Koisuru Asteroid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koisuru Asteroid
Sampul manga volume pertama oleh Houbunsha
恋する小惑星
(Koisuru Asuteroido)
GenrePenggalan kehidupan[1]
Manga
PengarangQuro
PenerbitHoubunsha
MajalahManga Time Kirara Carat
DemografiSeinen
TerbitJanuari 2017 – sekarang
Volume4
Seri anime
SutradaraDaisuke Hiramaki
SkenarioYuka Yamada
MusikTakurō Iga
StudioDoga Kobo
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, Sun TV, KBS Kyoto, TVA, BS11
Tayang 3 Januari 2020 27 Maret 2020
Episode12
 Portal anime dan manga

Koisuru Asteroid (Jepang: 恋する小惑星アステロイド, Hepburn: Koisuru Asuteroido), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Asteroid in Love, adalah seri manga empat panel Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Quro. Manga ini dimuat di majalah manga seinen milik Houbunsha, Manga Time Kirara Carat, mulai edisi Januari 2017. Manga ini telah diterbitkan dalam empat volume tankōbon. Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diproduksi oleh Doga Kobo dan ditayangkan mulai tanggal 3 Januari hingga tanggal 27 Maret 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Selama masa kecilnya, seorang gadis bernama Mira Konohata berteman dengan seorang anak laki-laki bernama Ao Manaka dan membuat janji dengannya untuk menemukan asteroid. Saat memasuki SMA, Mira bergabung dengan klub ilmu bumi, penggabungan klub astronomi dengan klub geologi sekolah, dan bertemu kembali dengan Ao, yang sebenarnya adalah seorang gadis. Bersama rekan anggota klub, Mira dan Ao mengambil bagian dalam berbagai kegiatan astronomi dan geologi dengan harapan suatu hari nanti menemukan asteroid.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Mira Konohata (木ノ幡 みら, Konohata Mira)
Pengisi suara: Tomoyo Takayanagi[2]
Karakter protagonis utama, yang bergabung dengan klub ilmu bumi di tahun pertamanya dan menjadi wakil presiden di tahun keduanya. Ia tertarik pada astronomi setelah bertemu Ao saat mereka masih kecil dan bertekad untuk menemukan asteroid bersamanya.
Ao Manaka (真中 あお, Manaka Ao)
Pengisi suara: Megumi Yamaguchi[2]
Seorang fanatik astronomi yang awalnya disangka Mira sebagai laki-laki saat masih kecil. Ia menjadi bendahara klub di tahun keduanya ketika ia juga pindah dengan Mira untuk memenuhi mimpinya bersamanya saat orang tuanya pergi.
Mai Inose (猪瀬 舞, Inose Mai)
Pengisi suara: Maria Sashide[2]
Anggota klub ilmu bumi dan mantan anggota klub geologi, dijuluki "Ino-senpai", yang menjadi ketua klub baru setelah Mari mengundurkan diri. Ia diam-diam menyukai Sayuri Ibe.
Mikage Sakurai (桜井 美景, Sakurai Mikage)
Pengisi suara: Nao Tōyama[2]
Wakil ketua klub ilmu bumi sebelum kelulusan dan mantan ketua klub geologi yang dijuluki "Sakura".
Mari Morino (森野 真理, Morino Mari)
Pengisi suara: Sumire Uesaka[2]
Ketua klub ilmu bumi sebelum kelulusan dan mantan ketua klub astronomi, dijuluki "Monroe-senpai". Ia bercita-cita menjadi astronot.
Moe Suzuya (鈴矢 萌, Suzuya Moe)
Pengisi suara: Reina Ueda
Teman masa kecil Mira, dijuluki "Suzu" untuk sementara waktu. Ia sangat menyukai gadis-gadis dan naksir Misa. Keluarganya memiliki toko roti.
Yuki Endō (遠藤 幸, Endō Yuki)
Pengisi suara: Lynn
Penasihat klub ilmu bumi.
Yuu Nanami (七海 悠, Nanami Yuu)
Pengisi suara: Sumire Morohoshi
Seorang gadis yang bergabung dengan klub di tahun kedua Mira, dijuluki "Nana". Ia ingin mengejar meteorologi untuk membantu orang lain setelah melihat bibinya menderita akibat banjir.
Chikage Sakurai (桜井 千景, Sakurai Chikage)
Pengisi suara: Konomi Kohara
Adik perempuan Mikage, dijuluki "Chika", yang bergabung dengan klub ilmu bumi setelah Mikage lulus. Ia berbagi antusiasme kakaknya untuk geologi.
Misa Konohata (木ノ幡 みさ, Konohata Misa)
Pengisi suara: Mai Fuchigami
Kakak perempuan Mira yang menjadi ketua OSIS hingga ia lulus.
Megu Suzuya (鈴矢 芽, Suzuya Megu)
Pengisi suara: Natsu Yorita
Adik perempuan Moe Suzuya.
Sayuri Ibe (伊部 小百合, Ibe Sayuri)
Pengisi suara: Aoi Koga
Ketua klub surat kabar dan sahabat Mai, yang lebih suka dijuluki "Eve".
Ayano Usami (宇佐美 綾乃, Usami Ayano)
Pengisi suara: Megumi Nakajima
Anggota klub surat kabar dan teman sekelas Ao.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

No.Tanggal rilis ISBN
1 27 Maret 2018[3]ISBN 978-4-83-224936-3
2 27 Mei 2019[3]ISBN 978-4-83-227095-4
3 27 Februari 2020[3]ISBN 978-4-83-227167-8
4 27 Mei 2021[3]ISBN 978-4-83-227277-4

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diumumkan dalam Manga Time Kirara Carat edisi April 2019 pada tanggal 28 Februari 2019.[4] Seri ini diproduksi oleh Doga Kobo dan disutradarai oleh Daisuke Hiramaki, dengan Yuka Yamada menulis naskah, Jun Yamazaki mendesain karakter dan Takurō Iga menyusun musik seri ini. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 3 Januari hingga tanggal 27 Maret 2020 di AT-X, Tokyo MX, Sun TV, KBS Kyoto, TVA dan BS11.[5] Nao Tōyama membawakan lagu tema pembuka seri ini yang berjudul "Aruiteikō!" (歩いていこう!, Let's Walk There!), sedangkan Minori Suzuki membawakan lagu tema penutup seri ini yang berjudul "Yozora" (夜空, Night Sky).[6] Seri ini berjalan selama 12 episode.[7] Crunchyroll menayangkan seri ini dengan teks bahasa Inggris, sementara Funimation mulai menayangkan versi terjemahan bahasa Inggris mulai tanggal 6 Maret 2020.[8]

No.Judul [9][a]Tanggal tayang asli
1"Their Promise"
Transkripsi: "Futari no Yakusoku" (二人の約束)
3 Januari 2020 (2020-01-03)
Beberapa tahun yang lalu, Mira Konohata berteman dengan seorang anak laki-laki dan berjanji untuk menemukan asteroid bersama. Saat memasuki SMA, Mira mengetahui bahwa klub astronomi telah bergabung dengan klub geologi untuk membentuk klub ilmu bumi. Setelah memeriksa klub dan bertemu anggotanya, Mira bertemu kembali dengan anak laki-laki yang ditemuinya kembali, Ao Manaka, yang ternyata perempuan. Saat Mira dan Ao berusaha untuk berbicara satu sama lain dengan cara yang sama seperti dulu, Ao mendapat beberapa saran dari teman Mira, Moe "Suzu" Suzuya, membantu mereka berdiskusi tentang Merkurius nanti malam. Dengan klub yang membutuhkan kegiatan untuk meningkatkan anggaran mereka, Mai Inose menyarankan agar mereka membuat buletin yang mencakup astronomi dan geologi.
2"The Riverside Milky Way"
Transkripsi: "Kawara no Amanogawa" (河原の天の川)
10 Januari 2020 (2020-01-10)
Klub ilmu bumi pergi barbeque di tepi sungai untuk mengumpulkan berbagai jenis batu sebelum melihat planet melalui teleskop, berhasil melihat sekilas bintang jatuh. Kemudian, saat Mira berusaha memikirkan artikel untuk buletin, saran dari Ao memberinya ide untuk mengubah artikelnya menjadi manga. Setelah edisi pertama yang sukses, para gadis pergi ke spa sumber air panas untuk merayakannya.
3"Memories Are Treasures"
Transkripsi: "Omoide wa Takaramono" (思い出はたからもの)
17 Januari 2020 (2020-01-17)
Ao datang ke rumah Mira untuk belajar tes rias di mana ia diperkenalkan dengan kakak perempuan Mira, Misa. Setelah itu, Mira dan Ao bekerja paruh waktu di toko roti Suzu di mana mereka dibantu oleh adik perempuan Suzu, Megu. Kemudian, Mira dan Ao bertemu dengan sesama anggota klub Mai Inose saat ia dan Suzu mengambil bagian dalam hobinya mengikuti peta. Mai Inose menggambar peta harta karun untuk diikuti Mira, Ao dan Suzu, membawa mereka melewati beberapa tanda sekolah.
4"Exciting! Summer Camp!"
Transkripsi: "Wakuwaku! Natsu Gasshuku!" (わくわく! 夏合宿!)
24 Januari 2020 (2020-01-24)
Saat perkemahan musim panas klub ilmu bumi, penasihat klub Yuki Endō membawa semua anggotanya ke tempat neneknya, dalam jarak yang sangat jauh dari beberapa sorotan geologis dan astronomis. Gadis-gadis itu pertama kali mengunjungi museum geologi di mana Mira membawa apa yang diyakini sebagai fosil yang ditemukannya selama barbeque untuk dinilai. Ia belajar bahwa apa yang ditemukannya, meskipun awalnya tampak seperti dendrit, memang mengandung beberapa elemen kecil yang membuatnya menjadi fosil asli. Keesokan harinya, mereka mengunjungi Pusat Luar Angkasa JAXA di mana Mira dan Ao mencoba menemukan petunjuk tentang cara menemukan asteroid. Setelah itu, mereka melihat beberapa bintang dan belajar tentang kontes yang baru saja mereka lewatkan tenggat waktu. Pada hari terakhir, para gadis membawa Mai ke museum peta di mana Yuki merefleksikan ketertarikannya pada ruang angkasa di masa lalu.
5"Everyone's Summer Break"
Transkripsi: "Sorezore no Natsuyasumi" (それぞれの夏休み)
31 Januari 2020 (2020-01-31)
Gadis-gadis itu pergi ke pantai bersama di mana Suzu cemburu pada Ao yang begitu dekat dengan Mira dan menantangnya untuk mengikuti kontes demi menentukan siapa sahabatnya. Keesokan harinya, Mira pergi ke pertunjukan mineral dengan wakil ketua klub Mikage Sakurai, yang memiliki kekhawatiran tentang tujuan seperti apa yang harus dimiliki untuk masa depan. Kemudian, gadis-gadis itu bertemu dengan anggota klub surat kabar, Sayuri Ibe dan Ayano Usami, yang akhirnya membantu mereka memutuskan untuk membuat kafe ilmu bumi untuk festival budaya.
6"Hoshizaki Festival!"
Transkripsi: "Hoshizaki-sai!" (星咲祭!)
7 Februari 2020 (2020-02-07)
Berkat bantuan yang diberikan oleh klub surat kabar, Mikage dan Mai berhasil mendapatkan sampel inti dari halaman sekolah untuk festival budaya. Sementara itu, Mira dan Ao mengerjakan alat peraga dengan ketua klub Mari Morino, mengetahui bagaimana ia mendapatkan minatnya pada astronomi dari neneknya. Pada hari festival budaya, kafe klub ilmu bumi terbukti menjadi tempat yang baik bagi pelanggan. Setelah festival berakhir, Mari dan Mikage mengumumkan bahwa mereka mengundurkan diri sebagai ketua dan wakil ketua serta menunjuk Mai sebagai ketua klub selanjutnya.
6.5"Sparkle's Special Issue"
Transkripsi: "KiraKira Tokubetsu-gō" (KiraKira特別号)
14 Februari 2020 (2020-02-14)
Mengulas episode 1 hingga episode 6.
7"The Starry Sky is a Time Machine"
Transkripsi: "Hoshizora wa Taimu Mashin" (星空はタイムマシン)
21 Februari 2020 (2020-02-21)
Klub ilmu bumi ditugaskan untuk membantu di acara pengamatan bintang anak-anak, tugas pertama klub dengan Mai sebagai ketua. Saat Suzu dan Megu membantu teman-teman lain mengendalikan anak-anak, seorang gadis bernama Haruka tampaknya tidak tertarik hingga Ao memberitahunya tentang bagaimana bintang-bintang mewakili sejarah alam semesta. Keesokan harinya, Ao terserang flu sehingga Mira dan Mai datang mengunjunginya. Kemudian, saat Mari dan Mikage fokus pada ujian mereka, Mai memutuskan untuk mengambil inisiatif dan mendaftar untuk sebuah kompetisi.
8"Winter Diamond"
Transkripsi: "Fuyu no Daiyamondo" (冬のダイヤモンド)
28 Februari 2020 (2020-02-28)
Mai mencoba ikut Olimpiade Ilmu Bumi di mana ia berteman dengan peserta ujian lain bernama Saeki, merasa bahagia meskipun ia gagal dalam ujian. Kemudian, klub ilmu bumi mengadakan pesta Natal di mana Mari dan Mikage memberikan album foto waktu mereka bersama kepada anggota klub. Selama kunjungan kuil saat tahun baru, Ao mengungkapkan bahwa ia dijadwalkan untuk pindah dengan ayahnya pada bulan Maret karena pekerjaannya. Saat klub mencoba mencari ide tentang bagaimana Ao dan Mira dapat melanjutkan mimpi mereka, Misa, yang pindah dari kamarnya ketika ia lulus, mengusulkan agar Ao mencoba meyakinkan orang tuanya untuk membiarkannya tinggal bersama Mira.
9"True Feelings"
Transkripsi: "Hontō no Kimochi" (本当の気持ち)
6 Maret 2020 (2020-03-06)
Dengan dukungan teman-teman mereka, Ao dan Mira berhasil meyakinkan orang tua mereka untuk membiarkan mereka bersama. Kemudian, Mikage meminta Suzu untuk membantunya membuat cokelat Valentine kepada semua anggota klub, mendorongnya untuk memberikan cokelatnya sendiri kepada Misa. Pada hari kelulusan, semua anggota klub memberi Mikage dan Mari beberapa hadiah kelulusan dan anggota terakhir kemudian menyadari betapa ia benar-benar menikmati klub ilmu bumi. Saat Ao pindah ke rumah keluarga Konohata saat liburan musim semi, ia berdebat dengan Mira setelah ia memeriksa barang bawaannya, tetapi mereka dengan cepat berbaikan.
10"Rain With Occasional Fortune Telling"
Transkripsi: "Ame Tokidoki Uranai" (雨ときどき占い)
13 Maret 2020 (2020-03-13)
Saat tahun ajaran baru dimulai, klub ilmu bumi segera mendapatkan dua anggota baru, Yuu Nanami dan adik perempuan Mikage, Chikage, yang sebelumnya ingin mengejar ilmu meteorologi. Klub ilmu bumi berencana mengadakan barbekyu lagi untuk anggota baru, meskipun hari itu terhambat oleh hujan. Yuu mengungkapkan bahwa ia ingin belajar meteorologi untuk membantu orang lain setelah bibinya menderita akibat banjir. Namun, ketika hujan berhenti, Yuu berhasil menenangkan diri saat melihat pelangi. Kemudian, Mira berhasil mengikuti kontes Tantangan Bintang Cemerlang yang mereka lewatkan tahun lalu, tetapi Ao gagal, meninggalkan Mira pergi ke Okinawa sendirian. Namun, ketika ia dan Yuki tiba di sana, mereka menemukan bahwa Ao telah mengikuti mereka.
11"Shining Star Challenge!"
Transkripsi: "Kiraboshi Charenji!" (きら星チャレンジ!)
20 Maret 2020 (2020-03-20)
Yuki berhasil meyakinkan penyelenggara acara untuk membiarkan Ao mengamati, sedangkan Mira berteman dengan sesama peserta bernama Asuka Tomori dan Shiho Makita. Kembali ke rumah, Mikage dan Mari menemani anggota klub ilmu bumi yang tersisa di perkemahan musim panas lainnya ke JAXA. Saat cuaca mendung meredam pengamatan mereka terhadap asteroid, mereka mendengar tentang waktu Yuki mengambil bagian dalam Tantangan Bintang Cemerlang di mana ia dipengaruhi oleh peserta lain, Mishima. Keesokan harinya, cuaca cerah, memperkuat tekad Mira dan Ao untuk menemukan asteroid.
12"Connected Cosmos"
Transkripsi: "Tsunagaru Uchū" (つながる宇宙)
27 Maret 2020 (2020-03-27)
Sambil melihat bintang-bintang, Mira dan Ao mendiskusikan impian apa yang akan mereka kejar ketika mereka mencapai impian mereka saat ini. Pada pemotretan asteroid putaran kedua, Ao melihat sesuatu yang bergerak yang pada akhirnya ternyata adalah asteroid yang diketahui. Meskipun begitu, Mira dan Ao masih merasa telah mendapatkan banyak pengalaman dan menjadi lebih termotivasi untuk mencapai tujuan mereka. Sekembalinya ke rumah, mereka berdua berbagi pengalaman dengan anggota klub lainnya dan menghabiskan malam dengan melihat bintang bersama.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komatsu, Mikikazu. "TV Anime Koisuru Asteroid 1st PV Announces Its Five Main Voice Cast". Crunchyroll. Diakses tanggal 31 Oktober 2019. 
  2. ^ a b c d e "Koisuru Asteroid TV Anime's Promo Video Unveils Cast, More Staff, Theme Song Artists". Anime News Network. 27 Oktober 2019. Diakses tanggal 27 Oktober 2019. 
  3. ^ a b c d "恋する小惑星" (dalam bahasa Jepang). Houbunsha. Diakses tanggal 26 Februari 2019. 
  4. ^ "Koisuru Asteroid Science Club Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 26 Februari 2019. Diakses tanggal 26 Februari 2019. 
  5. ^ "Koisuru Asteroid TV Anime Reveals Main Staff, January 2020 Premiere". Anime News Network. 25 Juli 2019. Diakses tanggal 25 Juli 2019. 
  6. ^ "Koisuru Asteroid Anime Premieres January 3". Anime News Network. 28 November 2019. Diakses tanggal 28 November 2019. 
  7. ^ "Asteroid in Love Anime Listed With 12 Episodes". Anime News Network. 3 Januari 2020. Diakses tanggal 3 Januari 2020. 
  8. ^ "Crunchyroll Adds Re:ZERO Director's Cut, The Case Files of Jeweler Richard Anime to Winter Lineup". Anime News Network. 30 Desember 2019. Diakses tanggal 1 Februari 2020. 
  9. ^ "Story". TVアニメ「恋する小惑星」公式サイト (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Januari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]