Otonari no Tenshi-sama ni Itsu no Ma ni ka Dame Ningen ni Sareteita Ken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Otonari no Tenshi-sama ni Itsu no Ma ni ka Dame Ningen ni Sareteita Ken
Sampul volume pertama novel ringan, menampilkan Mahiru Shiina
お隣の天使様にいつの間にか駄目人間にされていた件
(Otonari no Tenshi-sama ni Itsu no Ma ni ka Dame Ningen ni Sareteita Ken)
GenreKomedi romantis, penggalan kehidupan[1]
Seri novel
PengarangSaekisan
PenerbitShōsetsuka ni Narō
Terbit20 Desember 2018 – sekarang
Novel ringan
PengarangSaekisan
Ilustrator
  • Hazano Kazutake (vol. 1)
  • Hanekoto (vol. 2 ke atas)
PenerbitSB Creative
Penerbit bahasa Inggris
ImprintGA Bunko
DemografiLaki-laki
Terbit15 Juni 2019 – sekarang
Volume9 + 2 cerita pendek (Daftar volume)
Manga
Pengarang
  • Saekisan
  • Suzu Yūki (composition)
IlustratorWan Shibata
PenerbitSquare Enix
MajalahManga UP!
DemografiShōnen
Terbit6 Januari 2022 – sekarang
Volume3 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraLihua Wang
SkenarioKeiichirō Ōchi
MusikMoe Hyūga
StudioProject No.9
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
Tokyo MX, BS NTV, AT-X
Tayang 7 Januari 2023 26 maret 2023
Episode12 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Otonari no Tenshi-sama ni Itsu no Ma ni ka Dame Ningen ni Sareteita Ken (Jepang: お隣の天使様にいつの間にか駄目人間にされていた件), juga dikenal sebagai The Angel Next Door Spoils Me Rotten, adalah sebuah seri novel ringan asal Jepang yang ditulis oleh Saekisan dan diilustrasikan oleh Hanekoto. Awalnya dipublikasikan secara daring melalui Shōsetsuka ni Narō, SB Creative merilis sembilan volume dibawah label GA Bunko sejak Juni 2019. Yen Press memegang lisensi penerbitan dalam bahasa Inggris. Sebuah adaptasi manga yang digambar oleh Wan Shibata diserialisasi di majalah daring milik Square Enix, Manga UP! sejak Januari 2022. Sebuah adaptasi seri anime televisi series oleh Project No.9 tayang perdana pada Januari 2023. Dikonfirmasi dalam sebuah acara untuk anime itu sendiri bahwa Otonari no Tenshi-sama akan memiliki musim kedua.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Amane tinggal sendiri di sebuah apartemen; dan gadis tercantik di sekolah, Mahiru, menjadi tetangganya. Mereka hampir tidak pernah berbicara meskipun berada di kelas yang sama, sampai suatu hari Amane melihat Mahiru dalam kesusahan di tengah hujan dan meminjamkan payungnya. Untuk membalas budi, Mahiru menawarkan bantuan untuk mengurus rumahnya, dan hubungan mereka perlahan berkembang saat jarak di antara keduanya semakin dekat.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Amane Fujimiya (藤宮周, Fujimiya Amane)
Pengisi suara: Taito Ban[3]
Protagonis dari serial ini, dia tinggal sendirian di sebuah apartemen kecil. Karena dia tidak pandai mengatur barang, dia sering makan di luar atau membeli makanan dari minimarket.
Mahiru Shiina (椎名真昼, Shiina Mahiru)
Pengisi suara: Manaka Iwami[3]
Namanya, Mahiru (lit. "siang"), yang dinamai oleh ayahnya, Asahi (lit. "matahari pagi"), melambangkan waktu di antara pagi dan malam, yang merupakan nama ibunya, Sayo (lit. "malam kecil").[4]
Itsuki Akasawa (赤澤樹, Akasawa Itsuki)
Pengisi suara: Taku Yashiro[3]
Teman sekelas Amane.
Chitose Shirakawa (白河千歳, Shirakawa Chitose)
Pengisi suara: Haruka Shiraishi[3]
Teman Amane dan kekasih Itsuki.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan awalnya memulai serialisasi di situs web Shōsetsuka ni Narō pada Desember 2018. SB Creative menerbitkan seri novel ini di bawah label mereka, GA Bunko, sejak Juni 2019, sementara Yen Press memegang lisensi untuk penerbitas dalam bahasa Inggris.[5] Ilustrator untuk seri ini berganti dari Hazano Kazutake ke Hanekoto sejak Volume 2.[6]

Manga[sunting | sunting sumber]

Seuah adaptasi manga, yang diumumkan pada 18 November 2019,[7] digambar oleh Wan Shibata dengan komposisi oleh Suzu Yūki memulai serialisasi di majalah dari milik Square Enix Manga UP! pada 6 Januari 2022.[3][8]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi seri anime televisidiumumkan pada 4 Januari 2022. Seri anime ini diproduksi oleh Project No.9 dan disutradarai oleh Lihua Wang, dengan supervisi oleh Kenichi Imaizumi, penulisan naskah oleh Keiichirō Ōchi, desain karakter oleh Takayuki Noguchi, dan komposisi musik oleh Moe Hyūga.[3] Sei ini tayang perdana pada 7 Januari 2023, di Tokyo MX dan jaringan televisi lainnya.[9] Lagu tema pembukanya adalah "Gift" (ギフト, Gifuto) oleh Masayoshi Ōishi.[10] Crunchyroll memegang lisensi seri anime ini.[11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini berada di peringkat sepuluh dalam buku panduan novel tahunan Kono Light Novel ga Sugoi! dalam kategori bunkobon, dan keenam secara keseluruhan di antara seri baru lainnya di tahun 2020. Menurut Oricon, pada minggu pertama perilisan, volume kelima terjual 19.791 eksemplar di Jepang, yang menempatkannya di urutan pertama Oricon Weekly Light Novel.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Angel Next Door Spoils Me Rotten, Vol. 1 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal July 4, 2021. 
  2. ^ Matheus (2023-10-08). "2º Temporada de Otonari no Tenshi-sama é Anunciada!". Noticiário Otaku (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 2023-10-27. 
  3. ^ a b c d e f Loo, Egan (January 4, 2022). "The Angel Next Door Spoils Me Rotten Light Novels Get TV Anime". Anime News Network. Diakses tanggal January 4, 2022. 
  4. ^ 佐伯さん (September 30, 2019). お隣の天使様質問回答そのに (dalam bahasa Jepang). Shōsetsuka ni Narō. Diakses tanggal January 2, 2022. 
  5. ^ Pineda, Rafael Antonio (July 3, 2020). "Yen Press Licenses Unnamed Memory, 5 Other Novels, 6 Manga". Anime News Network. Diakses tanggal July 4, 2021. 
  6. ^ 佐伯さん (February 18, 2020). 【重要】お隣の天使様の発売日につきまして (dalam bahasa Jepang). Shōsetsuka ni Narō. Diakses tanggal September 3, 2022. 
  7. ^ 佐伯さん (November 18, 2019). お隣の天使様コミカライズ&続刊決定! (dalam bahasa Jepang). Shōsetsuka ni Narō. Diakses tanggal September 1, 2022. 
  8. ^ "お隣の天使様にいつの間にか駄目人間にされていた件" [The case where the angel next door made me a useless human]. Manga UP! (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 25 April 2022. 
  9. ^ Hodgkins, Crystalyn (October 4, 2022). "The Angel Next Door Spoils Me Rotten Anime's Promo Video Reveals January 2023 Debut". Anime News Network. Diakses tanggal October 4, 2022. 
  10. ^ Mateo, Alex (December 6, 2022). "The Angel Next Door Spoils Me Rotten TV Anime Reveals January 7 Premiere, Opening Theme Artist". Anime News Network. Diakses tanggal December 6, 2022. 
  11. ^ Mateo, Alex (January 4, 2023). "Crunchyroll to Stream Technoroid Overmind, High Card, Nijiyon, The Angel Next Door Spoils Me Rotten, More Anime". Anime News Network. Diakses tanggal January 4, 2023. 
  12. ^ 週間 ライトノベルランキング 2021年07月26日付 (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diakses tanggal 2021-08-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]