Counterparty (platform)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Counterparty
Screenshot
Halaman arahan counterwallet
LisensiMIT
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Counterparty adalah platform keuangan peer-to-peer dan terdistribusi, protokol Internet open source yang dibangun di atas blockchain dan jaringan Bitcoin. Itu adalah salah satu platform "Bitcoin 2.0" yang paling terkenal (kemudian dikenal sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan) pada tahun 2014, bersama dengan Mastercoin, Ethereum, Koin Berwarna, Ripple, dan BitShares. Ini adalah protokol tipe "metacoin". Ini menyediakan fitur seperti mata uang buatan pengguna yang dapat diperdagangkan, instrumen keuangan tambahan, dan pertukaran aset terdesentralisasi. Pada bulan November 2014, Counterparty menambahkan dukungan untuk Ethereum Virtual Machine ke protokol Counterparty dan memungkinkan semua aplikasi desentralisasi Ethereum untuk dijalankan di blockchain Bitcoin dalam protokol Counterparty.[1]

Counterparty memiliki mata uang asli, XCP, yang dibuat selama Januari 2014 oleh 'proof of burn', alternatif unik untuk crowdsale atau ICO, yang dirancang untuk memaksimalkan legitimasi proyek dengan menghilangkan kemungkinan sumber ketidakadilan dalam peluncuran. Untuk membuat XCP dalam jaringan, 2140 BTC, senilai antara US$ 1,6 juta dan US$ 2 juta pada saat itu, dihancurkan dengan mengirimkannya ke alamat Bitcoin yang terbukti tidak dapat digunakan. XCP digunakan dalam protokol Counterparty untuk membuat aset baru, membuat taruhan, dan aset callback yang dapat dipanggil yang diterbitkan dengan Counterparty. Counterparty menggunakan bukti pembakaran untuk mengeluarkan XCP, alih-alih teknik penggalangan dana yang lebih tradisional untuk peluncuran altcoin, untuk menjaga distribusi awal dana seadil dan terdesentralisasi mungkin, dan untuk menghindari potensi masalah hukum.

counterpartyd adalah implementasi referensi dari protokol Counterparty, dan Counterwallet adalah frontend web-wallet deterministik untuk counterpartyd, di mana semua kriptografi ditangani di sisi klien. Keduanya open source dan dihosting di GitHub.

Pada tahun 2014, Counterparty adalah bagian dari rencana Overstock.com untuk menerbitkan dan memperdagangkan sekuritas legal di blockchain. Inisiatif ini, awalnya bernama "Medici", akhirnya menjadi tZERO Overstock.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bloomberg - Are you a robot?". www.bloomberg.com. Diakses tanggal 2021-12-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]