Roti bulat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roti bulat
Hotdog - Evan Swigart.jpg
Hot dog dalam roti bulat
Nama lainBun
JenisRoti atau roti gulung
Bahan utamaTepung, gula, mentega, susu, ragi, kapulaga
Roti bulat saffron ala Swedia, biasanya dibuat selama musim Natal, khususnya menjelang hari Santo Lucia.

Roti bulat adalah roti atau roti gulung yang berukuran kecil, dan kadang-kadang memiliki rasa manis.[1] Walaupun bentuk dan ukurannya bermacam-macam, yang paling sering terlihat adalah ukurannya yang biasanya seukuran kepalan tangan atau lebih kecil, dengan bentuk dasar bulat (bisa lonjong, oval, atau bulat memanjang) di atasnya, dan pipih di bawahnya.

Roti bulat biasanya dibuat dari tepung, gula, ragi, susu, dan mentega. Varian umum biasanya berisi potongan buah atau kacang, lalu ditaburi gula halus atau karamel di atasnya, atau bisa juga diisi dengan selai atau krim. Beberapa roti bulat juga diisi dengan daging untuk memberikan cita rasa gurih.

Roti bulat dalam bahasa Inggris nya yaitu bun, juga merujuk pada varian hidangan dim sum dengan isian, seperti bakpao atau baozi dari Tiongkok. Beberapa dim sum juga memiliki bentuk dan tekstur seperti roti pada umumnya.

Roti bulat biasanya dibuat dari adonan yang telah diperkaya dengan gula dan mentega dan terkadang telur. Tanpa semua ini, adonan tetap menjadi "adonan roti" dan bukan "adonan roti bulat" dan produk yang dihasilkan akan disebut roti gulung, bukan roti bulat.

Daftar roti bulat[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "bun Definition in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org. Diakses tanggal 2016-11-11. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]