Rumah pensiun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah rumah pensiun di desa Gosau, Austria Hulu

Rumah Pensiun (UK /ˈpɒ̃sjɒ̃/, US /pɒnˈsjn/;[1] bahasa Prancis: [pɑ̃sjɔ̃] ( simak))[2] adalah sejenis pesanggrahan atau indekos yang umumnya ditemukan di negara-negara Eropa, wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah dengan populasi ekspatriat Eropa yang signifikan, serta beberapa daerah di Amerika Selatan seperti Brasil dan Paraguay. Rumah pensiun juga dapat ditemukan di Korea Selatan, Jepang, dan Filipina.

Berbeda dari konsep Inap-sarap yang populer di negara-negara Anglosfer, rumah pensiun biasanya menawarkan lebih dari sekadar sarapan. Layanan ini seringkali mencakup makan siang, makan malam, dan kadang-kadang tea. Para tamu biasanya memilih paket yang mencakup akomodasi, sarapan, makan siang, dan makan malam (dikenal sebagai "rumah pensiun penuh"[3] / "paket lengkap"[4]), atau paket yang sama tanpa makan siang (dikenal sebagai "paket setengah / paket separuh"[5] / "rumah pensiun setengah"[6]).

Rumah pensiun seringkali merupakan usaha kecil yang dapat menawarkan tarif spesial bagi wisatawan yang menginap dalam jangka waktu lebih lama. Banyak di antaranya berlokasi di bangunan bersejarah, dikelola oleh keluarga, dan biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan hotel, meski dengan layanan yang lebih terbatas.

Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Sastra

Film

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Templat:Cite LPD
  2. ^ "pension2". Oxford Dictionaries. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 February 2017. Diakses tanggal 24 January 2017. 
  3. ^ "Full Pension". See The Globe – Travel Glossary. Diakses tanggal 30 March 2012. 
  4. ^ "full board". Collins Dictionary. Diakses tanggal 26 January 2017. 
  5. ^ "half board/demi-pension". Collins. Diakses tanggal 26 January 2017. 
  6. ^ "Define Half Pension". Travel Industry Dictionary. Diakses tanggal 30 March 2012.