Hōkago Teibō Nisshi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hōkago Teibō Nisshi
Sampul manga volume pertama
放課後ていぼう日誌
(Hōkago Teibō Nisshi)
GenreOlahraga
Manga
PengarangYasuyuki Kosaka
PenerbitAkita Shoten
MajalahYoung Champion Retsu
DemografiSeinen
TerbitFebruari 2017 – sekarang
Volume8
Seri anime
SutradaraTakaharu Okuma
SkenarioFumihiko Shimo
MusikMiki Sakurai
StudioDoga Kobo
PelisensiFunimation
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, MBS, BS11, RKK
Tayang 7 April 2020 22 September 2020
Episode12
 Portal anime dan manga

Hōkago Teibō Nisshi (Jepang: 放課後ていぼう日誌), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Diary of Our Days at the Breakwater, adalah seri manga Jepang tentang pemancingan rekreasi yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yasuyuki Kosaka. Manga ini diterbitkan oleh majalah manga seinen Young Champion Retsu milik Akita Shoten mulai bulan Februari 2017 dan diterbitkan menjadi 8 volume tankōbon. Manga ini diadaptasi menjadi seri televisi anime oleh Doga Kobo yang ditayangkan mulai tanggal 7 April hingga tanggal 22 September 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Hina Tsurugi dan keluarganya baru saja pindah ke kota tepi laut. Berharap untuk menikmati pemandangan laut yang damai, Hina bertemu dengan seorang gadis bernama Yūki Kuroiwa, seorang kakak kelas di sekolah barunya, yang mengajak Hina untuk bergabung dengannya dalam memancing. Hina menggulung gurita, yang jatuh di atas kakinya. Karena takut serangga dan makhluk besar, Hina panik dan memohon kepada Yūki untuk menyingkirkan gurita itu dari kaki Hina. Yūki melihat ini sebagai kesempatan untuk memaksa Hina bergabung dengan klub memancing di sekolah, klub tempat anggota berkumpul, menangkap dan memakan berbagai jenis biota laut sebagai aktivitas utama mereka.

Meskipun usaha Hina untuk menolak bergabung gagal, ia perlahan mulai menemukan kesenangan tersembunyi dalam memancing. Pandangannya tentang memancing berubah dan ia sekarang menantikan semua pengalaman menyenangkan yang bisa diikutinya bersama sesama anggota klubnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Hina Tsurugi (鶴木陽渚, Tsurugi Hina)
Pengisi suara: Kanon Takao[1]
Seorang siswa SMA tahun pertama yang pindah bersama keluarganya dari Tokyo kembali ke kampung halamannya di Ashikita, Kumamoto, Kyūshū. Ia bergabung dengan klub memancing di SMA.
Natsumi Hodaka (帆高夏海, Hodaka Natsumi)
Pengisi suara: Natsumi Kawaida[1]
Teman masa kecil Hina yang nyaris dilupakan oleh Hina. Ia adalah siswa SMA tahun pertama seperti Hina dan anggota baru klub memancing. Ia sangat menyukai hobinya memancing dan sering memancing sejak SD.
Yūki Kuroiwa (黒岩悠希, Kuroiwa Yūki)
Pengisi suara: Yū Sasahara[1]
Siswa SMA tahun ketiga yang meyakinkan Hina untuk bergabung dengan klub memancing di sekolahnya sekaligus ketua klub memancing.
Makoto Ohno (大野真, Ōno Makoto)
Pengisi suara: Satomi Akesaka[1]
Siswa SMA tahun kedua yang bergabung dengan klub memancing. Ia cukup berpengetahuan dan dapat diandalkan. Ia sangat tinggi dan memakai kacamata. Ia selalu memancing memakai pelampung.
Sayaka Kotani (小谷さやか, Kotani Sayaka)
Pengisi suara: Ami Koshimizu[2]
Petugas UKS sekolah dan penasihat klub memancing.
Ayah Hina
Pengisi suara: Hiroaki Tajiri[3]
Mantan anggota klub memancing saat ia masih sekolah. Kakek Hina meninggalkan berbagai macam peralatan memancing.[4]
Manajer Takogehiya
Pengisi suara: Shigeru Chiba[3]
Pengelola toko perlengkapan memancing lokal dengan maskot gurita merah kecil.[4]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Yasuyuki Kosaka, dan mulai diterbitkan di majalah Young Champion Retsu milik Akita Shoten pada bulan Februari 2017.[5] Manga ini telah diterbitkan menjadi 8 volume tankōbon pada tanggal 18 November 2021.[6] Pada bulan Juli 2020, diumumkan bahwa manga ini ditunda karena banjir besar di rumah Yasuyuki Kosaka di Kyūshū;[7] seri ini dilanjutkan tak lama setelahnya. Pada bulan November 2020, seri ini diumumkan ditunda lagi di kemudian hari.[8] Publikasi dilanjutkan pada bulan April 2021.[9]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diumumkan dalam edisi kelima majalah Young Champion Retsu pada tanggal 16 April 2019.[5] Anime ini diproduksi oleh Doga Kobo dan disutradarai oleh Takaharu Okuma, dengan Fumihiko Shimo menangani komposisi seri, Katsuhiro Kumagai mendesain karakter dan Miki Sakurai menyusun musik.[10] Anime ini ditayangkan mulai tanggal 7 April hingga 22 September 2020.[11] Lagu tema pembuka "SEA HORIZON" dan lagu kredit akhir "Tsuri no Sekai e" dibawakan oleh empat pemeran utama.[12] Pada tanggal 15 April 2020, diumumkan bahwa episode 4 dan seterusnya ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut karena pandemi COVID-19.[13] Pada tanggal 1 Juni 2020, diumumkan bahwa seri anime ini akan dilanjutkan pada tanggal 7 Juli 2020 mulai dari episode 1,[14] dengan episode 4 ditayangkan pada tanggal 28 Juli 2020.[7]

No.Judul [4]Tanggal tayang asli
1"Breakwater Club"
Transkripsi: "Teibō-bu" (ていぼう部)
7 April 2020 (2020-04-07)
Baru saja pindah kembali ke Ashikita, Kumamoto, Kyūshū, Hina Tsurugi menjelajahi kota tepi laut dan membantu ketua klub memancing Yūki Kuroiwa melepaskan tali pancing. Yūki memberi Hina seutas tali untuk mencoba memancing sendiri dan Hina menangkap seekor gurita yang mendarat di kakinya. Takut dengan makhluk laut di sana, Yūki memaksa Hina bergabung dengan klub memancing untuk menyingkirkan gurita dari kakinya. Keesokan harinya, Hina memulai kehidupan SMA-nya di SMA Umino dengan niat meninggalkan klub memancing untuk bergabung dengan klub kerajinan tangan. Namun, ketika Hina mengetahui bahwa teman masa kecilnya, Natsumi Hodaka, bergabung dengan klub memancing, ia tidak bisa memaksa dirinya untuk keluar dari klub. Hina mencoba memancing dan memutuskan bahwa ia cukup menyukainya dan tinggal bersama klub untuk sementara waktu.
2"Reels and Casting"
Transkripsi: "Rīru to Kyasutingu" (リールとキャスティング)
14 April 2020 (2020-04-14)
Hina membawa pulang beberapa ikan yang ditangkap anggota klub dan ayahnya memberitahunya bahwa ayahnya adalah anggota klub memancing saat SMA. Keesokan harinya, Hina kelelahan saat ujian pendidikan jasmani dan mengeluh seberapa jauh ruang klub memancing dari sekolah karena ketidakmampuan fisiknya. Di ruang klub, Hina dan Natsumi ditugaskan oleh Yūki untuk mengurai beberapa tali pancing sebagai ritual klub, kemudian anggota lain, Makoto Ohno, memberitahu mereka bahwa mengurai tali pancing bukan ritual klub. Hina menghabiskan sore hari mempelajari dasar-dasar memancing dari Yūki dan Makoto. Hina berusaha melemparkan pancingan, tetapi kailnya mengenai Natsumi. Setelah seharian memancing, mereka bertiga mendorong Hina untuk terus mencoba.
3"Flatheads"
Transkripsi: "Magochi" (マゴチ)
21 April 2020 (2020-04-21)
Setelah Hina melakukan penelitian tentang ikan baji-baji, seluruh anggota klub pergi ke pantai Kamegahama untuk memancing ikan baji-baji. Hina dan Yūki memancing bersama di satu tempat sementara Natsumi dan Makoto memancing di tempat lain. Hina berusaha saat ia tidak menangkap apapun selain rumput laut. Yūki mengajari Hina cara menggerakkan umpan untuk mendapatkan ikan baji-baji dan setelah beberapa kali mencoba lagi, Hina mengaitkan ikan baji-baji. Hina berusaha dan terhuyung-huyung hingga hampir jatuh ke laut, tetapi dengan bantuan Yūki dan Makoto, Hina dapat menangkap ikan itu. Malam itu, Hina ditugaskan untuk memotong ikan baji-baji sejak ia menangkapnya dan setelah ia berusaha, ia melakukannya. Makoto mengupas, memotong dan memasak ikan untuk makan malam.
4"Eging"
Transkripsi: "Egingu" (エギング)
28 Juli 2020 (2020-07-28)
Saat Hina perlu membeli topi dan jaket memancing, seluruh anggota klub pergi ke toko peralatan memancing. Hina menemukan jaket yang disukainya dijual setelah pencarian ekstensif, sementara anggota klub lain membelikan topi untuk Hina. Keesokan harinya, Hina mengikat tali pancing dan anggota klub pergi memancing cumi-cumi. Setelah Natsumi berusaha hingga kehilangan umpan dan Hina kesulitan menarik cumi-cumi, Makoto menangkapnya. Cumi-cumi itu menyemprotkan tinta dan mengenai jaket Hina, yang untungnya mudah dicuci. Anggota klub memancing memasak cumi-cumi untuk makan malam.
5"Clamming and an Advisor"
Transkripsi: "Shiohigari to Komon" (潮干狩りと顧問)
4 Agustus 2020 (2020-08-04)
Saat air surut, anggota klub memancing menggali kerang. Hina awalnya tidak mau menggali karena ia takut terkena lumpur, tetapi setelah Natsumi menggodanya sehingga membuat Hina tersandung dan jatuh, ia menjadi terbiasa dengan lumpur dan mulai menggali. Setelah itu, penasihat klub, petugas UKS sekolah Sayaka Kotani, datang ke kluba, lalu Yūki dan Makoto mati-matian mencoba menyembunyikan kerang dari Sayaka, tetapi gagal. Mereka berdua menjelaskan kepada Natsumi dan Hina bahwa Sayaka tidak tertarik memancing sama sekali dan lebih suka minum bir dan makan beberapa makanan laut mereka secara gratis.
6"Li'l Horsies"
Transkripsi: "Ajigo" (アジゴ)
11 Agustus 2020 (2020-08-11)
Sayaka datang dan meminta anggota klub memancing untuk menangkap ikan tenggiri. Anggota klub pergi membeli beberapa tali pancing di toko peralatan memancing lokal. Mereka berempat memancing selama dua jam menangkap banyak ikan tenggiri. Setelah itu, Hina ditugaskan untuk mengeluarkan insang dari ikan yang menyebabkan Hina ketakutan, tetapi ia akhirnya berhasil melakukannya. Saat akhir pekan, Hina pergi memancing sendiri menggunakan peralatan memancing tua milik kakeknya untuk menangkap ikan tenggiri, tetapi ia kesulitan menangkapnya. Hina memanggil Natsumi untuk meminta bantuan dan Natsumi menunjukkan bahwa Hina menggunakan kait yang terlalu besar untuk menangkap makarel. Bersama-sama, mereka berhasil menangkap ikan tenggiri.
7"Light Rock Fishing"
Transkripsi: "Anazuri" (穴釣り)
18 Agustus 2020 (2020-08-18)
Hina pergi memancing ikan batu dan mengikuti saran Makoto untuk memancing di celah bebatuan yang dekat dinding, Hina menangkap ikan kerapu batu. Hina berusaha melepaskannya karena tubuh ikan yang berduri dibantu oleh Natsumi. Menjelang ujian tengah semester, Hina pergi ke rumah Natsumi di mana ia bertemu ibunya, yang menjalankan restoran bergaya Barat, untuk pertama kalinya sejak pindah kembali ke Ashikita. Mereka berdua menghabiskan sepanjang hari untuk belajar, lalu Natsumi terpesona oleh boneka ikan yang dirajut oleh Hina.
8"Freshwater Prawns"
Transkripsi: "Tenagaebi" (穴テナガエビ)
25 Agustus 2020 (2020-08-25)
Saat hari hujan, anggota klub memancing berkumpul di ruang UKS di mana mereka mengambil beberapa peralatan memancing yang disimpan. Klub memancing memperoleh izin memancing untuk memungkinkan mereka memancing udang air tawar di sungai terdekat di bawah jembatan. Hina berusaha menangkap udang karena ia kesulitan mengatur waktu menggulungnya dengan benar. Setelah mendapatkan beberapa saran, ia mulai menangkap beberapa udang. Keesokan harinya setelah membiarkan udang mengeluarkan kotorannya, Hina dan Makoto memasak udang untuk dimakan oleh klub memancing dan Sayaka.
9"Preparations and Herons"
Transkripsi: "Sonae to Aosagi" (備えとアオサギ)
1 September 2020 (2020-09-01)
Sayaka mengadakan sesi pelatihan di kolam renang sekolah agar klub memancing belajar bagaimana tetap mengapung jika mereka jatuh ke air saat memancing. Klub memancing melompat ke kolam dengan pakaian mereka dan menggunakan perangkat pengapungan khusus tanpa menyadari bahwa itu hanya untuk sekali pakai. Klub memancing kemudian pergi memancing ikan batu dan Hina menangkap beberapa ikan batu yang disambar oleh bangau. Hina memperhatikan bahwa kaki bangau terjerat tali pancing yang mendorongnya untuk memikirkan cara melepaskannya. Keesokan harinya, klub memancing memikat bangau ke dalam perangkap yang dibawa untuk menahannya agar mereka bisa melepaskan tali pancing dari kaki bangau.
10"No-reel Fishing"
Transkripsi: "Nobesao" (のべ竿)
8 September 2020 (2020-09-08)
Semua anggota klub pergi memancing menggunakan joran tanpa gulungan. Mereka berusaha memancing sementara Hina hanya menangkap ikan kecil yang membuatnya berkecil hati. Namun saat matahari terbenam, Hina menangkap seekor ikan kakap besar. Malam itu setelah mereka menangkap banyak ikan tenggiri, Makoto mengajari Hina cara mengupas dan memotong ikan, yang membuatnya ketakutan. Upaya pertama Hina tidak berjalan dengan baik, yang dimasak oleh Makoto menjadi salad sashimi, sambil meningkatkan upaya berikutnya. Ikan yang dikupas dan diambil tulangnya disimpan di lemari es agar kering dan pada hari berikutnya, mereka memasak ikan di atas panggangan yang disediakan oleh Sayaka.
11"Whiting"
Transkripsi: "Kisu" (キス)
15 September 2020 (2020-09-15)
Hina menangkap ikan baronang susu, ikan beracun yang disiapkan Makoto untuk dimakan oleh semua anggota klub. Malam itu, ibu Hina memasak ikan rejung dari tetangganya, membuat Hina terinspirasi untuk pergi memancing ikan rejung. Saat berbelanja untuk persediaan, Hina takut dengan cacing sungguhan yang digunakan anggota klub untuk menangkapnya, tetapi manajer toko menunjukkan padanya beberapa umpan buatan yang digunakan sebagai gantinya. Semua anggota klub memancing ikan rejung dari pantai dan saat Natsumi, Yuki dan Makoto berhasil, Hina tidak mendapatkan satu ikan pun. Hina kemudian menyadari bahwa teknik yang sama yang digunakan oleh orang lain bukanlah menggunakan umpan buatan yang efektif. Malam itu, Hina pulang ke rumah untuk meneliti cara memancing menggunakan umpan buatan dan bertekad menangkap ikan rejung keesokan harinya.
12"From Now On..."
Transkripsi: "Korekara..." (これから...)
22 September 2020 (2020-09-22)
Hina mencoba lagi menangkap ikan rejung setelah mengetahui bahwa umpannya perlu digoyangkan, tetapi ia masih berusaha. Hina kemudian menyadari bahwa umpan terlalu panjang dan setelah melakukan penyesuaian, Hina akhirnya menangkap ikan rejung. Beberapa waktu kemudian, Natsumi datang ke rumah Hina dan Hina membantunya membuat boneka ikan dari kain. Keesokan harinya, Hina mengajari Yūki dan Makoto cara membuat boneka mewah. Hina kemudian mengungkapkan alasan sebenarnya ia tidak bergabung dengan klub kerajinan tangan adalah karena ia terkejut mengetahui bahwa semua anggotanya adalah laki-laki. Hina memberitahu mereka bahwa ia menyukainya dan senang bergabung dengan klub memancing.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Loo, Egan (27 Desember 2019). "Hōkago Teibō Nisshi Fishing Anime's Promo Unveils Main Cast". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Januari 2021. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  2. ^ "STAFF&CAST / TVアニメ「放課後ていぼう日誌」公式サイト". TV Anime Hōkago Teibō Nisshi Kōshiki Site. Diakses tanggal 19 Oktober 2021. 
  3. ^ a b "Diary of Our Days at the Breakwater (TV)". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Oktober 2021. 
  4. ^ a b c "STORY / TVアニメ「放課後ていぼう日誌」公式サイト". TV Anime Hōkago Teibō Nisshi Kōshiki Site (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 7 April 2020. 
  5. ^ a b Sherman, Jennifer (15 April 2019). "Yasuyuki Kosaka's Hōkago Teibō Nisshi Fishing Manga Gets TV Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 November 2021. Diakses tanggal 16 April 2019. 
  6. ^ "放課後ていぼう日誌 / 秋田書店" [Diary of Our Days after School] (dalam bahasa Jepang). Akita Shoten. Diakses tanggal 20 November 2021. 
  7. ^ a b Sherman, Jennifer (6 Juli 2020). "Diary of Our Days at the Breakwater Manga Goes on Hiatus Due to Flooding in Creator's Area". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Agustus 2021. Diakses tanggal 5 November 2020. 
  8. ^ Pineda, Rafael Antonio (20 November 2020). "Diary of Our Days at the Breakwater Manga Goes on Hiatus in December". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Agustus 2021. Diakses tanggal 19 Oktober 2021. 
  9. ^ Pineda, Rafael Antonio (18 Maret 2021). "Diary of Our Days at the Breakwater Manga Resumes in April". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Agustus 2021. Diakses tanggal 19 Oktober 2021. 
  10. ^ "『放課後ていぼう日誌』出演声優に高尾奏音さん・川井田夏海さん・篠原侑さん・明坂聡美さん! PV公開、「釣りフェスティバル2020」情報も到着" (dalam bahasa Jepang). Animate Times. Diakses tanggal 6 Maret 2019. 
  11. ^ Sherman, Jennifer (14 Oktober 2019). "Hōkago Teibō Nisshi Fishing Anime Reveals Staff, Visual, April 2020 Debut". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 November 2021. Diakses tanggal 14 Oktober 2019. 
  12. ^ "Diary of Our Days at the Breakwater". The Music of Visual Arts and Games. April 7, 2020. Diakses tanggal October 9, 2021. 
  13. ^ Pineda, Rafael Antonio (14 April 2020). "Diary of Our Days at the Breakwater Anime Delayed Due to COVID-19 Coronavirus Pandemic". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Agustus 2021. Diakses tanggal 15 April 2020. 
  14. ^ Pineda, Rafael Antonio (1 Juni 2020). "Diary of Our Days at the Breakwater Anime Restarts on July 7 After COVID-19 Delay". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Agustus 2021. Diakses tanggal 7 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]