Pembicaraan:Rancamanyar, Baleendah, Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ikon ProyekWiki Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Geografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Geografi di Wikipedia. Anda diundang untuk berpartisipasi dan memperbaiki artikel ini.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 Kepentingan belum dinilai  Kepentingan: kepentingan belum dinilai
 

Desa Rancamanyar adalah salah satu desa yang berada di wilayah administrasi kabupaten Bandung yang memiliki luas 354.450 m2,dengan batas-batas wilayah : Utara : Kec.Dayeuh Kolot, Timur :Desa Bojong Malaka, selatan : Kec.Pameungpeuk,Barat :Kecamatan Katapang.

Menurut cerita zaman dulu nama desa Rancamanyar berasal dari dua kata yaitu : Ranca yang artinya pesawahan yang digenangi air dan Manyar yang berarti nama Burung, jadi Rancamanyar artinya Pesawahan yang terdapat burung manyar. Pada zaman dulu desa Rancamanyar berada di wilayah administrasi Kecamatan Pameungpeuk, seiring perubahan waktu dan zaman pada tahun 1992 desa Rancamanyar mengalami pemekaran wilayah menjadi kecamatan Baleendah yang di resmikan oleh Gubernur jawa barat pada saat itu Yogi S. Memet di kecamatan Balongan-Indramayu.(Ajang Kartiwan-Kasi Sosbud)