Rudolf I dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rudolph I dari Bohemia)
Rudolf I
Raja Bohemia dan Polandia
Adipati Austria dan Stiria
Raja Bohemia dan Polandia
Berkuasa1306 – 3/4 Juli 1307
PendahuluJindřich Korutanský
PenerusJindřich Korutanský
Adipati Austria dan Stiria
Berkuasa1298 – 3/4 Juli 1307
PendahuluAlbrecht I dari Jerman
PenerusAlbrecht I dari Jerman
Informasi pribadi
WangsaHabsburg
AyahAlbrecht I dari Jerman
IbuElisabeth dari Gorizia-Tirol
PasanganBlanche dari Prancis
Ryksa Elżbieta dari Polandia

Rudolf I dari Habsburg (Ceska: Rudolf I. Habsburský; 1281 – 3/4 Juli 1307) merupakan Adipati Austria dan Stiria (sebagai Rudolf III) dari tahun 1298 dan Raja Bohemia dan gelar Raja Polandia dari tahun 1306 sampai kematiannya. Ia merupakan putra sulung Raja Jerman Albrecht I dari Jerman dan Elisabeth dari Gorizia-Tirol.

Setelah pemilihan ayahnya sebagai Raja Romawi, Rudolf ditempatkan sebagai wakil pemimpin dengan wilayah warisan Austria dan Stiria Wangsa Habsburg. Pada tanggal 25 Mei 1300, Raja Albrecht I mengatur pernikahannya dengan Blanche, putri Raja Philippe III dari Prancis dan istri keduanya Marie dari Brabant, Ratu Prancis. Ikatan yang dimaksudkan dengan Wangsa Kapetia Prancis gagal karena putri tunggal pasangan tersebut meninggal dan Blanche sendiri meninggal pada tahun 1305.

Kesempatan lain untuk Habsburg di dalam mendapatkan kekuasaan terbuka ketika pada tahun 1306 penguasa Bohemia yang terakhir dari Wangsa Přemyslid, Raja Václav III terbunuh dan Albrecht I sebagai rex Romanorum dapat menyita Bohemia sebagai kerajaan yang feodal. Rudolf dipersembahkan sebagai seorang penuntut atas tahta Bohemia, tetapi ditentang oleh pamannya Jindřich Korutanský, Adipati Kärnten dan suami saudari Václav Anna Přemyslovna. Untuk mensahkan lebih lanjut tuntutan Habsburg atas tahta Bohemia dan Polandia, Albrecht menikahkan Rudolf dengan Ryksa Elżbieta dari Polandia dari Wangsa Piast, janda Raja sebelumnya Václav II dari Bohemia. Pada tahun 1306 ia menduduki Praha dan mengusir Jindřich Korutanský untuk menempatkan putranya ke atas tahta Bohemia.

Diledek sebagai král kaše ("raja bubur"), Rudolf ditolak oleh beberapa bangsawan Bohemia, yang terus bertahan untuk Jindřich. Raja itu mengepung benteng pemberontak di Horažďovice di Bohemia, tetapi ia terkena penyakit disentri dan wafat disana pada tahun 1307, tanpa keturunan.

Rudolf dimakamkan di Katedral Santo Vitus, Praha.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Jindřich Korutanský
Raja Bohemia
1306–1307
Diteruskan oleh:
Jindřich Korutanský
Didahului oleh:
Albrecht I
Adipati Austria dan Stiria
dengan Albrecht I

1298–1307
Diteruskan oleh:
Albrecht I