Phrynosomatidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Phrynosomatidae
Periode Kapur Akhir - masa kini, 85–0 jtyl
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoSquamata
UpaordoIguania
FamiliPhrynosomatidae
Fitzinger, 1843
Genus
Callisaurus

Cophosaurus
Desertiguana
Holbrookia
Petrosaurus
Phrynosoma
Sceloporus
Uma
Urosaurus

Uta

Phrynosomatidae adalah sebuah famili kadal (terkadang diklasifikasikan sebagai subfamili Phrynosomatinae) yang dapat ditemukan dari Panama ke ujung ekstrem Kanada. Banyak anggota dari kelompok ini telah beradaptasi untuk hidup di daerah gurun yang panas dan kering, namun kadal pagar lebih memilih gurun berbatu serta pinggiran hutan yang relatif lembap, dan kadal tanduk-pendek yang hidup di prairi dan lingkungan sagebrush. Kelompok ini mencakup spesies vivipar dan ovipar. Spesies vivipar lebih sering dijumpai hidup di ketinggian tinggi.[2]

Catatan fosil terawal dari kelompok ini berasal dari periode Kapur Akhir di Mongolia dan masuk kedalam genus Desertiguana.[3] Karena kadal Phrynosomatidae hanya diketahui dari Amerika Utara, sisa-sisa ini menunjukkan bahwa anggota kelompok ini memiliki distribusi yang lebih luas pada masa prasejarah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wikispecies.
  2. ^ Bauer, Aaron M. (1998). Cogger, H.G.; Zweifel, R.G., ed. Encyclopedia of Reptiles and Amphibians. San Diego: Academic Press. hlm. 142–144. ISBN 0-12-178560-2. 
  3. ^ "Fossilworks: Desertiguana". www.fossilworks.org. Diakses tanggal 2022-07-20.