Saluran pencernaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Saluran pencernaan
Stomach colon rectum diagram.svg
Stomach colon rectum diagram
Rincian
SistemSistem pencernaan
Pengidentifikasi
Bahasa LatinTractus digestorius (mulut sampai anus),
canalis alimentarius (kerongkongan sampai usus besar),
canalis gastrointestinales (lambung sampai usus besar)
MeSHD041981
Daftar istilah anatomi

Saluran pencernaan adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut melalui dubur. Organ yang termasuk dalam saluran pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, dan usus.

Secara spesifik, saluran pencernaan berfungsi untuk mengambil makanan, memecahnya menjadi molekul nutrisi yang lebih kecil, menyerap molekul tersebut ke dalam aliran darah, kemudian membersihkan tubuh dari sisa pencernaan [1].

Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda. Semua vertebrata dan sebagian besar invertebrata punya saluran pencernaan. Mayoritas sistem pencernaan pada hewan memiliki paling tidak dua lubang dengan fungsi yang berbeda. Lubang pertama, yaitu mulut, fungsinya dalam sistem saluran pencernaan adalah sebagai tempat untuk memasukkan makanan. Sementara lubang kedua adalah anus yang berfungsi sebagai tempat membuang kotoran. Pada Porifera, Cnidaria dan Ctenophora hanya punya satu lubang yang memiliki dua fungsi: untuk memasukkan makanan dan juga untuk membuang kotoran. Hal ini berbeda

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Marieb, Elaine N. and Hoehn, Katja (2007). Human Anatomy and Physiology 7th Edition. Benjamin Cummings.