan sesuatu yang dapat membuat Suzune sanggup mengutarakan perasaan sejatinya. Di tengah situasi yang pelik ini, mereka memikirkan penilaian yang akan berlangsung.
8"The True Tone of Her Heart"
Transkripsi: "Kokoro no Hontō no Neiro" (心の本当の音色)
Tatsuya NokimoriYūya TakahashiKiyoko Sayama19 November 2021 (2021-11-19)
Penilaian terakhir dari audisi ini adalah menyanyikan lagu tema oleh tujuh anggota terpilih. Lalu, cara menentukan anggota terpilihnya adalah dengan pemungutan suara yang dilakukan oleh kesembilan peserta. Semua peserta keget saat mendengar hal ini. Karena selama ini sudah berjuang bersama, mereka seketika galau saat dihadapkan ketentuan seperti itu.
9"My Self in the Seashell"
Transkripsi: "Kaigara no Naka no Watashi" (貝殻の中の私)
Kōki UchinomiyaYūya TakahashiKiyoko Sayama26 November 2021 (2021-11-26)
Jantung idola legendaris Akari Amasawa ternyata berada dalam tubuh Suzune! Mengetahui hal itu, hati Rena pun terombang-ambing. Rena mulai goyah terhadap keikutsertaannya dalam audisi Selection Project. Rena bertanya-tanya apakah jalan yang dipilihnya ini sudah benar atau tidak.
10"I Just Want to Sing"
Transkripsi: "Tada Utaitakute" (ただ 歌いたくて)
Sung Min KimYūya TakahashiSung Min Kim
Yūna Suginogaki
3 Desember 2021 (2021-12-03)
Hasil pemungutan suara sudah diketahui dan anggota yang tereliminasi pun telah ditentukan pada penilaian terakhir Selection Project.
11"One Little Step at a Time"
Transkripsi: "Sukoshi da kedo Sukoshizutsu" (少しだけど 少しずつ)
Natsumi UchinumaYūya TakahashiNatsumi Uchinuma10 Desember 2021 (2021-12-10)
Mereka bersembilan sudah memulai ulang sebagai grup idola bernama 9-tie. Mereka berniat menyampaikan nyanyian bersama-sama tanpa ada yang dikorbankan. Mereka pun mulai konser di jalanan, tetapi hal itu tidak berjalan mulus.
12"Feelings I Want to Send to You"
Transkripsi: "Anata ni Todoketai Omoi" (あなたに届けたい想い)
Hiroshi Haraguchi
Sung Min Kim
Daisuke Hiramaki
Yūya TakahashiYūna Suginogaki17 Desember 2021 (2021-12-17)
Kalau mendapat dukungan sebanyak 2 juta saat konser final, maka impian 9-tie menjadi idola akan terwujud! Saat mereka bersembilan semangat menyambut hal itu, tiba-tiba salah seorang di antara mereka mengalami keanehan pada tubuhnya.
13"Our Glorious Days"
Daisuke Hiramaki
Sung Min Kim
Yūya TakahashiDaisuke Hiramaki24 Desember 2021 (2021-12-24)[15]
Akari memberikan dukungan pada Suzune dan Sunny yang mengungkap rahasia pada Rena. Lalu, rekan-rekannya memercayai dan menunggu mereka. Akankah konser terakhir yang mempertaruhkan debut sebagai idola bisa sukses? Bagaimana akhir pertarungan mimpi mereka?

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Funimation.[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mateo, Alex (4 Desember 2020). "'Selection Project' Idol Reality Show Project Gets TV Anime in 2021". Anime News Network. Diakses tanggal 29 Mei 2021. 
  2. ^ a b c d e f g h i Mateo, Alex (9 Maret 2021). "'Selection Project' Idol Reality Show Anime Reveals Main Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 9 Maret 2021. 
  3. ^ a b c "TVアニメ『SELECTION PROJECT』第2弾PV公開・2021年10月放送決定! 新キャラクター「来栖セイラ」役・大西沙織さんのコメント到着" (dalam bahasa Jepang). Animate Times. 8 Juli 2021. Diakses tanggal 9 September 2021. 
  4. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (28 Maret 2021). "Selection Project 'Idol x Audition x Reality Show' Anime Reveals New Promo Video, More Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 28 Maret 2021. 
  5. ^ SELECTION PROJECT 1 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 9 September 2021. 
  6. ^ SELECTION PROJECT 2 (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Mei 2022. Diakses tanggal 13 Mei 2022. 
  7. ^ Mateo, Alex (4 Desember 2020). "'Selection Project' Idol Reality Show Project Gets TV Anime in 2021". Anime News Network. Diakses tanggal 5 Desember 2020. 
  8. ^ Loo, Egan (9 September 2021). "Selection Project Idol Anime's 3rd Video Unveils Opening Song, October 1 Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 9 September 2021. 
  9. ^ "アニメ『SELECTION PROJECT』suzu☆renaが歌う3話挿入歌MVが公開" (dalam bahasa Jepang). Dengeki. 18 Oktober 2021. Diakses tanggal 24 Oktober 2021. 
  10. ^ Friedman, Nicholas (30 Agustus 2021). "Pursue Your Dreams! Selection Project Joins the Funimation Fall 2021 Lineup". Funimation. Diakses tanggal 30 Agustus 2021. 
  11. ^ "【OCTOBER DISTRIBUTION ANNOUNCEMENT】 《SELECTION PROJECT》 ⚠️This is not a YouTube upload announcement! ⚠️ Watch them realise their dreams!". Facebook. 10 September 2021. Diakses tanggal 10 September 2021. 
  12. ^ a b c d "Sutōrī|"Serekushon Purojekuto" Kōshiki Saito" STORY|「SELECTION PROJECT」公式サイト [Story|"Selection Project" Official Website]. pjselection.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 September 2021. Diakses tanggal 28 September 2021. 
  13. ^ "Selection Project | Watch on Funimation". Funimation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Oktober 2021. Diakses tanggal 8 Oktober 2021. 
  14. ^ "On'ea|"Serekushon Purojekuto" Kōshiki Saito" ON AIR|「SELECTION PROJECT」公式サイト [On Air|"Selection Project" Official Website]. pjselection.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 September 2021. Diakses tanggal 9 September 2021. 
  15. ^ "Shūkan Bangumihyō (2021/12/20~2021/12/26) | Ē Tī-Ekkusu" 週間番組表(2021/12/20~2021/12/26) | AT-X [Weekly Program Schedule (2021/12/20~2021/12/26) | AT-X]. AT-X (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 November 2021. Diakses tanggal 24 November 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]