Airdrop (mata uang kripto)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Airdrop adalah distribusi token atau koin cryptocurrency, biasanya gratis, ke berbagai alamat dompet mata uang kripto. Airdrop dapat diimplementasikan sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan pengikut baru, menghasilkan basis pengguna yang lebih besar dan pembayaran koin yang lebih luas.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Airdrop bertujuan untuk memanfaatkan efek jaringan dengan melibatkan pemegang mata uang berbasis blockchain tertentu, seperti Bitcoin atau Ethereum dalam mata uang atau proyek mereka.[1]

Ada dua cara untuk mendistribusikan token dari Airdrop:

dengan memilih penerima secara acak atau  mempublikasikan acara tersebut di papan buletin atau buletin yang terkait dengan airdrop. Biasanya, pemegang koin Ethereum yang bernilai lebih dari ambang batas tertentu akan menerima berbagai token tanpa memintanya. Banyak situs web yang mengiklankan cryptocurrency Airdrops dan  tempat yang baik untuk mempelajari tentang Airdrops yang akan datang adalah Media sosial.

Pengguna Cryptocurrency bisa mendapatkan cryptocurrency gratis dengan mendukung proyek yang mengeluarkan koin melalui Airdrop. Biasanya Airdrop memiliki banyak persyaratan yang harus dipenuhi, seperti bergabung dalam suatu channel. Telegram,Repost tweet atau undang pengguna baru untuk mengikuti proyek. Jika peserta perlu menyumbangkan modal untuk proyek tersebut, maka hal tersebut tidak dapat dianggap sebagai Airdrop melainkan ICO.

Airdrop dapat dianggap, Strategi pemasaran yang sangat efektif dan umum di antara proyek cryptocurrency baru. Tujuannya biasanya untuk menyebarkan berita tentang produk, koin, atau pertukaran tertentu di dunia cryptocurrency. Selain itu, pemegang token baru diberi insentif untuk keberhasilan proyek karena memiliki sejumlah koin sendiri.[2]

Airdrop pertama kali digunakan oleh proyek Auroracoin pada 25 Maret 2014.[3] Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2017 strategi ini semakin populer[4] di  komunitas cryptocurrency  ingin memperluas komunitas proyeknya. Karena efektivitas strategi ini, banyak aktivitas promosi saat ini yang tampak tidak diinginkan/berisi spam atau curang. Karena reputasi buruk ini, banyak jejaring sosial khususnya Facebook, sekarang menolak untuk mengizinkan iklan yang mempromosikan berbagai uang elektronik seperti cryptocurrency.[5]

Di Amerika Serikat, praktik ini menimbulkan pertanyaan tentang liabilitas pajak dan apakah jumlah tersebut merupakan pendapatan atau capital gain.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BJORØY, Trond Vidar (2017-09-06). "The latest crypto PR craze: 'Airdropping' free coins into your wallet". venturebeat.com. 
  2. ^ "Bagaimana DeFi Airdrops Memberi Insentif Beberapa Dompet Ethereum". id.bitcoinethereumnews.com. 2021-10-23. 
  3. ^ "Cara Mendapatkan Uang di Internet dari Airdrop Crypto". glancearena.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-23. Diakses tanggal 2021-11-22. 
  4. ^ "Cryptocurrency Airdrops [Different Types, Pros & Cons]". review42.com. Ace Bagtas. 2021-10-23. Diakses tanggal 2021-11-22. 
  5. ^ "Facebook bans all crypto-currency ads". bbc. Dave Lee. Diakses tanggal 2021-11-22. 
  6. ^ kahlilg. "Panduan Belajar Airdrop Crypto". Airdropindo.com. Diakses tanggal 2023-9-12.