Rumah Sakit Bethesda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumah Sakit Bethesda
Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum
Peta
Geografi
LokasiJalan Jenderal Sudirman 70, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Organisasi
PendanaanRumah Sakit privat
JenisRumah sakit umum
Afiliasi agamaProtestanisme
Pelayanan
Antarmoda penghubung 1A   2A   5B  RS Bethesda
Sejarah
Dibuka1899; 124 tahun lalu (1899)
Pranala luar
DaftarRumah sakit di Indonesia
Cagar budaya Indonesia
Gedung Petronella di dalam Kompleks Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta
PeringkatNasional
KategoriBangunan
Lokasi
keberadaan
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
No. SKSK Menteri No. 59/M/2022
Pemilik Indonesia
PengelolaRumah Sakit Bethesda
Nama sebagaimana tercantum dalam
Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya


Rumah Sakit Bethesda adalah salah satu rumah sakit yang ada di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.[1] Fungsi khusus dari rumah sakit ini ialah sebagai rumah sakit Kristen.[2] Pembangunan rumah sakit ini selesai pada tanggal 20 Mei 1899. Pimpinan pembangunannya adala Dr. J. Gerrit Scheurer. Pada awal pendirian, nama rumah sakit ini ialah Petronella Zienkenhuis. Bangunan rumah sakit dibangun di atas tanah milik Sultan Hamengku Buwono VII yang dijadikan sebagai hibah. Masyarakat lokal menyebut rumah sakit ini dengan nama rumah sakit Toeloeng atau Pitulungan. Rumah sakit ini awalnya digunakan untuk publik tanpa ada kekhususan tertentu. Namanya diganti menjadi Yogyakarta Tjuo Bjoin pada masa pendudukan Jepang di Indonesia (1942-1945 ). Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, namanya diganti menjadi Rumah Sakit Pusat. Rumah Sakit ini kemudian berganti nama lagi menjadi Rumah Sakit Bestheda untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa rumah sakit ini merupakan rumah sakit Kristen. Nama baru ini berlaku sejak tanggal 28 Juli 1950. Sejak tanggal 1 Februari 1950, pemilik sekaligus pengelolanya adalah Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (Yakkum).

Bentuk bangunan lama adalah limasan yang memanjang ke arah timur. Di bagian depan terdapat hiasan kanopi. Di antara jendela dan kosen ada celah kecil untuk mencegah panas berlebihan di dalam ruangan. Di bagian atap terdapat hiasan rumah yang berfungsi sebagai penyejuk udara. Gaya arsitekturnya adalah Indis. Bahan bangunan rumah sakit sebagian besar terbuat dari kayu.[1]

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Pendiri Rumah Sakit Bethesda adalah Dr. J.G Scheurer. Ia adalah seorang dokter yang diutus oleh Nederlandse Zendingsvereniging untuk membangun rumah sakit di daerah jajahan Belanda. Pengutusannya berdasarkan firman Tuhan dalam Injil Lukas 10:9 yang berbunyi “dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu”. Setelah mendirikan rumah sakit, nama yang diberikan ialah Zendingsziekenhuis “Petronella”.

Nama Petronella merupakan nama istri seorang pensiunan pendeta yang bernama Coeverden Andriani. Ia adalah salah satu donatur dalam pembangunan rumah sakit ini. Masyarakat setempat sendiri menamai rumah sakit ini sebagai "Dokter Pitulungan” atau “Dokter Tulung”. Pada masa pendudukan Jepang Rumah Sakit Petronella diambil alihdan diganti namanya menjadi “Jogjakarta Tjuo Bjoin”.

Pengambil alihan dan penggantian nama bertujuan untuk mengubah status rumah sakit ini dari rumah sakit khusus Kristen menjadi rumah sakit biasa. Status rumah sakit Kristen dikembalikan setelah kemerdekaan Indonesia tetapi diganti namanya menjadi “Roemah Sakit Poesat”. Nama rumah sakit ini kemudian diganti lagi menjadi Rumah Sakit Bethesda agar masyarakat mengenalinya sebagai rumah sakit Kristen. Nama ini digunakan sejak tanggal 28 Juni 1950.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Rumah Sakit Bethesda - Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya". cagarbudaya.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-15. Diakses tanggal 15 Juli 2021. 
  2. ^ a b "Sejarah Rumah Sakit Bethesda". www.bethesda.or.id. Diakses tanggal 15 Juli 2021.