Xenosauridae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Xenosauridae
Berkas:Xenosaurus grandis.jpg
Xenosaurus grandis
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Famili: Xenosauridae
Cope, 1886

Xenosauridae adalah keluarga kadal anguimorph dari genus Xenosaurus, yang berasal dari Amerika Tengah. Dalam Xenosauridae terdapat genus yang sudah punah, yaitu Exostinus dan Restes. Juga dikenal sebagai tombol skala kadal, mereka telah bulat, bergelombang timbangan dan osteoderm. Sebagian besar spesiesnya hidup di daerah lembab atau semi-akuatik, meskipun mereka tersebar luas dalam daerah asalnya, dengan beberapa bahkan menghuni lingkungan semak semi-gersang. Mereka adalah karnivora atau pemakan serangga, dan melahirkan hidup muda.[1]

Shinisaurus, kadal buaya cina, pernah juga dianggap sebagai anggota Xenosauridae, tetapi studi terbaru hubungan evolusioner anguimorphs mempertimbangkan Shinisaurus untuk menjadi lebih erat terkait dengan biawak dan helodermatids daripada Xenosaurus. catatan fosil dari Xenosauridae dapat ditelusruri hingga ke akhir Cretaceous dengan spesies Exostinus lancensis. Xenosauridae adalah bagian dari yang lebih besar klad atau evolusi pengelompokan yang disebut Carusioidea, yang, di samping xenosaurids, termasuk genus punah Carusia.

Kadal buaya cina (Shinisaurus crocodilurus) pernah dianggap sebagai Xenosaurid.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bauer, Aaron M. (1998). Cogger, H.G.; Zweifel, R.G., ed. Encyclopedia of Reptiles and Amphibians. San Diego: Academic Press. hlm. 159–160. ISBN 0-12-178560-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]