Peter Weiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Peter Weiss adalah penulis, pelukis, sutradara film Jerman.[1] Nama aslinya adalah Peter Ulrich Weiss. Dia lahir pada 8 November tahun 1916 di Nowawes, Jerman. Dia wafat pada usia 65 tahun, tanggal 10 Mei tahun 1982 di Stockholm, Swedia. Dia dikenal luas di Eropa dan Amerika Serikat sebagai seorang penulis drama Jerman dan novelis pada tahun 1960-an.

Weiss berasal dari keluarga berpendidikan dan terpandang[2]. Dia adalah anak dari seorang yang bergerak di bidang manufaktur tekstil. Ayahnya seorang Yahudi tetapi memilih kepercayaan Kristen. Weiss pun tumbuh sebagai seorang Lutheran. Ayahnya pernah berkarier di dunia militer, sedangkan ibunya memilih untuk meninggalkan dunia akting dan menjadi ibu rumah tangga setelah menikah. Weiss menggambarkan kehidupan masa kecilnya dalam satu paragraf autobiografi, "Leavetaking", yang diterbitkan di Jerman pada tahun 1961.

Sebagai pelajar muda, dia tertarik pada banyak hal, termasuk seni dan sastra. Dia banyak bergaul dengan masyarakat. Saat beranjak usia 20-an, dia sudah menulis novel dan melukis.

Karena adanya persekusi oleh Nazi pada tahun 1934, dia dan keluarganya harus pindah dari Jerman dan hidup berpindah-pindah negara sebelum akhirnya menetap di Swedia pada tahun 1939. Dia pernah tinggal sementara di Inggris, Switzerland, dan Republik Cheska. Dia tinggal di Swedia hingga perang berakhir.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum memulai karier sebagai penulis dan pelukis, Weiss pernah menimba ilmu di beberapa institusi, termasuk Polytechnic School of Photography di London dan Art Academy di Stockholm. Karya-karya lukisnya pertama kali dibuat pameran seni pada tahun 1936. Drama pertamanya yang berjudul Der Turn atau The Tower diterbitkan pada tahun 1950.

Dia kemudian bergabung dengan Swedish Experimental Film Studio pada tahun 1952. Selain membuat beberapa film yang banyak dipengaruhi oleh Surealisme, pada masa itu ia juga mengajar melukis di Stockholm’s People’s University.

Weiss pernah membuat ilustrasi untuk edisi Swedia dari Thousand and One Nights yang kemudian dijadikan sebuah fiksi dan drama. Karya awalnya banyak memakai bahasa Swedia, tapi ia memutuskan untuk memublikasikan karyanya dalam bahasa Jerman pada tahun 1950. Karyanya banyak dipengaruhi oleh novelis Jerman bernama Franz Kafka dan penulis Amerika bernama Henry Miller.

Weiss mendapatkan reputasi internasional lewat produksi “The Persecution and Assassination of Jean-Paul Marat as Performed by the Inmates of the asylum of Charenton under the Direction of the marquis de Sade”. Drama ini mendapat respons yang luar biasa dari para insan pers.[3] Mereka bahkan menahbiskan Weiss sebagai penerus Brecht atau ‘Brecht yang baru‘. Drama ini mengisahkan Marquis de Sade yang membuat dan mementaskan sebuah drama pada tahun 1808 tentang pembunuhan Marat tahun 1793. Drama ini mengungkapkan konflik diri seorang individu versus kemauan untuk melakukan revolusi.

Drama Marat/Sade pertama kali dipertunjukkan pada tahun 1964 di Schiller Theater di Jerman Barat. Karya yang juga ditampilkan di New York, Amerika Serikat ini diapresiasi oleh seorang sutradara legendaris, Peter Brook. Brook kemudian menyutradarai versi filmnya pada 1967.

Drama dia selanjutnya, Die Ermittlung atau The Investigation yang muncul tahun 1965. Karyanya ini sebuah drama dokumenter bertema politik yang dicipta ulang dari peristiwa Frankfurt Auschwitz 1963-1965.

Karya-karya[sunting | sunting sumber]

Dia terkenal lewat karya-karyanya, antara lain:

  • Marat/Sade
  • The Investigation
  • The Song of the Lusitanian Bogey
  • Viet Nam Diskurs
  • Der Schatten des Korpers des Kutschers
  • Abschied von den Eltern

Karyanya yang berupa novel adalah “The Shadow of The Body of The Coachman“ tahun 1960, “TheLeavetaking” tahun 1961, dan "Exile" tahun 1962. Weiss bersikap jujur terhadap sisi humanistisk, liberal, dan prinsip politiknya semasa hidup. Dia mengekspresikan semuanya lewat drama-drama dan novel-novel yang kini telah diterjemahkan ke banyak bahasa.

Weiss banyak memenangkan penghargaan, antara lain Buchner Prize pada 1982, Charles Veillon Prize tahun 1963, Lessing Prize tahun 1965, Heinrich Mann Prize tahun 1966, dan Swedish Theatre Critics Prize tahun 1982. Dia merupakan anggota dari Gruppe 47, asosiasi penulis berbahasa Jerman setelah Perang Dunia II.

Pada tahun 1970, Weiss terkena serangan jantung. Sejak itu, dia mulai mengurangi kegiatan menulisnya. Dia pun mengadaptasi beberapa karya dari pengarang lain, seperti Strindberg dan Franz Kafka. Namun, pada tahun 1973, dia berhenti menulis dan membuat karya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Peter Weiss | German writer". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-11. 
  2. ^ "Peter Weiss". IMDb. Diakses tanggal 2017-11-11. 
  3. ^ "Peter Weiss (1916-1982)". www.imagi-nation.com. Diakses tanggal 2017-11-11.