Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pulau Harapan
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Jakarta
Kabupaten Kepulauan Seribu
Kecamatan Kepulauan Seribu Utara
Kodepos 14540
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Pulau Harapan adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Pulau Harapan Tempatnya sungguh lumayan jauh dari wilayah Jakarta Kurang lebihnya 4 Jam jika Anda menggunakan Kapal Motor (Penumpang Tradisional), dari pelabuhan kali adem, dan 2 jam jika anda menggunakan Speedboat dari pantai marina ancol, disandingkan dengan Pulau Tidung dan Pulau Pramuka ataupun Pulau Pari. Dulunya, banyak info yg saya dapatkan dari internet mengatakan bahwa Pulau Harapan adalah sebuah Pulau dengan spot snorkeling yg paling eksotis di Kepulauan 1000 Pulau Harapan. Tempatnya sungguh sangat jauh dari wilayah Jakarta disandingkan dengan Pulau Tidung dan Pulau Pramuka ataupun Pulau Pari. Dulunya, banyak info yg saya dapatkan dari internet mengatakan bahwa Pulau Harapan adalah sebuah Pulau dengan spot snorkeling yg paling eksotis di Kepulauan 1000  Pulau Harapan merupakan destinasi wisata bahari yang relatif baru di Kepulauan Seribu. Informasi mengenai potensi wisata alam di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu ini baru ramai sejak awal tahun 2012. Wisata pulau harapan adalah juga merupakan wisata masyarakat. Pembenahan berbagai sarana dan prasarana masih gencar dilakukan hingga sekarang. Salah satu yang dibangun disana adalah taman terpadunya. Potensi besar sumber daya alam yang ada masih sangat mungkin untuk dikembangkan kedepannya.

Lokasi Pulau Harapan yang dikelilingi banyak pulau resort dan pulau pribadi disekitarnya. Posisi ini membuat pulau yang mayoritas penduduknya muslim ini sangat strategis. Kekayaan laut dan panorama alam sekitarnya membuat pulau ini sangat ideal untuk menjaring wisatawan. Salah satu kendala yang dihadapi adalah sumber daya manusia yang belum sadar akan pentingnya sektor wisata bagi kelangsungan hidup mereka. Kendala lain adalah masih minimnya fasilitas umum disana. Perlu adanya campur tangan pemerintah untuk mendorong sektor pariwisata ini agar lebih cepat berkembang.

Secara adminitratif, Pulau Harapan berada di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia ( sumber : Wikipedia ). Kelurahan Pulau Harapan sendiri membawahi 30 pulau dengan berdasarkan peruntukannya pulau-pulau tersebut dibagi menjadi 4 peruntukan. Pertama, pulau pemukiman yaitu Pulau Sabira dan Harapan. Kedua, pulau wisata ( resort ) yakni Pulau Putri Timur, Pulau Sepa Barat dan Pulau Pelangi. Ketiga, Pulau zona inti perlindungan yakni diantaranya Pulau Peteloran, Pulau Penjaliran, dan Pulau Belanda. Keempat, pulau cagar alam yakni diantaranya Pulau Dua, Pulau Jagung dan Pulau Rengit.

Salah satu objek wisata menarik di Pulau Harapan adalah wisata penangkaran penyu di Pulau Kelapa Dua dan penangkaran elang di Pulau Kotok. Burung Elang adalah maskot kota Jakarta. Jika memungkinkan traveller dapat mengunjungi penangkaran elang di Pulau Kotok dengan dipandu oleh petugas setempat. Wisatawan juga dapat ikut berkontribusi untuk melestarikan penyu sisik dengan menyumbangkan dana untuk pengembangan pembiakan penyu sisik di Pulau Kelapa Dua. Objek wisata lainnya tidak jauh beda dengan pulau wisata penduduk seperti Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. Terumbu karang yang sangat terjaga karena berada dalam perlindungan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Para pengunjung harus berhati-hati jika snorkeling jangan sampai malah merusak habitat terumbu karang yang sudah ada.

Sekarang ini wisata pulau harapan sudah cukup berkembang. Banyak wisatawan yang mulai melirik pulau ini sebagai tujuan liburan mereka. Hal ini memberi berkah tersendiri bagi warga yang tinggal di sana. Demikian juga bagi para penyedia jasa travel di kepulauan seribu. Permintaan kunjungan wisatawan di akhir pekan dan hari libur nasional semakin hari semakin tinggi. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk menjadi agen travel pulau harapan.

Para penyedia jasa travel ini kemudian berpacu menawarkan paket wisata kepada calon wisatawan. Target utama mereka adalah para traveller dari daerah sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Para pengunjung biasanya mencari informasi tentang pulau harapan melalui internet. Banyak dari pengunjung ini ternyata juga pernah datang ke pulau lain seperti Pulau Pari. Rasa penasaran yang tinggi dan ingin merasakan suasana yang berbeda dari pulau lain mendorong sebagian pengunjung mencoba pulau ini sebagai tujuan berikutnya traveling mereka.