Raline Shah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Raline Shah
Raline Shah in an interview with Anas Bukhash.png
Raline dalam sesi wawancara dengan Anas Bukhash
LahirRaline Rahmat Shah
4 Maret 1985 (umur 37)
Jakarta, Indonesia
Nama lainRaline Shah
AlmamaterUniversitas Nasional Singapura
Pekerjaan
Tahun aktif2008 - sekarang
Orang tuaRahmat Shah (ayah)
Roseline Abu (ibu)
KerabatRollin Rahmat Shah (adik)
Rollan Rahmat Shah (adik)
Musa Rajekshah (sepupu)
Ikbar Irvanshah (sepupu)

Raline Rahmat Shah (lahir 4 Maret 1985) atau yang lebih akrab dipanggil “Raline Shah” adalah seorang aktris dan model, tokoh masyarakat, dan pengusaha Indonesia keturunan pakistan tionghoa dan melayuSumatra Utara. Anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Dr. H. Rahmat Shah dan Roseline Abu ini mulai dikenal publik setelah dirinya memenangkan gelar "Putri Favorit Indonesia" di ajang kecantikan Puteri Indonesia 2008, mewakili Provinsi Sumatra Utara.[1]

Raline mengawali perjalanan kariernya di dunia akting dengan membintangi sosok Riani dalam film 5 cm, sebuah film besutan sutradara terkenal Rizal Mantovani.[2] Dalam perannya itu, Raline menjadi satu-satunya perempuan di dalam kisah persahabatan lima sekawan yang ingin menaklukan puncak Gunung Semeru. Dengan memerankan karakter perempuan yang ambisius di film tersebut, Raline kemudian makin dikenal publik sebagai aktris dan dirinya sering terlihat wara-wiri membintangi beberapa film layar lebar kenamaan Indonesia.

Raline membuktikan kepiawaiannya dalam berakting dengan memenangkan penghargaan di Festival Film Bandung 2015 untuk kategori “Aktris Pendukung Terbaik” atas perannya di film Surga yang Tak Dirindukan. Raline juga mendapatkan penghargaan Indonesia Box Office Movie Awards 2016 dan nominasi di Festival Film Bandung 2014 dan Festival Film Indonesia 2015.[3][4] Raline kembali memenangkan penghargaan di Film Box Office Indonesia 2018 atas perannya dalam film Surga yang Tak Dirindukan 2.

Raline dikenal sebagai sosok yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, bekerjasama dengan rekan-rekannya untuk mendirikan Rumah Harapan Indonesia dan Yayasan Tunas Bakti Nusantara.[5] Raline juga gemar mendaki gunung dan telah menaklukkan beberapa puncak gunung, seperti Gunung Rinjani dan Gunung Kilimanjaro.[6] Raline bersama adik dan tiga orang temannya juga telah merambah bisnis kedai kopi dengan membuka KISAKU pada 2019.[7][8][9]

Kehidupan dan karir[sunting | sunting sumber]

1985–2007: Latar belakang dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Raline lahir di Jakarta pada tanggal 4 Maret 1985 dari pasangan Rahmat Shah dan Roseline Abu.[10] Rahmat Shah, ayahnya, merupakan seorang pengusaha asal Sumatra Utara yang pernah menjabat sebagai Senator di Majelis Permusyawaratan Rakyat dari tahun 1999 hingga 2004 dan anggota Dewan Perwakilan Daerah dari tahun 2009 hingga 2014. Roseline Abu, ibunya, adalah seorang dermawan sekaligus pegiat YPAC Medan (Yayasan Pembinaan Anak Cacat), sebuah sekolah untuk anak-anak cacat mental dan fisik sejak tahun 2010. Roseline juga pernah menjadi presiden Women’s International Club di Medan dari tahun 2002 hingga 2004. Raline memiliki dua orang adik laki-laki, Rollin dan Rollan.

Raline menghabiskan masa kecilnya di Jakarta dan Medan, sebelum pindah ke Johor Bahru, Malaysia pada tahun 1998. Ia bersekolah di Kolej Tuanku Ja'afar, sebuah sekolah berasrama di Negeri Sembilan, Malaysia, di mana ia menjadi prefek yang bertugas memimpin murid-murid lain. Selama bersekolah di sana, dirinya menyutradarai dua drama sekolah serta berakting dalam tiga musikal dan berbagai kegiatan teater. Raline dianugerahi Silver Youth International Award pada tahun 2002 dan Gold International Youth Award pada tahun 2003 untuk pencapaian menyeluruh dalam olahraga, kegiatan seni, dan dedikasi kepada masyarakat.[11][12] Dia juga menerima “Penghargaan Prestasi Akademik Studi Bisnis Terbaik” untuk hasil O-Level dan A-Level dan penghargaan Gold Duke of Edinburgh untuk eksplorasi, mendaki, dan kegiatan sosial.

Setelah lulus bersekolah, Raline melanjutkan pendidikan tinggi di National University of Singapore, di mana dia mendalami ilmu politik dan menerima gelar sarjana dalam Ilmu Politik dan Media Baru & Komunikasi pada tahun 2007. Semasa perguruan tinggi, Raline pernah menjadi vokalis untuk klub Jazz NUS dan tampil dua kali di Singapore International Festival of Arts.

2008-2013: Awal mula karir[sunting | sunting sumber]

Raline memulai perjalanan kariernya sebagai model paruh waktu untuk Mannequin Studios, sebuah agensi model Singapura, dari tahun 2004 hingga 2008.[13] Raline juga menyibukkan dirinya dengan menjadi bagian dari Departemen Humas Paragon Medical, Singapura, dari tahun 2008 hingga 2011. Berbekal ilmu yang didapatkan saat dirinya menjadi model di Singapura, Raline memberanikan dirinya untuk ikut ajang kecantikan Puteri Indonesia 2008 dan mewakili provinsi Sumatra Utara. Raline berhasil lolos ke tahap final dan dianugerahi gelar "Putri Favorit Indonesia" berdasarkan pemungutan suara terbanyak.

Raline memulai karier sebagai aktris dengan film 5 cm yang disutradarai oleh Rizal Mantovani pada tahun 2012.[2] 5 cm adalah novel karya Donny Dhirgantoro yang terbit tahun 2005 dan menceritakan kisah lima sahabat (Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta) yang mencoba mencari tahu makna dari persahabatan mereka dengan ekspedisi pendakian Gunung Semeru, puncak tertinggi di Pulau Jawa. Di dalam film tersebut, Raline berperan sebagai Riani, satu-satunya wanita dalam grup yang diperankan sebagai sosok yang cerdas dan berambisi. Film ini diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu film terlaris dengan total 2,4 juta penonton[14] serta dianugerahi "Sinematografi Terbaik" di dalam Festival Film Indonesia 2013.[15]

Berkat kemampuannya dalam dunia model sejak tahun 2008 baik di kancah nasional maupun internasional serta kepribadian dan citra publiknya yang baik, Raline mampu bekerjasama dengan banyak merek dan perancang busana ternama. Dia dipercaya untuk mewakili Cita Tenun Indonesia pada program Fashion 4 Development (F4D) Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York pada tahun 2012 dan 2013. Citra Tenun Indonesia merupakan asosiasi yang bertujuan melestarikan teknik tenun tradisional Indonesia dan memperkenalkan desainer Indonesia di kancah internasional. Dalam ajang itu, Raline turut berpartisipasi bersama tokoh dan model internasional lainnya, seperti Lily Cole dan Carla Sozzani. Raline juga salah satu perwakilan Asia Tenggara untuk perancang busana Belgia terkemuka, Diane von Furstenberg, yang secara pribadi memilih Raline sebagai brand ambassador atas busana rancangannya.

2014-saat ini: Karir saat ini[sunting | sunting sumber]

Setelah berhasil dengan film pertamanya, Raline melanjutkan karirnya di bidang akting dengan membintangi film Surga Yang Tak Dirindukan bersama Laudya Chintya Bella dan Fedi Nuril pada tahun 2015. Film tersebut berhasil menyita perhatian banyak masyarakat Indonesia dan Raline mendapatkan penghargaan sebagai "Peran Pendukung Wanita Terbaik" di Festival Film Bandung 2015.[16] Raline juga menerima nominasi di Festival Film Indonesia 2015[17] dan Indonesia Box Office Movie Awards 2016.[18] Dirinya juga menyumbangkan soundtrack berjudul "Kekasih di Surga" untuk film tersebut.

Pada tahun 2016, Raline magang di Teater Garasi, sebuah perkumpulan seni yang berpusat di Yogyakarta dan telah menghasilkan pertunjukan multidisiplin yang pernah dipromosikan ke pertunjukan seni internasional di Singapura, Berlin, Tokyo, Shizuoka, Osaka, New York, dan Amsterdam.[19][20]

Pada tahun 2017, Raline menunjukkan talentanya di bidang tarik suara dengan merilis lagu berjudul "Jadi Milikku", hasil kolaborasi bersama Marcell Siahaan. Lagu tersebut sudah ditonton lebih dari 1,4 juta kali di YouTube dalam waktu satu setengah bulan setelah dirilis.

Tidak sampai disitu saja, Raline juga berhasil membuktikan bakat dan karyanya dengan tampil sebagai pemeran utama bersama Shaheizy Sam dan Zizan Razak dalam film aksi Malaysia, Polis Evo 2, yang disutradarai Ghaz Abu Bakar pada tahun 2018. Setelah beberapa bulan penayangan, tepatnya pada tanggal 18 April 2019, film tersebut sukses secara komersial di Indonesia dan mendapat apresiasi yang cukup baik atas akting Raline dalam memainkan peran Rian, seorang perwira polisi Indonesia.[21][22][23][24]

Raline dikenal mudah memerankan berbagai macam karakter, mulai dari perempuan Indonesia multikultur hingga imigran Turki dan seorang Kaukasia-Cina. Berkat kepiawaiannya sebagai seniman dan tokoh masyarakat serta kefasihannya dalam berbahasa Inggris, Raline telah mewakili Asia dalam berbagai perhelatan internasional.

Raline pernah menjadi salah satu ikon busana Indonesia pada tahun 2014 hingga 2015 untuk Harper’s Bazaar dan Elle Indonesia. Dia juga pernah menjadi model Pantene untuk Procter & Gamble di Singapura, Indonesia, dan Malaysia pada tahun 2012. Raline juga merupakan brand ambassador untuk XL Axiata (2011), Unilever (2012-2013), Hemaviton (2014), Bank Mandiri (2015-2017), OPPO (2017), dan Wardah Cosmetics (sejak 2016).

Di luar film, Raline juga tampil di berbagai pertunjukan teater, terutama dengan peran utama dalam musikal cerita rakyat 2013, Timun Mas: The Musical,[25][26] yang disutradarai oleh Rama Soeprapto, seorang sutradara teater terkemuka Indonesia yang pernah bekerja untuk Robert Wilson dalam salah satu teater eksperimental Amerika.[27]

Semua pencapaian tersebut membuat Raline menjadi sosok publik yang menginspirasi masyarakat Indonesia secara luas, dan dikenal secara internasional oleh banyak artis Hollywood seperti Jeremy Renner, Anna Kendrick, Blake Lively, Bradley Cooper, Lady Gaga, Bella Hadid, David Foster, dan Henry Golding, hingga idol K-pop seperti Seungri, anggota grup musik BIG BANG. Raline sering mengunggah fotonya bersama selebriti luar negeri di akun Instagram pribadinya yang sudah memiliki 7,2 juta total pengikut per Juli 2021.

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 Agustus 2017, Raline ditunjuk sebagai direktur independen Indonesia AirAsia, anak perusahaan dari maskapai penerbangan bertarif rendah Malaysia, AirAsia. CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes, menulis bahwa Raline dipilih karena dirinya “pintar, kreatif, dan rendah hati”, karakter-karakter yang dibutuhkan AirAsia untuk tetap kompetitif. Tony juga berharap penunjukan Raline sebagai direktur independen dapat membuat AirAsia tetap relevan di kalangan generasi muda.

Raline juga fokus dalam mengembangkan kedai kopi KISAKU yang didirikan bersama adik dan empat orang temannya.[28][29][30] Nama KISAKU diadaptasi dari bahasa Jepang, kisaku, yang berarti “positif, terbuka, dan ramah”. Kedai kopi tersebut dirancang untuk menjadi tempat yang terbuka dan ramah bagi para pengunjungnya.[31]

Filantropi[sunting | sunting sumber]

Mengikuti jejak ibunya yang merupakan dermawan sekaligus pegiat YPAC Medan (Yayasan Pembinaan Anak Cacat), Raline memiliki hasrat untuk berkontribusi di bidang kemanusiaan dan memulai kerjasama dengan berbagai badan amal di Indonesia dan internasional. Raline pernah menjadi sukarelawan untuk United Nation's High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan World Wide Fund for Nature (WWF).

Pada tahun 2016, Raline bekerjasama dengan 3 Little Angels meluncurkan “Love ReSolution”, sebuah kampanye yang berupaya menggalang dana untuk anak-anak sakit kritis yang membutuhkan perawatan intensif. Kemudian pada tahun 2017, dirinya bersama Valencia Mieke Randa dan Vivy Tolgay mendirikan Rumah Harapan Indonesia, rumah singgah bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun dengan penyakit tidak menular yang serius, seperti leukemia, kanker, tumor, kelainan fisik, dan kelainan tulang.[5] Badan amal yang didirikannya ini bertujuan untuk menyediakan akomodasi yang nyaman dan sistem pendukung bagi anak-anak dari daerah pedesaan yang melakukan perjalanan berobat ke kota-kota besar di Indonesia. Sejauh ini, sudah ada enam “rumah harapan” yang sudah didirikan di Indonesia.

Raline juga merupakan salah satu pendiri Yayasan Tunas Bakti Nusantara pada tahun 2018. Yayasan Tunas Bakti Nusantara merupakan sebuah organisasi amal untuk mengembangkan dukungan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pembangunan di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) di Indonesia.[32]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Raline adalah seorang penjelajah yang tekun dan percaya pada "world without strangers" atau "dunia tanpa orang yang tak dikenal".[33] Kecintaannya pada alam dan mendaki gunung membuat Raline sukses menaklukan beberapa puncak gunung di Indonesia dan negara lainnya. Raline pun giat mengingatkan banyak orang untuk melestarikan alam dan menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih saat mendaki.[34]

Raline juga bersemangat dalam menjaga kesehatan fisik dan spiritual. Dalam wawancaranya dengan Daniel Mananta, Raline menyatakan bahwa, “Allah ingin setiap orang sehat, dan jika jatuh sakit, ini adalah tugas kita untuk menemukan makna di balik penyakit tersebut dengan membantu orang lain yang tidak dalam kondisi sehat.”[35] Raline rutin melakukan meditasi, yoga, dan detoksifikasi.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Keterangan
2012 5 cm Riani
2013 99 Cahaya di Langit Eropa Fatma
2014 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2
Supernova Rana
2015 Surga yang Tak Dirindukan Meirose
2016 Terpana Adaline
2017 Surga yang Tak Dirindukan 2 Meirose
2018 Polis EVO 2 Rian Film laga pertama
2019 Orang Kaya Baru Tika
2021 Sri Asih

Video musik[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Musisi Ref.
2011 "Terlalu Mendamba" Supernova [36]
“Berhenti di Kamu” Anji [37]
2013 “Burn” Iskandar Widjaja [38]
2015 “Aku Tahu” Ungu [39]
“All About Love” Andre Hehanussa [40]
2017 “Jadi Milikku” Marcell Siahaan [41]
2019 "Ready For Love" Vidi Aldiano [42]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
2014 Festival Film Bandung Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop 99 Cahaya di Langit Eropa Nominasi
2015 Festival Film Indonesia Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Surga yang Tak Dirindukan Nominasi
Festival Film Bandung Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop Menang
2016 Indonesian Box Office Movie Awards Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Menang
2018 Indonesian Box Office Movie Awards Surga yang Tak Dirindukan 2 Nominasi
2020 Anugerah Musik Indonesia Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi Soul/R&B Terbaik "Ready for Love" (bersama A. Nayaka & Vidi Aldiano) Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rachmawati, Yunita (2 Agustus 2008). "Raline Rahmat Syah, Siap Melaju ke 'Putri Indonesia'". KapanLagi.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  2. ^ a b 5 cm (2012) - IMDb (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2021-09-14 
  3. ^ Liputan6.com (2016-03-19). "Komentar Raline Shah di Instagram atas Kemenangannya di IBOMA". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  4. ^ "Raline Shah Profile". Indonesia Tatler (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-14. 
  5. ^ a b "Profil Singkat". rumah-harapan.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  6. ^ Media, Kompas Cyber (2020-10-07). "Raline Shah: Mendaki Gunung Kilimanjaro Itu Perjalanan Super Spiritual". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  7. ^ "Cerita di Balik Nama Kisaku, Kedai Kopi Milik Raline Shah dan Sahabat". suara.com. 2019-10-19. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  8. ^ "Dibalik Nama Kisaku, Kedai Kopi Milik Raline Shah". kumparan. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  9. ^ Liputan6.com (2019-09-13). "Raline Shah Buka Kedai Kopi yang Tulus, Ramah dan Terjangkau". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  10. ^ Times, I. D. N.; Alamudi, Arifin Al. "Family Time, 9 Potret Kompak Raline Shah Bareng Keluarga". IDN Times. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  11. ^ "Actress Raline Shah Thinks This Underdog Will Win the World Cup". UNRESERVED | Intelligence Is Sexy (dalam bahasa Inggris). 2018-06-26. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  12. ^ brilio.net. "Tanpa sensasi, ini 7 prestasi Raline Shah yang bikin bangga". brilio.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-14. 
  13. ^ "Life is Health". klikdokter.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  14. ^ "Data penonton tahun 2012". filmindonesia.or.id. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  15. ^ 5 cm - IMDb, diakses tanggal 2021-09-14 
  16. ^ "Raline Shah". IMDb. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  17. ^ Henggowo, Arnie (2015-11-13). "Ini Daftar Lengkap Nominasi Festival Film Indonesia 2015". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  18. ^ Sundari, Zulfa Ayu (2016-03-10). "Inilah Daftar Nominasi Indonesian Box Office Movie Awards 2016". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  19. ^ "Internship and Residency". Teater Garasi / Garasi Performance Institute (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-14. 
  20. ^ "About Us". Teater Garasi / Garasi Performance Institute (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-14. 
  21. ^ Othman, Kemalia (17 November 2018). "Demi 'Polis Evo 2', Raline Shah tolak tawaran lain 2 tahun - Hiburan | mStar". www.mstar.com.my. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  22. ^ Asrianti, Shelbi (11 April 2019). "Police Evo Soroti Kisah Polisi dan Kemanusiaan". Republika Online. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  23. ^ Iskandarsjah, Eric (18 April 2019). "Kisah Adu Kuat Polisi dan Teroris dalam Police Evo". Republika Online. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  24. ^ Riantrisnanto, Ruly (18 Maret 2019). "Police Evo, Debut Raline Shah di Film Action Bakal Tayang April 2019". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  25. ^ "Raline Shah Ingin Pakai Logat Batak di 'Timun Mas The Musical'". KapanLagi.com. 11 April 2013. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  26. ^ Sofyan, Eko Hendrawan (2013-04-10). "Raline Shah Unjuk Suara di "Timun Mas"". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  27. ^ "Rama Soeprapto". Kultural Indonesia - Kultural.id (dalam bahasa Inggris). 2018-11-12. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  28. ^ "Cerita di Balik Nama Kisaku, Kedai Kopi Milik Raline Shah dan Sahabat". suara.com. 2019-10-19. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  29. ^ "Dibalik Nama Kisaku, Kedai Kopi Milik Raline Shah". kumparan. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  30. ^ "Raline Shah Buka Kedai Kopi yang Tulus, Ramah dan Terjangkau". liputan6.com. 2019-09-13. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  31. ^ Abdel, Hana (2020-07-20). "Kisaku Coffee Shop / Seniman Ruang". ArchDaily (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-14. 
  32. ^ Tionardus, Melvina (2020-01-14). "Raline Shah Bangun Asrama untuk Anak-anak di Pedalaman Papua". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  33. ^ Yuliawati, Lis; Delviera, Maria Margaretha (2017-11-23). "Foto Bareng Bella Hadid, Raline Shah Jadi Sorotan". www.viva.co.id. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  34. ^ Riandi, Prawira Adi (2020-10-08). "Raline Shah Sempat Merasa Bersalah karena Film 5 Cm Meledak di Pasaran". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-09-14. 
  35. ^ Cerita Raline Shah Menemukan Kenyamanan dan Kedamaian - Daniel Tetangga Kamu, diakses tanggal 2021-09-14 
  36. ^ Supernova - Terlalu Mendamba (Official Music Video), diakses tanggal 2021-09-14 
  37. ^ Anji - Berhenti Di Kamu (Official Music Video), diakses tanggal 2021-09-14 
  38. ^ Iskandar Widjaja - "Burn" (ft.Raline Shah), diakses tanggal 2021-09-14 
  39. ^ UNGU - Aku Tahu | Official Video Clip, diakses tanggal 2021-09-14 
  40. ^ Andre Hehanussa - All About Love ( Official Teaser ), diakses tanggal 2021-09-14 
  41. ^ Marcell & Raline - Jadi Milikku (Official Music Video), diakses tanggal 2021-09-14 
  42. ^ Ready for Love - Vidi Aldiano feat. A.Nayaka, Raline Shah (Official Music Video), diakses tanggal 2021-09-14 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]