Ryksa Elżbieta dari Polandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ryksa Elżbieta dari Polandia
Permaisuri Bohemia dan Polandia
Ryksa Elżbieta.jpg
Memerintah sebagai pasangan 1303 - 1305; 1306 - 1307
Lahir 1 September 1286
Poznań, Polandia
Mangkat 18 Oktober 1335 (umur 49)
Brno, Moravia
Makam Gereja Asumsi Perawan Maria, Brno
Pasangan Vaclav II, Raja Bohemia
Rudolf I dari Bohemia
Jindřich dari Lipá
Anak
Anežka
Wangsa Piast
Ayah Przemysł II
Ibu Rikissa dari Swedia

Ryksa Elżbieta dari Polandia (bahasa Ceko: Eliška Rejčka; bahasa Polandia: Ryksa Elżbieta ) (1 September 1286 – 18 Oktober 1335) merupakan putri tunggal Przemysł II (aslinya pangeran Polandia Besar dan Poznan) dan istri keduanya Rikissa dari Swedia, ibundanya adalah putri mantan raja Valdemar Birgersson dan Sofia Eriksdotter.

Nama lahirnya adalah Ryksa; ia mengambil nama Elżbieta setelah pernikahan pertamanya. Ia menjadi permaisuri Bohemia sebagai istri kedua Vaclav II, Raja Bohemia dan tetap sebagai istri Rudolf I dari Bohemia yang menggantikan Vaclav sebagai Raja Bohemia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ayahandanya dimahkotai sebagai Raja Polandia, yang tewas dibunuh pada tanggal 10 Februari 1296 ketika ia masih kecil dan tidak memiliki keturunan lain. Ryksa yang masih muda menjadi ahli waris Polandia, sebagai seorang partisipan penting di dalam perselisihan takhta Polandia. Semasa kecil, ia dijodohkan dengan Otto dari Brandenburg-Salzwedel, putra Markgraf Brandenburg dan kerabat bunda tirinya Margareta dari Brandenburg. Akan tetapi, Otto meninggal tak lama kemudian. Dimasa mudanya ia dirawat oleh Gryfina dari Slavonia.

Pernikahan pertama[sunting | sunting sumber]

Ryksa Elżbieta (kanan) dengan istri pertama suaminya, Guta

Pada tahun 1300 Ryksa Elżbieta menikah dengan seorang duda, Raja Vaclav II (1271–1305, memerintah di Bohemia dari tahun 1278 dan wilayah bagian Polandia dari tahun 1304), yang ingin menggunakan hak suksesinya dengan upaya untuk mendapatkan Polandia. Istri pertamanya Guta dari Habsburg, telah memberinya seorang putra dan tiga orang putri. Ia telah menundukkan Kraków pada tahun 1291, di dalam era ayahanda Ryksa. Karena ia masih muda, pernikahan itu tidak diselenggarakan sampai tanggal 26 Mei 1303, ketika ia tiba di Praha dan dimahkotai sebagai Ratu Bohemia dan Polandia, dan kemudian ia mengambil nama Elżbieta disaat yang sama (karena nama Ryksa dianggap sebagai nama yang asing di Bohemia). Suaminya Vaclav II meninggal di Praha pada tanggal 21 Juni 1305 karena penyakit Tuberkulosis. Ia bertindak sebagai pemangku takhta dari bulan Agustus sampai Oktober. Putra tirinya Vaclav III dari Bohemia (juga seorang ahli waris takhta Hongaria) berhasil mendapatkan takhta namun ia tewas terbunuh pada tahun 1306 di Olomouc. Cabang Kuyavia dari Wangsa Piast mendapatkan takhta Polandia.

Ryksa Elżbieta hanya memiliki seorang putri, Anežka dari Bohemia (15 Juni 1305 - skt. 1337), yang lahir beberapa hari setelah kematian suaminya. Anežka menikah dengan seorang pangeran Silesia, Adipati Henryk I dari Jawor, namun mereka tidak memiliki keturunan. Anežka pernah hamil, namun ia keguguran ketika hamil muda karena mengendarai kuda menaiki bukit dan lembah, dan ia terpaksa harus tinggal di atas ranjang selama beberapa bulan.

Pernikahan kedua[sunting | sunting sumber]

Elżbieta kemudian menikah lagi pada tanggal 16 Oktober 1306 dengan Rudolf I dari Bohemia, putra Albrecht I dari Jerman (Raja Jerman dan Roma) yang ingin menjadi raja setelah anak tirinya. Ia terpilih sebagai raja Bohemia dan Elżbieta tetap sebagai ratu. Namun hanya untuk waktu yang singkat - Rudolf meninggal pada tanggal 4 Juli 1307 karena penyakit disentri yang ia derita sejak pengepungan benteng seorang bangsawan di dalam suatu pemberontakan. Di dalam surat wasiatnya Albrecht mengakui kota-kota mahar Elżbieta dan memberikannya sejumlah besar uang.

Kehidupan menjanda[sunting | sunting sumber]

Masa menjanda Ratu Elżbieta di Bohemia terjadi di dalam masa kerusuhan, karena para kaisar berupaya untuk mendapatkan Bohemia, dan suami-suami anak tiri Elżbieta diangkat kekedudukan raja, namun kepemilikan mereka tidak pasti sampai Jan Lucemburský, suami anak tiri Elżbieta yang bungsu (yang juga bernama Eliška), berhasil mendapatkan posisinya.

Setelah kematian suami keduanya Elżbieta meninggalkan Praha dan tinggal di Hradec Králové, satu dari kota maharnya, yang menjadi pusat wilayahnya. Ia tetap tidak menikah namun hidup dengan kekasihnya, bangsawan yang berkuasa Jindřich dari Lipá (Heinrich dari Lipá), yang merupakan Moravia Hetman dan Gubernur kerajaan Bohemia ketika Jan Lucemburský absen. Mereka pindah ke Brno dan tinggal disana selama 10 tahun (1318–1329) sampai kematiannya. Beberapa [1] sumber menyatakan bahwa pasangan itu mungkin menikah pada tahun 1319. Setelah kematian Jindřich, Elżbieta mengarahkan perhatiannya kepada kebudayaan dan agama, membangun gereja-gereja dan biara Sistersien (dari tahun 1323), dan membiayai pembuatan buku nyanyian berilustrasi. Elżbieta meninggal di Brno dan dimakamkan di bawah tanah gerejanya disisi kekasihnya, Jindřich.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
16. Odon dari Poznań
 
 
 
 
 
 
 
8. Władysław Odonic
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
17. Viacheslavna Yaroslavna dari Halych
 
 
 
 
 
 
 
4. Przemysł I
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
18. Mściwój I dari Pommern
 
 
 
 
 
 
 
9. Jadwiga dari Polandia Besar
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
19. Zwinisława
 
 
 
 
 
 
 
2. Przemysł II
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
20. Henryk Brodaty
 
 
 
 
 
 
 
10. Henryk II Pobożny
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
21. Hedwig dari Silesia
 
 
 
 
 
 
 
5. Elżbieta dari Wrocław
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
22. Ottokar I dari Bohemia
 
 
 
 
 
 
 
11. Anna dari Bohemia
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
23. Konstancia dari Hongaria
 
 
 
 
 
 
 
1. Ryksa Elżbieta
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
24. Magnus Minnesköld
 
 
 
 
 
 
 
12. Birger Jarl
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
25. Ingrid Ylva
 
 
 
 
 
 
 
6. Valdemar Birgersson
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
26. Erik Knutsson
 
 
 
 
 
 
 
13. Ingeborg Eriksdotter
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
27. Rikissa dari Denmark
 
 
 
 
 
 
 
3. Rikissa dari Swedia
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
28. Valdemar II dari Denmark
 
 
 
 
 
 
 
14. Erik Plovpenning
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
29. Berengária dari Portugal
 
 
 
 
 
 
 
7. Sofia Eriksdotter
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
30. Albrecht I dari Sachsen
 
 
 
 
 
 
 
15. Jutta dari Sachsen
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
31. Agnes dari Habsburg
 
 
 
 
 
 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Ryksa Elżbieta dari Polandia
Lahir: 1 September 1286 Wafat: 18 Oktober 1335
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Guta dari Habsburg
Permaisuri Bohemia
1300–1305
Diteruskan oleh:
Wiola dari Teschen
Permaisuri Polandia
1303–1305
Didahului oleh:
Wiola dari Teschen
Permaisuri Bohemia
1306–1307
Diteruskan oleh:
Anna dari Bohemia