Pondokmelati, Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pondok Melati, Bekasi)
Pondokmelati
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KotaBekasi
Kode Kemendagri32.75.12 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan4

Pondokmelati adalah sebuah kecamatan di Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia yang merupakan pemekaran dari kecamatan Pondok Gede sejak tahun 2005.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah kemerdekaan hingga tahun 1957 nama "Pondok Melati' belum dikenal, melainkan hanyalah sebuah desa bernama Jati Melati yang merupakan wilayah paling selatan dari Pondok Gede, bagian dari Kabupaten Jatinegara (1945-1950) hingga Kabupaten Bekasi yang berbatasan langsung dengan wilayah Kawedanan Jonggol, bagian dari Kabupaten Bogor, tepatnya Desa Karanggan (Sekarang Kecamatan Jatisampurna). Wilayah pembatas dengan Kawedanan Jonggol berada daerah yang kini bernama "Ujung Aspal Pondok Gede" di Kelurahan Jatimurni .[1]

Pada tahun 2001 wacana pembentukan Kecamatan Pondok Melati pun mulai dibahas, rencananya beberapa kelurahan di wilayah selatan Kecamatan Pondok Gede akan menjadi wilayah dari Pondok Melati. Kecamatan Pondok Melati menjadi kecamatan terakhir yang dimekarkan dari Pondok Gede. Akhirnya, pada 2005 berdasarkan Perda Kota Bekasi Nomor 03 Tahun 2005 Tentang Perubahan Pertama Perda Kota Bekasi Nomor 04 Tahun 2004 Tentang Pembentukan Wilayah Administratif Kecamatan dan Kelurahan Kota Bekasi, secara definitif Kecamatan Pondok Melati berdiri.[2]

Di wilayah kecamatan ini terdapat daerah Jati Murni, Kampung Sawah yang cukup dikenal dengan kerukunan umat beragamanya. Hal itu ditunjukkan dengan adanya gereja Katolik, gereja Kristen Pasundan dan masjid yang letaknya saling berdekatan didukung dengan warga yang mampu menjaga toleransi.

Akses menuju wilayah kecamatan ini semakin mudah dan terbuka sejak adanya Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta/JORR, melalui gerbang tol Jatiwarna.

Desa/Kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kelurahan di kecamatan ini adalah:

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Angkutan umum yang biasa melewati daerah Pondokmelati:

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • SMP Negeri 35 Bekasi Jl. Komp. Huma Akasia, Jatiwarna
  • SMA Negeri 16 Bekasi Jl. Arteri Tol JORR, Jatimelati
  • SMK Negeri 10 Bekasi Jl. Servas, Kampung Sawah, Jatimurni

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ kumparan.com. "Corak Kapitalisme dalam Lirik Lagu Ujung Aspal Pondok Gede". kumparan.com. Diakses tanggal 2022-07-19. 
  2. ^ bekasikota.go.id. "Profil Pondok Melati". bekasikota.go.id. Diakses tanggal 2022-07-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Pondokmelati, Bekasi