Plastic Memories

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Plastic Memories
Plastic Memories DVD Vol 1.jpg
Sampul DVD volume pertama, menampilkan Isla
プラスティック・メモリーズ
(Purasutikku Memorīzu)
GenreFiksi ilmiah, Drama, Roman
Seri anime
SutradaraYoshiyuki Fujiwara
SkenarioNaotaka Hayashi
MusikMasaru Yokoyama
StudioDoga Kobo
Pelisensi
Hanabee
Aniplex of America
Anime Limited
Saluran
asli
Tokyo MX, GYT, GTV, ABC, GBS, MTV, BS11, AT-X
Saluran
bahasa Inggris
Crunchyroll
Viewster
Tayang 5 April 2015 27 Juni 2015
Episode13
Manga
Plastic Memories: Say to Good-bye
PengarangNaotaka Hayashi
IlustratorYūyū
PenerbitASCII Media Works
DemografiSeinen
MajalahDengeki G's Comic
Terbit27 April 201530 Juli 2016
Volume3
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Plastic Memories (プラスティック・メモリーズ, Purasutikku Memorīzu), disingkat Pla-Memo (プラメモ), adalah sebuah serial anime televisi Jepang yang diproduksi oleh Doga Kobo dan disutradarai oleh Yoshiyuki Fujiwara.[1] Konsep cerita oleh Naotaka Hayashi, dengan desain karakter oleh Okiura.[1] Serial ini ditayangkan pertama kali pada 4 April 2015.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Plastic Memories mengambil latar di sebuah kota pada masa depan, dimana manusia hidup berdampingan dengan android yang tampak mirip dengan manusia dan memiliki ingatan serta emosi layaknya manusia. SAI Corp, perusahaan terdepan yang memproduksi android, memperkenal kan Giftia, model android baru dengan kualitas yang paling mirip dengan manusia dibandingkan model lainnya. Masa hidup dari Giftia adalah 81.920 jam (secara kasar 9 tahun 4 bulan) dan apabila mereka telah melewati waktu tersebut akan berdampak pada perubahan kepribadian, kehilangan ingatan, dan bertindak kasar. Karena hal ini, pegawai pada Terminal Service yang bertanggung jawab untuk mengambil android yang hampir mencapai akhir masa hidup mereka dan menghapus ingatan android tersebut. Petugas dari Terminal Service bekerja dalam sebuah tim yang terdiri dari seorang manusia (disebut sebagai "spotter") dan seorang Giftia (disebut sebagai "marksman") Kisah ini menceritakan sang protagonis, Tsukasa Mizugaki dan seorang Giftia bernama Isla, yang bekerja di Terminal Service No.1.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tsukasa Mizugaki (水柿 ツカサ, Mizugaki Tsukasa)
Pengisi suara: Yasuaki Takumi
Tsukasa adalah seorang pemuda berusia 18 tahun yang merupakan tokoh utama pada cerita ini. Setelah gagal pada ujian masuk universitas karena masalah medis, ia mendapatkan pekerjaan di Terminal Service No.1 karena koneksi ayahnya, walaupun ia sebenarnya sama sekali tidak mengetahui pekerjaan seperti apa yang akan ia lakukan. Dalam pekerjaan ini, ia dipasangkan dengan Isla. Seiring waktu berjalan, ia menjadi terikat padanya, tanpa menyadari bahwa Isla telah mendekat akhir masa hidupnya. Saat ia mengetahui yang sebenarnya, ia menolak untuk meninggalkan Isla dan berjanji akan terus menjadi pasangannya. Ia memiliki perasaan terhadap Isla sejak pertemuan pertama mereka, tetapi baru menyadarinya setelah setelah lama berpasangan.
Isla (アイラ, Aira)
Pengisi suara: Sora Amamiya
Isla, tokoh utama wanita, adalah sebuah Giftia yang memiliki penampilan seperti anak-anak dan memiliki rambut twin tail, memiliki kecenderungan tersandung dan menjatuhkan barang. Ia dikenal sebagai veteran pada departemen tersebut dan pernah berpasangan dengan Kazuki. Setelah suatu kejadian dalam tugas yang menyebabkan kaki Kazuki diamputasi, ia berhenti menjadi pasangan Kazuki dan hanya bekerja menyajikan teh di kantor, hingga Tsukasa datang dan menjadi pasangannya untuk ditugaskan di lapangan, meskipun ia hanya memiliki sisa masa hidup kurang dari 2.000 jam. Ia memiliki perasaan terhadap Tsukasa.
Michiru Kinushima (絹島 ミチル, Kinushima Michiru)
Pengisi suara: Chinatsu Akasaki
Michiru adalah seorang gadis berusia 17 tahun yang bekerja di Terminal Service No. 1 dan menjadi senior Tsukasa. Ia terlihat memiliki perasaan terhadap Tsukasa, tetapi menolak utuk mengakuinya. Ia dibesarkan oleh sebuah Giftia, karena itu ia merasa empati terhadap "anak android", anak yang dibesarkan oleh Giftia. Ia mencoba melindungi android pelindungnya saat akan diambil, menyebabkan android tersebut menjadi "Wanderer", dan mengakibatkan ia harus ditembak oleh anggota sebuah firma keamanan swasta R. Security. Pengalaman ini yang menyebabkan ia bergabung dengan Terminal Service No. 1. Michiru pandai dalam memasak.
Zack (ザック, Zakku)
Pengisi suara: Sayuri Yahagi
Zack adalah sebuah Giftia dengan penampilan high-class young boy. Ia merupakan pasangan Michiru. Ia suka menggoda orang-orang disekitarnya dan membocorkan rahasia mereka.
Kazuki Kuwanomi (桑乃実 カヅキ, Kuwanomi Kazuki)
Pengisi suara: Megumi Toyoguchi
Kazuki merupakan pimpinan Tsukasa di SAI Terminal Service No. 1. Ia dulu merupakan pasangan Isla dan sangat protektif terhadapnya. Ia terlihat lemah terhadap alkohol dan memiliki kaki yang diamputasi sebagai akibat saat mencoba mengambil ayah Michiru tiga tahun lalu.
Constance (コンスタンス, Konsutansu)
Pengisi suara: Satoshi Hino
Constance adalah sebuah Giftia yang bekerja di SAI Terminal Service No. 1. Ia merupakan pasangan Kazuki dan dikenal memiliki kepribadian yang lembut.
Yasutaka Hanada (縹 ヤスタカ, Hanada Yasutaka)
Pengisi suara: Kenjiro Tsuda
Yasutaka merupakan seorang pegawai veteran di SAI Terminal Service No. 1, dimana ia telah bekerja selama 10 tahun. Ia memiliki sikap yang santai dan kurang motivasi dalam bekerja, sesuatu yang tidak biasa untuk seseorang dengan pengalaman sepertinya.
Sherry (シェリー, Sherī)
Pengisi suara: Aimi
Sherry adalah sebuah Giftia yang menjadi pasangan Yasutaka. Ia memiliki kepribadian yang serius dan penampilan layaknya wanita karier. Ia sering merasa terganggu dengan sikap pasangannya, Yasutaka. Saat marah, ia sama menakutkannya seperti Kazuki.
Ren Kawarake (土器 レン, Kawarake Ren)
Pengisi suara: Shinnosuke Ogami
Ren adalah seorang pegawai pada Terminal Service No. 1.
Eru Miru (海松 エル, Miru Eru)
Pengisi suara: Sumire Uesaka
Eru adalah seorang teknisi pada tim perawatan Giftia, yang baru bekerja selama 2 tahun. Temannya, sebuah Giftia yang bernama Olivia, telah diambil beberapa tahun lalu, tetapi mendapatkan penggantian sistem operasi terkait kebijakan perusahaan dalam penghematan anggaran dan kini memiliki kehidupan baru dengan nama Andie.
Takao Yamanobe (山野辺 タカオ, Yamanobe Takao)
Pengisi suara: Nobuo Tobita
Takao merupakan manajer pada SAI Terminal Service No. 1. Ia tidak memiliki pengalaman bekerja di lapangan. Ia tampak memiliki masalah komunikasi dengan anak perempuannya.
Mikijiro Tetsuguro (鉄黒 ミキジロウ, Tetsuguro Mikijirō)
Pengisi suara: Mitsuaki Hoshino
Mikijiro adalah pengawas Eru dan kepala dari Ruang Pemeriksaan Unit, yang didesain untuk mengukur kemampuan fisik dari sebuah Giftia.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial anime televisi dengan 13 episode diproduksi oleh Doga Kobo dan didireksi oleh Yoshiyuki Fujiwara.[1] Serial ini dibuat dan ditulis oleh Naotaka Hayashi, dan musik oleh Mages. Serial ini tayang perdana pada 4 April 2015 di Tokyo MX.[3] Lagu tema pembukanya adalah "Ring of Fortune" oleh Eri Sasaki dan lagu tema penutupnya adalah "Asayake no Starmine" (朝焼けのスターマイン) oleh Asami Imai.[4]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga spin-off dari serial ini, diilustrasikan oleh Yūyū dengan judul Plastic Memories: Say to Good-bye (プラスティック・メモリーズ Say to good-bye), menampilkan Michiru Kinushima sebagai tokoh utama. Serialisasi dimulai pada Juni 2015 di Dengeki G's Comic. Volume tankōbon yang pertama, diterbitkan pada 27 April 2015.[5]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi permainan video dikembangkan oleh 5pb.[6] untuk PlayStation Vita dan dirilis di Jepang pada tanggal 13 Oktober 2016.[7][8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Club's Fujiwara to Helm Plastic Memories Anime at Dogakobo" (dalam bahasa Inggris). Anime News Network. 29 Oktober 2014. Diakses tanggal 29 Oktober 2014. 
  2. ^ "TVアニメ「プラスティック・メモリーズ」は4月4日(土)24時30分よりTOKYO MXほかにて放送開始!" (dalam bahasa Jepang). Doga Kobo. 28 Februari 2015. Diakses tanggal 28 Februari 2015. 
  3. ^ "TVアニメ「プラスティック・メモリーズ」は4月4日(土)24時30分よりTOKYO MXほかにて放送開始!" (dalam bahasa Jepang). Doga Kobo. 28 Februari 2015. Diakses tanggal 28 Februari 2015. 
  4. ^ "Plastic Memories' Opening and Ending Themes Revealed". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). 26 Februari 2015. Diakses tanggal 28 Februari 2015. 
  5. ^ "「プラスティック・メモリーズ Say to good-bye」表紙イラスト公開!" (dalam bahasa Jepang). Doga Kobo. April 5, 2015. Diakses tanggal 6 April 2015. 
  6. ^ "Plastic Memories Anime Inspires Game Adaptation by MAGES". Anime News Network. May 19, 2016. Diakses tanggal May 19, 2016. 
  7. ^ "MAGES/5pb's Plastic Memories Game Slated for PS Vita". Anime News Network. May 24, 2016. Diakses tanggal May 24, 2016. 
  8. ^ "Plastic Memories PS Vita Game Slated for October 13". Anime News Network. June 2, 2016. Diakses tanggal June 2, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]