Tada-kun wa Koi o Shinai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tada-kun wa Koi o Shinai
Visual utama Tada-kun wa Koi o Shinai
多田くんは恋をしない
(Tada-kun wa Koi o Shinai)
GenreKomedi romantis[1]
Seri anime
SutradaraMitsue Yamazaki
Produser
  • Mitsuhiro Ogata
  • Shō Tanaka
  • Tomoyuki Ōwada
  • Aya Iizuka
  • Hidehisa Nagasawa
  • Hajime Kamata
  • Kaori Kimura
  • Yūji Satō
SkenarioYoshiko Nakamura
MusikYukari Hashimoto
StudioDoga Kobo
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, TVA, KBS Kyoto, SUN, TVQ, BS11
Saluran bahasa Inggris
Tayang 5 April 2018 28 Juni 2018
Episode13
 Portal anime dan manga

Tada-kun wa Koi o Shinai (Jepang: 多田くんは恋をしない), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Tada Never Falls in Love, adalah seri televisi anime komedi romantis yang diproduksi oleh Doga Kobo. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 5 April hingga tanggal 28 Juni 2018.[2][3][4] Seri ini mendapatkan lisensi di wilayah Amerika Utara oleh Sentai Filmworks.[5]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Mitsuyoshi Tada adalah seorang pemuda yang tidak pernah mengenal cinta. Ia sedang memotret bunga sakura yang sedang mekar sempurna saat ia bertemu dengan Teresa Wagner, seorang siswa pindahan dari Luksemburg, sebuah negara di Eropa. Tampaknya Teresa berpisah dari teman perjalanannya saat tiba di Jepang, Mitsuyoshi membantunya dan membawanya ke kedai kopi kakeknya. Teman perjalanan dan pengawal Teresa, Alec, tiba dan menghajar Kaoru karena salah paham bahwa Kaoru mengejar Teresa. Mereka menemukan bahwa hotel yang seharusnya mereka tinggali sebenarnya berada di sebelah kedai kopi kakek Mitsuyoshi. Keesokan harinya, Teresa dan Alec mendaftar di sekolah Mitsuyoshi dan berada di kelas yang sama. Alec setuju untuk bergabung dengan klub fotografi atas permintaan Teresa bahwa ia juga ingin mengambil gambar yang bagus. Mitsuyoshi sebenarnya adalah seorang fotografer yang bercita-cita tinggi dan ingin menjadi seperti ayahnya, yang adalah seorang fotografer terkenal. Mitsuyoshi kehilangan orang tuanya dalam kecelakaan mobil saat ia masih kecil. Hanya satu-satunya foto terakhir yang diambil dan kamera milik ayahnya yang kembali. Cerita berfokus pada petualangan Mitsuyoshi dan teman-temannya dan membangun hubungan mereka.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Mitsuyoshi Tada (多田 光良, Tada Mitsuyoshi)
Pengisi suara: Yūichi Nakamura[1]
Seorang siswa tahun kedua di SMA Koinoboshi yang bergabung dengan Universitas Ginga. Ia menjadi anggota klub fotografi. Ia kehilangan orang tuanya 10 tahun yang lalu dalam sebuah kecelakaan dan tinggal bersama kakeknya di kedai kopi Tada sambil membantu adiknya, Yui. Ia bercita-cita menjadi fotografer yang sama dengan mendiang ayahnya. Ia dicintai oleh orang lain karena ia pendiam namun tulus dan dapat memperhatikan orang lain. Ia bisa berfotografi tema pemandangan, tetapi ia buruk di tempat tinggi dan pesawat terbang. Ia menggunakan Nikon D7200. Ia lahir pada tanggal 7 Mei dan bergolongan darah B. Di akhir anime, ia dan Teresa menjadi pasangan kekasih.
Teresa Wagner (テレサ・ワーグナー, Teresa Wāgunā) / Teresa de Luxemburg (テレサ・ドゥ・ラルセンブルク, Teresa do Rarusenburuku)
Pengisi suara: Manaka Iwami[1]
Putri Luksemburg dan pewaris takhta ratu. Ia datang ke luar negeri ke Jepang sebagai siswa pertukaran dan bertemu dengan Mitsuyoshi saat bepergian dan berakhir di sekolahnya. Ia penggemar berat seri televisi fiksi Rainbow Shogun. Ia gadis yang energik tetapi juga bebal. Ia tinggal di Grand Palace Ginza, sebuah hotel di sebelah kafe Mitsuyoshi dengan pengawalnya, Alec. Tidak ada yang tahu tentangnya sebagai pewaris takhta ratu di Jepang. Selama perkenalannya dengan keluarga Tada, ia menyelipkan suku kata yang menyebutkan namanya sebagai "Teresa du-" sebelum mengoreksi dirinya sendiri dan mengatakan "Teresa Wagner". Untuk anggota keluarga kerajaan, ia realistis dalam harapannya dan tidak menunjukkan kesombongan. Ia memiliki senyum yang menghangatkan hati seperti yang ditunjukkan di anime. Ia memiliki rambut pirang dan mata hijau. Charles adalah tunangannya. Ia memberitahu Alec bahwa ia tidak melupakan tanggung jawabnya terhadap Luksemburg dan bahwa ia akan segera menjadi ratu dan juga menikahi Charles setelah ia kembali ke negara asalnya. Ia, bagaimanapun, mengaku telah jatuh cinta dengan Mitsuyoshi. Ia bingung dan menangis ketika ia tidak bisa mengendalikan tindakan kasih sayangnya terhadap Mitsuyoshi karena bertentangan dengan tanggung jawabnya terhadap negaranya. Di akhir anime, ia dan Mitsuyoshi menjadi pasangan kekasih.
Alexandra Magritte (アレクサンドラ・マグリット, Arekusandora Maguritto)
Pengisi suara: Shino Shimoji[1]
Asisten dan pengawal Teresa yang juga bersekolah bersama Teresa dan telah berteman dengannya sejak kecil. Biasa dipanggil Alec, ia sangat melindungi Teresa terkait aktivitas yang dilakukannya dan orang-orang yang berinteraksi dengannya, meskipun ia memiliki kelemahan ketika Teresa meminta sesuatu padanya. Ia selalu berseteru dengan Kaoru karena kegenitan Kaoru saat berinteraksi dengan Teresa. Ia berambut merah. Sepanjang seri, perlahan terungkap bahwa ia menyembunyikan perasaan untuk Charles demi menghormati Teresa.
Kaoru Ijūin (伊集院 薫, Ijūin Kaoru)
Pengisi suara: Mamoru Miyano[1]
Sahabat Mitsuyoshi, teman sekelas dan sesama anggota klub fotografi. Ia siswa populer di kalangan perempuan dan seorang narsisis yang tidak bisa menahan keinginan untuk memotret dirinya sendiri dan pamer dengan gadis-gadis. Ia takut terhadap Alec setelah Alec menghajarnya karena Alec percaya bahwa ia mengejar Teresa. Keluarganya memiliki sebuah restoran tua bergaya Jepang, yang memungkinkannya untuk mengasah keterampilan memasaknya ke titik di mana ia bisa memasak untuk pesta teman-temannya.
Hajime Sugimoto (杉本 一, Sugimoto Hajime)
Pengisi suara: Yūichirō Umehara,[1] Tomokazu Sugita[6][a]
Ketua klub fotografi. Ia memiliki kesukaan pribadi terhadap gadis-gadis dan keinginan untuk memotret mereka telanjang di luar apapun. Ia tampaknya dekat dengan Hinako karena mereka berdua saling kenal dan juga sering bertengkar. Ia penggemar berat dari idola yang bernama HINA dan memiliki banyak koleksi merchandise-nya, tetapi ia tidak menyadari bahwa HINA sebenarnya adalah Hinako. Ia terbukti cabul dan dipanggil Senior Pin oleh anggota klub.
Hinako Hasegawa (長谷川 日向子, Hasegawa Hinako)
Pengisi suara: Shizuka Ishigami[1]
Ketua kelas dari kelas Mitsuyoshi. Ia juga anggota klub fotografi meskipun ia kebanyakan adalah model sehingga klub tidak ditutup. Ia tampak dekat dengan Hajime saat ia memanggil Hajime dengan santai meskipun mereka berdua sering bertengkar. Ia gadis yang rajin, tetapi ia diam-diam adalah idola yang bernama HINA, yang sangat dikagumi Hajime, sebuah fakta yang tidak disadari oleh Hajime. Identitasnya sebagai HINA hanya diketahui oleh Alec dan Teresa, sementara Charles juga tampaknya curiga dan berpikiran sama.
Kentarō Yamashita (山下 研太郎, Yamashita Kentarō)
Pengisi suara: Hiro Shimono[1]
Siswa tahun pertama di sekolah Mitsuyoshi. Ia dijuluki "Anjing Yamashita" karena ia selalu menanggapi sentilan jari Mitsuyoshi. Ia juga berperilaku seperti anjing. Ia menyukai seorang wanita pemilik salon kecantikan yang menjadi tetangganya, meskipun wanita itu hanya menganggapnya sebagai adik laki-lakinya.
Yui Tada (多田 ゆい, Tada Yui)
Pengisi suara: Inori Minase[1]
Adik perempuan Mitsuyoshi yang bekerja di kedai kopi keluarga mereka. Ia menyukai Kentarō.
Charles de Loire (シャルル・ド・ロワール, Sharuru do Rowāru)
Pengisi suara: Takahiro Sakurai[7]
Seorang pemuda tampan berambut pirang. Ia adalah bangsawan berketurunan Prancis. Ia telah berhubungan dengan Teresa sejak mereka masih kecil. Di episode 6, ia dijodohkan dan menjadi tunangan Teresa, sebuah fakta yang tidak diketahui semua orang kecuali Teresa, Alec dan Charles sendiri. Ia diperkenalkan kepada semua anggota klub fotografi sebagai teman masa kecil Teresa dan berhubungan baik dengan semua orang di sana. Ia ditakdirkan untuk menjadi Raja Luksemburg dengan menikahi Teresa. Saat ini, ia adalah seorang mahasiswa dan juga mengelola perusahaan tertentu. Saat berdiskusi dengan Mitsuyoshi dan Kaoru, ia mengaku pernah jatuh cinta saat menatap Teresa.
Nyanko Big (ニャンコビッグ, Nyankobiggu)
Pengisi suara: Ari Ozawa / Akio Ōtsuka (suara hati)
Seekor kucing liar yang ditemukan dan diadopsi oleh Mitsuyoshi 10 tahun yang lalu. Ia bangga pada Mitsuyoshi karena ia telah memandang Mitsuyoshi tumbuh dewasa dan berusaha meraih mimpinya untuk menjadi seorang fotografer. Ia sangat membenci Kaoru. Ia memiliki blog pribadi di mana Mitsuyoshi memposting foto dan menulis tentang pertemuannya sehari-hari dengan Kaoru. Di episode 3, ia jatuh cinta pada Cherry, kucing dari pemilik salon kecantikan.

Produksi dan pengembangan[sunting | sunting sumber]

Seri televisi anime ini diproduksi oleh Doga Kobo ditayangkan mulai tanggal 5 April hingga tanggal 28 Juni 2018.[8][9] Seri ini disutradarai oleh Mitsue Yamazaki, dengan komposisi seri oleh Yoshiko Nakamura, desain karakter oleh Junichiro Taniguchi dan musik oleh Yukari Hashimoto. Lagu pembukanya adalah "Otomodachi Film" (オトモダチフィルム, Otomodachi Firumu) yang dibawakan oleh Masayoshi Ōishi, sedangkan lagu penutupnya adalah cover dari lagu Sambo Master, "Love Song" (ラブソング, Rabu Songu), yang dibawakan oleh Manaka Iwami sebagai karakternya Teresa Wagner. Sentai Filmworks telah melisensikan seri ini dan menayangkannya di Hidive.[5]

No.Judul [b]Tanggal tayang asli
1"I Can't Just Leave You"
Transkripsi: "Hottokenaidaro" (ほっとけないだろ)
5 April 2018 (2018-04-05)
Mitsuyoshi Tada, seorang pemuda yang datang untuk memotret bunga sakura yang sedang mekar sempurna dengan kamera di tangannya, bertemu dengan seorang gadis asing, Teresa Wagner. Teresa, yang pernah belajar di luar negeri dari negara yang disebut Luksemburg di Eropa, hilang begitu tiba di Jepang dan terpisah dari temannya yang datang bersamanya. Mitsuyoshi, yang membantu Teresa karena keadaannya, membawanya ke kedai kopi Tada di Ginza, Tokyo, tempat kakeknya bekerja.
2"Well, She's Not Wrong"
Transkripsi: "Mā, Machigatcha Inai" (まあ、間違っちゃいない)
12 April 2018 (2018-04-12)
Teresa dan pengawalnya, Alexandra Magritte, biasa dipanggil Alec, datang ke SMA Koinoboshi yang terhubung dengan Universitas Ginga, tempat Mitsuyoshi dan teman masa kecilnya, Kaoru Ijūin, bersekolah. Karena ada peraturan sekolah bahwa siswa SMA Koinoboshi wajib mengikuti kegiatan klub, mereka berdua mengunjungi berbagai klub bersama Hinako Hasegawa, si ketua kelas, dan Mitsuyoshi. Datang ke klub fotografi, ketua klub, Hajime Sugimoto, berteriak.
3"You Love That"
Transkripsi: "Sore, Sukida nā" (それ、好きだなあ)
19 April 2018 (2018-04-19)
Maskot kedai kopi Tada adalah kucing keluarga Tada. Nyanko Big, kucing populer yang juga aktif di blog sebagai Nyanko Big yang menakutkan. Ketika ia masih anak kucing, Mitsuyoshi menggendongnya saat ia sedang mengeong di taman. Bagi Nyanko Big, Mitsuyoshi adalah penyelamat dan harus diawasi demi mendiang orang tua Mitsuyoshi. Seperti biasa hari ini, Nyanko Big mulai beraksi membangunkan Mitsuyoshi yang masih tertidur.
4"I'll Pretend I Didn't See This..."
Transkripsi: "Mina katta koto ni shiyō......" (見なかったことにしよう......)
26 April 2018 (2018-04-26)
Hajime Sugimoto, ketua klub fotografi, biasa dipanggil Senior Pin, sedang hiruk-pikuk. Hal ini dikarenakan ia memenangkan undian penyerahan photobook pertama oleh HINA, seorang idola yang dicintainya. HINA tidak pernah muncul di depan umum sampai sekarang. Hajime memiliki kesempatan berharga untuk bertemu dengannya secara langsung, tetapi ketika ia membayangkan ia akan bertemu dengannya, Senior Pin gugup dan gemetar hingga tidak bisa berbicara apa-apa. Mitsuyoshi mengusulkan untuk berlatih pertemuan dengan HINA untuk saat ini.
5"It's Okay. They Don't Exist"
Transkripsi: "Daijōbu da. Inai kara" (大丈夫だ。いないから)
3 Mei 2018 (2018-05-03)
Hari "Pertunjukan Kaoru Ijūin ke-10" yang tak terlupakan telah tiba. "Pertunjukan Kaoru Ijūin" seperti pesta menyenangkan di mana Kaoru menyelenggarakan berbagai acara setiap tahun dan menyambut Mitsuyoshi dan Yui di kedai kopi Tada. Sejak bergabung dengan klub fotografi, Hajime dan Hinako juga ikut berpartisipasi. Dengan tambahan Teresa, Alec dan Kentarō Yamashita tahun ini, Kaoru yang lebih antusias telah menyiapkan proyek khusus.
6"I'm Not a Rain-bringer"
Transkripsi: "Ame Otoko, Janai zo" (雨男、じゃないぞ)
10 Mei 2018 (2018-05-10)
Mengambil keuntungan dari liburan musim panas universitas, teman masa kecil Teresa, Charles de Loire, datang ke Jepang. Charles juga mengunjungi SMA Koinoboshi, mengatakan bahwa ia ingin melihat Teresa di Jepang. Para anggota klub fotografi pada awalnya gugup, tetapi Charles adalah orang yang baik sehingga ia dapat segera mengenal mereka. Keesokan harinya, Mitsuyoshi kebetulan melihatnya di sebuah pesta yang diundang oleh Kaoru. Di sebelahnya, ada Teresa dan Alec yang berpakaian indah.
7"It's Better Than Crying"
Transkripsi: "Nakareru yori wa īdaro" (泣かれるよりはいいだろ)
17 Mei 2018 (2018-05-17)
Suatu hari, Nyanko Big menghilang saat keluar. Mitsuyoshi bertanya-tanya apakah sesuatu yang sulit telah terjadi karena Nyanko Big belum menyentuh makanan yang biasanya tidak akan ditinggalkannya, dan Mitsuyoshi tidak dapat menemukannya, sedangkan Yui sedang terburu-buru. Sambil menenangkan Yui untuk tidak khawatir karena Nyanko Big, Mitsuyoshi dan teman-temannya pergi mencari Nyanko Big.
8"Did You Say You Were a Rain-bringer?"
Transkripsi: "Ame Onna dattakke?" (雨女だったっけ?)
24 Mei 2018 (2018-05-24)
Semua anggota klub fotografi datang ke kamp pelatihan semalam di mobil yang dikendarai oleh Charles untuk memotret bintang-bintang demi kompetisi fotografi. Namun sayangnya, langit sedikit mendung. Gambar bintang-bintang diambil dari tengah malam hingga fajar sehingga Mitsuyoshi berdoa ke kuil agar awan cerah saat itu. Mitsuyoshi dan teman-temannya, yang membuat keberuntungan di sana, bersemangat tentang kisah cinta, sedangkan Teresa diliputi oleh keberuntungan yang tertulis.
9"I Don't Have One Now..."
Transkripsi: "Ima wa, mō, nai......" (今は、もう、ない......)
31 Mei 2018 (2018-05-31)
Teresa melihat Charles pulang ke rumah bersama Alec di bandara. Ia tidak bisa melanjutkan kata-katanya di sana karena ia sekali lagi diminta oleh Alec untuk kesiapannya. Malam itu, Teresa mengingat kata-kata pelayannya, Rachel, ketika ia memutuskan untuk belajar di luar negeri di Jepang. Ia sekarang khawatir bahwa ia bahkan tidak memikirkannya saat itu. Tetapi ia memutuskan untuk bertindak seolah-olah ia tidak melakukan apa-apa dan ia akan bekerja keras untuk semester baru keesokan harinya.
10"It Isn't the Real One"
Transkripsi: "Honmono, Janai yo na" (本物、じゃないよな)
7 Juni 2018 (2018-06-07)
Di bawah Tokyo Star Tree, Mitsuyoshi dan Teresa datang ke acara "Pameran Rainbow Shogun" untuk memperingati 40 tahun Rainbow Shogun. Mereka berdua pergi ke berbagai atraksi yang berhubungan dengan Rainbow Shogun dan bersenang-senang. Saat mereka menaiki Tokyo Star Tree, matahari bersembunyi dan hujan turun. Melihat hujan, Mitsuyoshi tiba-tiba mulai memberitahu Teresa tentang hari orang tuanya mengalami kecelakaan.
11"Not Really"
Transkripsi: "Tokuni wa Nani mo" (特には何も)
14 Juni 2018 (2018-06-14)
Teresa dan Alec tiba-tiba kembali ke Luksemburg tanpa memberitahu Mitsuyoshi dan teman-teman lainnya. Kaoru membunyikan lonceng di kamar Grand Palace Ginza tempat Alec dan Teresa tinggal, tetapi tidak ada jawaban dan Hinako tidak dapat menelepon mereka berdua. Mitsuyoshi dan teman-temannya tertekan karena mereka bahkan tidak bisa menghubunginya tanpa mengetahui apa yang terjadi. Setelah itu, tidak ada kontak dari Teresa dan Alec, maka musim dingin mulai datang.
12"Sorry for Surprising You..."
Transkripsi: "......Totsuzen, Gomen" (……突然、ごめん)
21 Juni 2018 (2018-06-21)
Mitsuyoshi berhasil tiba di Luksemburg setelah naik pesawat dengan tekad mati. Ia mengistirahatkan tubuhnya yang kelelahan dan menuju pria yang dikenalnya. Tepat sebelum Natal, kota yang didekorasi dengan indah dan tempat Teresa tiba melalui pasar Natal adalah istana yang indah. Namun, gerbangnya tertutup rapat dan Mitsuyoshi tidak tahu harus masuk ke mana. Ia berkeliaran tanpa menyerah dan akhirnya dipanggil dari belakang oleh Rachel.
13"I'll Never Forget It, Either"
Transkripsi: "Ore mo, Isshō, Wasurenai" (俺も、一生、忘れない)
28 Juni 2018 (2018-06-28)
Mitsuyoshi terkejut oleh kebenaran yang diungkapkan oleh Teresa. Ia bahkan tidak bisa mengatakan apa yang ingin dikatakannya ketika ia diberitahu bahwa semuanya telah diputuskan sejak Teresa lahir. Kaoru bergegas untuk melihat apakah Mitsuyoshi baik-baik saja, tetapi Mitsuyoshi mengatakan kepadanya bahwa ia tidak tahu harus berkata apa. Dan ia berkata bahwa hal itu sangat menjengkelkan untuk diceritakan. Kaoru memukul Mitsuyoshi dengan pikiran yang disembunyikannya di dalam hatinya.

Media lain[sunting | sunting sumber]

Adaptasi novel yang berjudul Tada-kun wa Koi o Shinai Teresa Wagner no Jijō (多田くんは恋をしない テレサ・ワーグナーの事情, Tada-kun wa Koi o Shinai Teresa Wāgunā no Jijō) diterbitkan oleh Kadokawa di bawah percetakan Kadokawa Beans Bunko pada tanggal 1 Juni 2018.[10]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Karena Yūichirō Umehara sakit, mulai episode 11-13, Tomokazu Sugita menyuarakan karakter tersebut.
  2. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Hidive.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i "Monthly Girls' Nozaki-kun Staff's Original Tada-kun wa Koi o Shinai Anime Reveals Cast, Story". Anime News Network. 2 November 2017. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  2. ^ "Monthly Girls' Nozaki-kun Staff Makes 2018 Original Romance TV Anime Tada-kun wa Koi wo Shinai". Anime News Network. 30 September 2017. Diakses tanggal 25 November 2017. 
  3. ^ "Original Tada-kun wa Koi wo Shinai Anime Reveals New Visual". Anime News Network. 28 Desember 2017. Diakses tanggal 31 Desember 2017. 
  4. ^ "Tada-kun wa Koi wo Shinai Reveals New Visual, Website Updates, and Broadcast Time". MANGA.TOKYO. 1 Maret 2018. Diakses tanggal 1 Maret 2018. 
  5. ^ a b "Sentai Filmworks Licenses Tada Never Falls In Love Anime (Update)". Anime News Network. 29 Maret 2018. Diakses tanggal 27 April 2018. 
  6. ^ "Tada Never Falls in Love Anime Replaces Yuichiro Umehara With Tomokazu Sugita". Anime News Network. 12 Juni 2018. Diakses tanggal 12 Juni 2018. 
  7. ^ "Tada Never Falls in Love Introduces new Charming Character for Episode 3". MANGA.TOKYO. 13 April 2018. Diakses tanggal 13 April 2018. 
  8. ^ Pineda, Rafael Antonio (6 April 2018). "Tada Never Falls in Love Anime Listed With 12 Episodes". Anime News Network. Diakses tanggal 6 April 2018. 
  9. ^ "Blu-ray&DVD" (dalam bahasa Jepang). Tadakoi Partners. Diakses tanggal 8 Juni 2018. 
  10. ^ "多田くんは恋をしない テレサ・ワーグナーの事情:ライトノベル" (dalam bahasa Jepang). Kadokawa Corporation. Diakses tanggal 4 Februari 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]