Pulau Pramuka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pulau Pramuka
Pelabuhan Pulau Pramuka
Pulau Pramuka di Jawa
Pulau Pramuka
Pulau Pramuka
Lokasi di Pulau Jawa
Pulau Pramuka di Indonesia
Pulau Pramuka
Pulau Pramuka
Pulau Pramuka (Indonesia)
Geografi
LokasiTeluk Jakarta
Koordinat5°44′46″S 106°36′50″E / 5.746°S 106.614°E / -5.746; 106.614
KepulauanKepulauan Seribu
Luas16[1] ha
Titik tertinggi2 m
Pemerintahan
NegaraIndonesia
ProvinsiDKI Jakarta
KabupatenKepulauan Seribu
KecamatanKepulauan Seribu Utara
KelurahanPulau Panggang
Kependudukan
Penduduk+2,000[1] jiwa
Kelompok etnikBetawi, Sunda, Melayu, Bugis, Jawa, Madura, Minangkabau.[2]

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau sekaligus ibu kota kabupaten yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pulau Pramuka pada saat era orde lama bernama Pulau Lang/Elang, karena terdapat banyak burung elang bondol saat itu.[butuh rujukan] Hingga tahun 1980-an masih dapat ditemukan elang bondol, yang sekarang dikenal sebagai lambang Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta. Elang-elang itu hilang seiring pembersihan pulau untuk dijadikan permukiman.

Asal usul nama Pulau Pramuka didapatkan karena banyak diadakannya kegiatan kepanduan di pulau ini. Sebelum adanya Bumi Perkemahan Cibubur di Jakarta, pihak kepramukaan mengirim anggotanya untuk berlatih di pulau ini. Ini berlangsung sekitar tahun 1950-an hingga 1970-an.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Masyarakat yang mendiami Pulau Pramuka sebagian besar merupakan etnis Betawi, Bugis, Banten, Madura, dan Minangkabau.[3] 99,8% penduduk tetap Pulau Pramuka beragama Islam, 0,2% beragama Katolik dan lainnya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Tata tempat tinggal dan sanitasi di Pulau Pramuka cukup baik. Sarana dan prasarana cukup memadai, mulai dari masjid, rumah sakit, kantor pos, sekolah, dermaga, TPI (Tempat Pelelangan Ikan), villa dan penginapan bagi pengunjung wisata.

Sarana Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sarana pendidikan di Pulau Pramuka cukup baik. Terdapat empat buah taman kanak-kanak (TK) dan PAUD, satu buah SD, satu buah Madrasah Diniyah, satu buah SMP, satu buah Madrasah Tsanawiyah, dan satu buah SMA. Total terdapat sembilan sarana pendidikan berjenjang.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Pulau ini dapat dicapai melalui perjalanan laut dengan menggunakan perahu motor tradisional dari pelabuhan Kali Adem di Muara Angke, Kelurahan Kapuk Muara; atau dengan menggunakan perahu motor cepat (speedboat) dari dermaga kapal Marina Ancol di kompleks Taman Impian Jaya Ancol.[4]

Apabila ingin melakukan perjalanan ke pulau lainnya di Kepulauan Seribu, pengunjung dapat menyewa ojek perahu untuk diantar langsung ke Pulau Panggang, Pulau Karya, Pulau Semak Daun, dan pulau-pulau lainnya.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Di pulau ini terdapat sarana pelestarian penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang saat ini jumlahnya sudah sedikit sehingga dilindungi.[4] Selain itu terdapat pula penanaman bakau sebagai upaya perbaikan pertahanan pantai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kecamatan Kepulauan Seribu Dalam Angka 2019". BPS Kabupaten Kepulauan Seribu. 26 September 2019. Diakses tanggal 29 Agustus 2020. 
  2. ^ "Database Jurnal Ilmiah Indonesia Vol.1 No.3". Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 2016-06-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-07. Diakses tanggal 29 Agustus 2020. 
  3. ^ Susetyadi, Ari, Muhammad Yusuf, Lukiana, Evaluasi Bandar Udara Pulau Panjang Dalam Menunjang Pariwisata Di Kepulauan Seribu[pranala nonaktif permanen], halaman 397. [1][pranala nonaktif permanen], Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Vol. 1, No. 3, Tahun 2009. Diakses 1 Februari 2011.
  4. ^ a b Bonny, Dwifriansyah (22 November 2009). "Menjelajahi Kepulauan Seribu, Asyiknya Ber-snorkeling". Koran Tempo. Diakses tanggal 14 Oktober 2020.