Pembicaraan:Sistem imun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mantan AP Artikel ini adalah mantan kandidat artikel pilihan. Silakan lihat halaman penilaiannya untuk mengetahui mengapa pengusulannya gagal.
ProyekWiki Biologi (Dinilai kelas A, High)
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biologi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biologi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 A  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas A pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 

Imunitas[sunting sumber]

Imunitas dipindahkan saja dengan judul "Kekebalan". Lagipula, bahasanya masih terkesan baru dan belum dikenal masyarakat. Tidak semua artikel berakhiran -ty harus diartikan dengan -tas. Trims FarrasLa Poste 12:45, 15 Maret 2008 (UTC)

Tapi kekebalan dapat berarti kekebalan karena tenaga dalam, atau hal2 lain yg tidak berkaitan dengan sistem pertahanan biologis. Lebih setuju imunitas. Kembangraps 12:49, 15 Maret 2008 (UTC)
Saya rasa Imunitas lebih to the point! Klo mau kekebalan saja kurang to the point & nanti judulnya bisa kepanjangan & ga efisien (walau kelihatannya cuma dua kata)! NoiX180 14:07, 15 Maret 2008 (UTC)

Ruang lingkup Sistem kekebalan[sunting sumber]

Pembatasan ruang lingkup membutuhkan pemahaman yang cukup dalam. Sayang aku tidak punya latar belakang medis. Buku yang kupakai sebagai kerangka awal adalah buku Immunobiology karangan Charles A. Janeway. Penjelasannya cukup gamblang tapi alur yang disajikan masih diskrit. Lalu kugunakan referensi lain untuk melengkapi/verifikasi Janeway. Ruang lingkup yang selama ini kupahami:

  • Sistem kekebalan. Penjelasan umum sistem kekebalan pada semua makhluk dan patogen apa saja yang direspon oleh sistem ini.
  • Sistem kekebalan turunan. Proses respon sistem terhadap infeksi awal, baik yang bersifat paparan maupun difusi, hingga stimulasi sel dendritik untuk bermigrasi ke nodus limfa.
  • Sistem kekebalan tiruan. Proses respon sistem terhadap infeksi akut, dimulai dari terpicunya sistem oleh sel dendritik pada nodus limfa.
  • Sistem komplemen. Penjelasan tiga lintasan komplemen dan peran dalam sistem kekebalan turunan dan tiruan.
  • Infeksi. Pembagian dua jenis infeksi, paparan dan difusi. Proses infeksi yang dimulai dari infeksi awal, usaha menuju infeksi akut dengan imunoevasi dan imunosupresi, kemudian masuk ke infeksi akut, setelah itu masuk ke fokus infeksi.
  • Radang. Dimulai dari mediator peradangan, sel biang dan basofil. Jenis peradangan pada infeksi awal dan infeksi akut = sistem kekebalan turunan dan sistem kekebalan tiruan.
    • Jenis hipersensitivitas.
  • Imunitas humoral. Reaksi kimiawi yang terjadi pada tiap jenis sistem kekebalan.
  • Cell-mediated immunity. Perilaku selular dalam sistem kekebalan, misalnya proses proliferasinya, dan regenerasi dari sel punca dan proses pematangannya pada kelenjar. Penjelasan mengenai karakteristik sel tetap diletakkan pada artikel mengenai sel masing-masing.
  • Imunisasi. Jenis-jenis imunisasi.

Kalo ada kekeliruan, harap diperbaiki. Mudah-mudahan dapat membantu sukarelawan lain untuk ikut berpartisipasi menggarap proyek ini. ESCa :-)/ 04:02, 17 Maret 2010 (UTC)


hai esca, nanti sedikit2 dibantu ttg topik ini, kalo sempat ya. Selain itu, saya sekarang sedang tertarik mengembangkan topik biologi molekular. Btw, ttg sel biang, sempat bingung tadi itu sel apa, ternyata mast cell toh.. terdengar tidak familiar (up to date mode : off)^^ apa memang sudah ada referensi imunologi dalam bahasa indonesia yang memakai istilah itu, mohon informasinya. Sepertinya mast cell itu lebih populer dengan istilah sel mast di Indonesia, kalau memang belum ada referensinya dalam bahasa indonesia, usul : halaman sel biang dialihkan menjadi sel mast (nanti saya carikan referensinya) Rheka (bicara) 06:45, 17 Maret 2010 (UTC)

Judul itu sudah ada sebelumnya, sebutan lainnya memang sel mast atau mastosit. ESCa :-)/ 07:50, 17 Maret 2010 (UTC)
Salah halaman pengusulan sepertinya.. mestinya ditaruh di halaman pembicaraan sel biang tentang usulan pengalihan halamannya ke sel mast baru nyadar kalau ga nyambung dengan topik yang lagi dibahas : ruang lingkup sistem kekebalan.. hehehe.. Rheka (bicara) 08:16, 17 Maret 2010 (UTC)
Maap, gw bnar2 gapdis (gagap medis), menurut Rheka penjabaran ruang lingkupnya udah benar ato belon? Kalo ada pemahaman yang salah dari awal, artikelnya bsa menyesatkan org banyak. Kalo perbedaan antara kata sel mast atau sel biang, tidak bsa menyesatkan, persoalannya cuma, tau istilah itu atau tidak, gak terlalu serius kayak ruang lingkup di atas. ESCa :-)/ 05:03, 18 Maret 2010 (UTC)
ha3x.. ga ada referensi yang bilang saya tidak gapdis juga kan? ;) ntar deh saya baca lagi referensinya. Btw, sekilas lalu, sepertinya semua poin diatas masih nyambung dengan topik sistem kekebalan. Sedikit rasa janggal pada topik: imunitas humoral dan imunitas seluler (a.k.a cell mediated immunity) bisa dijadikan sub topiknya imunitas. Penjelasan ttg peran sel T memori -> imunitas selular (eh,apa seluler yah bahasa indonesianya yang baik dan benar), kalau reaksi yg berhubungan dgn imunitas humoral -> lupa saya yg mana, nti dibaca lagi dulu. Nb: Sistem kekebalan itu ditranslate dari istilah bhs inggris yg mana yah? apa bukan asalnya sama dari asal katanya imunitas = immunity? (gaptek mode ON lagi) Rheka (bicara) 06:47, 18 Maret 2010 (UTC)
Aku juga gak terlalu ngerti, menurutku humoral akan meliputi topik sekitar peran antibodi, reaksi kimia dengan komponen komplemen seperti peptida C4 dll. Cell mediated immunity kira2 meliputi kekebalan selular, maksudnya sistem kekebalan tuh kan ngomongi mekanisme sistem kekebalan pada manusia, CMI tuh mekanisme kekebalan pada sel, terutama saat terjadi imunosupresi, homestasis kekebalan gtu. Ditranslate dari Innate immune system dan Adaptive immune system, pada section rujukan, ada link ke pranala luar. ESCa :-)/ 07:04, 18 Maret 2010 (UTC)
Setuju, kalo kya g2 lbh mudh d pahami. Tpi mengenai sejarahnya tetp d trh ya n Sistem kekebalan brarti jdi kalimat utamanya tpi kalo bisa jngan terlalu panjng kayak sekrang. Imunologi Tumor buat artikelnya ndiri ja di+hin Lihat pula. Kra2 i2 yg biza sampein -&+ mhon d koreksi. salam WBI  MasrudinNgomong  07:03, 17 Maret 2010 (UTC)
Sebaiknya memang begitu agar lebih mudah dikembangkan, imunologi tumor masih belum terpetakan. Apakah tumor itu terbentuk karena proses peradangan yang kontinu, kelainan genetik, disfungsi sistem hormon atau yang lain. ESCa :-)/ 07:50, 17 Maret 2010 (UTC)

Usul untuk menggabungkan saja antara artikel ini dengan Sistem kekebalan karena memiliki pembahasan yang serupa dan bisa saling melengkapi. Sesuai juga dengaan artikel induknya dalam bahasa Inggris yang menyebutnya sebagai Immune system, dalam bahasa Indonesia berarti sistem imun. Dalam dunia medis, kami lebih lazim menggunakan kata sistem imun atau sistem kekebalan tubuh dalam penggunaan bahasa Indonesianya. Satu hal lagi, jika kita hanya membuat judul Imunitas saja akan rancu dengan istilah yang sama dalam bidang non bio-medis. Mengenai penggunaan kata imunitas, dapat mengacu pada artikel https://en.wikipedia.org/wiki/Immunity. Terima kasih dan mohon jadi perhatian. Ardzun (bicara) 27 Oktober 2018 11.16 (UTC)

@Ardzun saya setuju dengan pengusulannya. Mengingat di artikel sistem kekebalan sudah ada konten yang informatif, daripada kontennya hilang diganti dengan terjemahan buruk, bagaimana kalau nanti setelah terjemahan artikel Imunitas selesai diperiksa, kedua artikel itu digabung jadi sistem kekebalan? Lalu halaman Imunitas diubah menjadi disambiguasi seperti di Wiki Inggris. Terima kasih.  Mimihitam  27 Oktober 2018 12.34 (UTC)
Setuju, berarti kita selesaikan dulu perbaikan terjemahannya Mimihitam? Ardzun (bicara) 28 Oktober 2018 02.47 (UTC)

Sebaiknya begitu mas @Ardzun Ngomong-ngomong bagian yang akan diperiksa bisa diberi tanda {{berlangsung}} dan yang sudah selesai diperiksa bisa diberi tanda {{sudah}} di sini supaya tidak tabrakan: Wikipedia:ProyekWiki_Perbaikan_Terjemahan#Imunitas. Terima kasih.  Mimihitam  28 Oktober 2018 08.04 (UTC)

Directing agent[sunting sumber]

Diferensiasi sel T CD4 menjadi subtipenya pada sistem kekebalan tiruan cukup menarik. Dari sudut pandang kimia organik, LFA-1 dapat dianggap sebagai katalis reaksi kimiawi organik. Fungsi dari IL-12, IL-4 dan IFN-γ sepertinya, bukan mempercepat laju reaksi (katalisis), melainkan menentukan arah reaksi kimia sel T tersebut menjadi jenis subtipenya. Dugaan: ketiga senyawa organik tersebut merupakan agen direksi, seperti yang termaktub di dalam in vitro dan in vivo, di dalam seluruh sistem tubuh maupun di dalam sel. Dugaan atas pertanyaan selama ini, mengapa percobaan tersebut dilakukan pada hewan tertentu. Mungkin karena agen direksi yang dimiliki sangat serupa, karena susunan DNA nya jelas berlainan. ESCa :-)/ 09:37, 20 Maret 2010 (UTC)