Borivoj II dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Borivoj II, Duke of Bohemia nahrobek.jpg

Borivoj II (juga Bořivoj atau Borivoi) (tahun 1064 – 2 Pebruari 1124) merupakan seorang adipati Bohemia sejak tanggal 25 Desember 1100 sampai Mei 1107 dan sejak Desember 1117 sampai 16 Agustus 1120. Ia merupakan adik tiri dan pewaris Bretislaus II.

Ia aslinya ditentang oleh Adipati Oldrich dari Brno, sepupunya, yang telah memulihkan benteng yang semula disita oleh ayahnya dan perang saudarapun terjadi. Oldrich bermaksud untuk mengakui kekuasaan Henry IV, Kaisar Romawi Suci, dan dengan demikian mendapatkan dukungannya, namun Borivoj telah dikonfirmasikan oleh kaisar. Oldrich akhirnya terpaksa melarikan diri ke Moravia.

Pada tahun 1102, Władysław I Herman, adipati Polandia, wafat. Sebuah pertikaian suksesipun terjadi di Polandia, dengan Borivoj dan sepupunya Svatopluk mendukung Zbigniew melawan pewaris yang sah Boleslaus III dari Polandia. Akan tetapi, Boleslaus membayar Borivoj dan kemudian mundur dari pertikaian tersebut. Svatopluk, dengan marah membelot dan memimpin sejumlah besar pasukan Bohemia bersamanya. Ia berusaha untuk membujuk Coloman dari Hongaria untuk pergi berperang dengan Borivoj, namun gagal sampai tahun 1107. Pada tahun itu, adik Borivoj Vladislaus, memberontak dan dengan bantuan Coloman mengambil Praha. Svatopluk, yang baru-baru saja tertangkap dan dipaksa untuk membebaskan Borivoj oleh Henry V, Kaisar Romawi Suci, diumumkan sebagai raja.

Borivoj menyerang pada tahun 1108 dengan bantuan Boleslaus di dalam persekutuannya dengan Coloman, dengan siapa Svatopluk dan Henry bergabung untuk menyerang Hongaria. Svatopluk dipanggil kembali untuk melawannya dan kaisar segera menyerang Polandia. Svatopluk dibunuh di dalam kampanye ini oleh para pendukung Borivoj, namuna ia tidak berhasil mendapatkan tahta, yang jatuh ke tangan Vladislaus. Pada tahun 1117, kedua bersaudara itu berdamai dan mereka memerintah wilayah keadipatian bersama-sama (meskipun dibagikan) sampai tahun 1120, ketika perselisihan baru membuat Borivoj diasingkan ke Hongaria, dimana ia wafat pada tanggal 2 Pebruari 1124.

Didahului oleh:
Bretislaus II
Adipati Bohemia
1101–1107
Diteruskan oleh:
Svatopluk
Didahului oleh:
Vladislaus I
Daftar Penguasa Bohemia
1117–1120
Diteruskan oleh:
Vladislaus I