Polkadot (proyek)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Polkadot
Polkadot Network Logo.jpg
Perancang awalWeb3 Foundation
PengembangParity Technologies LTD.
Situs webhttps://polkadot.network

Polkadot merupakan usulan pertukaran multi-rantai heterogen dan terjemahan arsitektur yang memungkinkan kustomisasi rantai-sampingan untuk menghubungkan dengan publik blockchains. Melalui Polkadot, berbagai blockchains dapat mengirim dan menerima pesan antara satu sama lain dalam cara yang aman dan tepercaya.[1]

Protokol ini diciptakan oleh co-founder Ethereum Gavin Wood,[2] dan menggalang $144.3 juta Penawaran Koin Terawal pada oktober 2017.[3]

Polkadot adalah proyek yang direncanakan oleh Fondasi Web3, sebuah yayasan Swiss dengan misi memelihara dan memanajemen teknologi serta aplikasi di bidang protokol perangkat lunak desentralisasi web, terutama mereka yang memanfaatkan metode kriptografi modern untuk menjaga desentralisasi, demi kepentingan dan kestabilitas ekosistem Web3 [4].

Protokol[sunting | sunting sumber]

Deskripsi umum[sunting | sunting sumber]

Protokol Polkadot ini dimaksudkan untuk menjadi teknologi multi-rantai heterogen yang dapat diskalabilitaskan. Tidak seperti implementasi blockchain sebelumnya yang hanya difokuskan pada penyediaan rantai tunggal dari berbagai tingkat umum atas aplikasi yang berpotensi, Polkadot akan menyediakan landasan rantai-relay dimana di atasnya terdiri dari sejumlah struktur data dinamis besar yang tervalidasi secara global dapat di-host.

Polkadot dapat dianggap setara dengan satu set independen rantai (misalnya: set tersebut mengandung Ethereum, Ethereum Klasik, Namecoin dan Bitcoin) kecuali untuk dua poin yang sangat penting: sekuritas pool dan transaksi interchain tepercaya.

Polkadot dianggap "terukur" dalam desain. Pada prinsipnya, masalah yang harus dikerahkan pada Polkadot mungkin substansial parallelised skala keluar - dari sejumlah besar parachains. Karena semua aspek dari masing-masing parachain dapat dilakukan secara paralel dengan segmen yang berbeda dari jaringan, sistem ini memiliki beberapa kemampuan untuk skala.

Polkadot ini dimaksudkan untuk memberikan tulang belakang infrastruktur yang meninggalkan banyak kompleksitas yang akan dibahas pada tingkat menengah.[5]

Polkadot dibangun untuk menghubungkan rantai pribadi/konsorsium, jaringan umum/permissionless, nubuat dan perkembangan teknologi di masa depan yang belum pernah ada di ekosistem Web3. Hal ini memungkinkan aplikasi internet di mana blockchains independen dapat bertukar informasi dan transaksi tepercaya melalui rantai relay Polkadot, dengan prinsip utama dari skalabilitas, tata kelola dan interoperabilitas[6].

Pada tingkat tinggi, Polkadot berupaya untuk memecahkan masalah berikut[7]:

  • Interoperabilitas: Polkadot ini dirancang untuk memungkinkan aplikasi dan kontrak pintar pada satu blockchain bertransaksi dengan data dan aset pada rantai lain secara mulus[7].
  • Skalabilitas: Polkadot memberikan kemampuan untuk menjalankan beberapa parachains*, masing-masing memproses beberapa transaksi secara paralel, yang memungkinkan jaringan untuk mendapatkan skalabilitas tak terbatas[7].
  • Perkongsian Sekuritas: Dengan Polkadot, sekuritasnya dikumpulkan dalam jaringan, yang berarti bahwa rantai individu dapat memanfaatkan keamanan kolektif tanpa harus mulai dari awal untuk mendapatkan traksi dan kepercayaan[7].
Infografik sekuritas pool oleh jaringan Polkadot

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dr. Gavin James Wood[sunting | sunting sumber]

Gavin Wood adalah co-founder dan direktur Parity Technologies[8]. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Chief Technology Officer dan co-founder dari Proyek Ethereum, co-desainer Protokol Ethereum, penulis spesifikasi formal, dan menciptakan serta menulis implementasi Ethereum yang berfungsi. Dia mengatur bahasa Soliditas, merupakan kepala proyek dari IDE, dan merancang serta mengimplementasikan protokol Whisper . Gavin memegang gelar PhD di bidang Ilmu Komputer dari University of York[9].

Dr. Wood merilis Polkadot kertas putih[10] pada tanggal 14 November 2016. Protokol ini kemudian memutuskan untuk disupervisi oleh Web3 Foundation, yang didirikan pada bulan juni 2017.

Initial Coin Offering (ICO)[sunting | sunting sumber]

Polkadot meluncurkan penjualan token pada tangal 15 oktober 2017. Format penjualan token ialah Harga Kedua Lelang Belanda. ICO ditutup pada tanggal 27 oktober 2017 dengan total 485,331 ETH (Ether, mata uang blockchain Ethereum).

Token (DOT)[sunting | sunting sumber]

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Token DOT menyajikan 3 tujuan yang berbeda: tata kelola melalui jaringan, operasi, dan ikatan.

Yayasan Web3

Pemegang token Polkadot memiliki kontrol penuh atas protokol. Semua hak istimewa, yang pada platform lain cuma eksklusif untuk para penambang, akan diberikan ke peserta rantai relay (pemegang DOT), termasuk mengelola acara spesial seperti upgrade protokol dan perbaikan.

Teori permainan mendorong pemegang token untuk berperilaku dalam cara jujur. Aktor yang baik akan dihargai oleh mekanisme ini sementara aktor yang buruk akan kehilangan asset mereka di jaringan. Hal ini memastikan jaringan tetap aman.

Parachains baru ditambahkan oleh ikatan token. Parachain yang usang atau tidak berguna dihapus dengan cara menghapus token yang terikat. Ini merupakan bentuk Proof of Stake.

DOT adalah token, dan DOT akan dirilis setelah peluncuran genesis block Polkadot .

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Web3 Foundation telah menugaskan Parity Technologies untuk membangun Protokol Polkadot. Pekerjaannya sedang berlangsung .

Peluncuran genesis block Polkadot diperkirakan terjadi pada Q3 tahun 2019. Beberapa profil tinggi blockchain protokol telah menyatakan minatnya untuk membangun Polkadot Parachain, seperti Melonport.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pokadot Paper by Gavin Wood
  2. ^ "The Hottest ICOs Are the Ones That Have Done the Least Amount of Work". Bloomberg Technology. Diakses tanggal 19 December 2017. 
  3. ^ "Weekly Cryptocurrency and ICO Market Analysis [October 23-29, 2017]". coinspeaker.com. Diakses tanggal 19 December 2017. 
  4. ^ Team, Web3 Foundation (2017-12-08). "Hello World". Web3 Foundation. Diakses tanggal 2017-12-19. 
  5. ^ "Polkadot". polkadot.network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-19. 
  6. ^ "Polkadot". polkadot.network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-19. 
  7. ^ a b c d "Polkadot Lightpaper" (PDF). Polkadot Network. 
  8. ^ "Parity Technologies". paritytech.io. Diakses tanggal 2017-12-19. 
  9. ^ "Web3 Foundation | Nurtures and stewards technologies and applications in the fields of decentralized web software protocols". web3.foundation (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-19. 
  10. ^ polkadot-white-paper: The technical vision paper for Polkadot, a heterogeneous extensible multi-chain, Web 3 Foundation, 2017-11-17, diakses tanggal 2017-12-19 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]