Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kendari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kendari merupakan unit pelaksanaan teknis institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di lingkungan Kementerian Kesehatan. Berada di bawah Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Poltekkes Kemenkes Kendari merupakan satu dari 38 Poltekkes yang ada di Indonesia.

- V i s i Menjadi Perguruan Tinggi Kesehatan yang Unggul dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi Kesehatan dan Etik untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Daerah Pesisir dan Kepulauan serta Mampu Bersaing pada Tingkat Nasional dan Asia Tenggara.

- M i s i 1.

  1. Menyelenggarakan Tata Kelola Institusi yang Sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu
  2. Menyelenggarakan Pendidikan untuk Menghasilkan Lulusan yang Unggul dan Berdaya Saing pada Tingkat Nasional dan Asia Tenggara dengan Dukungan Teknologi Informasi.
  3. Menyelenggarakan Kegiatan Penelitian Kesehatan Terapan yang Berkualitas, Berkesinambungan dan Terpublikasi pada Tingkat Nasional maupun Internasional.
  4. Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Memenuhi Kebutuhan Program Pembangunan di Bidang Kesehatan, serta Terpublikasi pada Tingkat Nasional maupun Internasional.
  5. Mengembangkan Kerjasama dan Kemitraan di Tingkat Lokal, Nasional dan Asia Tenggara.

Poltekkes Kemenkes Kendari terdiri dari 3 kampus terpisah dengan 4 Jurusan (Jurusan Keperawatan, Jurusan Kebidanan, Jurusan Gizi, Jurusan Teknologi Laboratorium Medik) yang terbagi kedalam 6 Program Studi pilihan, yakni

  1. Program Studi D-III Keperawatan Kendari
  2. Program Studi D-III Keperawatan Buton
  3. Program Studi D-III Kebidanan
  4. Program Studi D-IV Gizi
  5. Program Studi D-III Gizi
  6. Program Studi D-III Teknologi Laboratorium Medik

Kampus terpadu untuk jurusan Keperawatan kendari, Kebidanan, dan Teknologi Laboratorium Medik, terletak di Jl. Jendral AH Nasution G14 Andounohu Kota Kendari, Kampus Gizi di Puuwatu Kota Kendari, dan Kampus Keperawatan Buton yang pengelolaannya diserahkan kepada Poltekkes Kemenkes Kendari sejak Januari 2021.

Selain menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, sebagai perguruan tinggi kesehatan yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Poltekkes Kemenkes Kendari memiliki pusat dan unit yang mengelola kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, penerbitan jurnal dan hak kekayaan intelektual, dan pengembangan non akademik (kegiatan kemahasiswaan).

Untuk memberikan layanan penerbitan jurnal sebagai luaran kajian ilmiah, Poltekkes Kemenkes Kendari memiliki jurnal Health Information : Jurnal Penelitian (HIJP) yang tidak membebankan biaya penerbitan karena HIJP menggunakan diamond open access sebagai model bisnis. Selain itu, pengelolaan jurnal ini menggunakan standar internasional untuk mengarsipkan artikel terbitan.

Untuk peningkatan kualitas pendidikan, Politeknik Kesehatan Kendari memiliki beberapa fasilitas penunjang, yakni:

  1. Ruang kegiatan belajar mengajar
  2. Ruang Laboratorium untuk tiap jurusan
  3. Perpustakaan Terpadu
  4. Auditorium
  5. Ruang CBT (Computer Based Test)
  6. Lapangan Badminton
Peta