Pembicaraan:Muhammad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mantan AP Artikel ini adalah mantan kandidat artikel pilihan. Silakan lihat halaman penilaiannya untuk mengetahui mengapa pengusulannya gagal.
ProyekWiki Islam (Dinilai Kelas-C, kepentingan Sangat penting)
Ikon ProyekWiki Artikel berada dalam lingkup ProyekWiki Islam, sebuah upaya untuk mendorong penyusunan yang lebih baik, distribusi isi, rujukan silang antar halaman yang berhubungan dengan Islam. Silahkan ikut serta dengan menyunting artikel Muhammad, atau mengunjungi halaman proyek untuk keterangan lebih lanjut. di Wikipedia. Anda diundang untuk berpartisipasi dan memperbaiki artikel ini.
 C  Artikel ini telah dinilai sebagai Kelas-C pada skala kualitas proyek.
 Top  Artikel ini telah dinilai sebagai Top (Sangat penting) pada skala kepentingan proyek.
 
ProyekWiki Arab Saudi (Dinilai kelas-C, kepentingan-High)
Ikon ProyekWiki Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Arab Saudi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas articles related to Arab Saudi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dimana Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 C  artikel tidak memerlukan rating pada proyek skala kualitas.
 Tinggi  Kepentingan: Penting
 

Artikel ini panjang sekali, ada yg bisa membantu memecah dan memperbaikinya? Saya sendiri kurang mengenal topik ini. Thanks! Hayabusa future 16:20, 18 Jan 2005 (UTC)

Iya, setuju. Kalau ada waktu dan belum ada yang mengerjakan, akan saya sunting. Femmy 07:18, 19 Jan 2005 (UTC)


Walaupun artikel dibawah ini sebenarnya sangat menarik bila kita ingin mengetahui sudut pandang umat muslim, artikel ini tidak cocok untuk digunakan di ensiklopedia, karena :

1. Tidak NPOV

2. Tidak informativ, terlalu banyak istilah yang sulit dimengerti oleh non-muslim (atau muslim yang tidak mendalami theologi islam).

3. Artikel ini sepertinya di copy and paste dari buku (pelanggaran hak cipta)

Mungkin lebih baik kalau kita terjemahkan saja artikel "Mohammad" di En Wikipedia ?

Kalau artikel dibawah ini tidak melanggar hak cipta (sangat diragukan) mungkin kita bisa taruh di external link atau di Wikisource

Kayanya emang copy paste. Biasanya yg begini panjang dari situs2 malay. Mungkin dia usaha terjemahin juga hehehe. Omong2 itu gambar mi'raj ga apa apakah di load ke engine wikipedia? Nanti ngundang kontoversi lho :) Hariadhi 11:40, 5 April 2006 (UTC)

jangan sembarangan berbicARA lah,, bukti artikel ini tidak NPOV apa sih? knp tidk informatif? istilah-istilah arab wajar digunakan krn nyata dan reAL nabi Muhammad berasal dri sn, coba dilihat artikel kekristenan, pke istilah2 latin pdhl jesus dan kristen bukan dri daerah latin.... menerjemahkan dri En Wikipedia jg tidak terlalu bnr dan beresiko. Wassalam Fikri miuk (bicara) 4 November 2012 03.03 (UTC)

Rzi 02:32, 14 Februari 2006 (UTC)

Menerjemahkan dari :en kelihatannya merupakan ide yang bagus. Hayabusa future 10:59, 14 Februari 2006 (UTC)
gw kurang setuju kalau cuma terjemahan dari :en. Kalau source indonesia lebih lengkap kenapa ga pake punya sendiri?

Gw sepakat dengan mengambil reference dari manapun termasuk dari :En asal sesuai dengan kaidah Wiki Wiendietry 12:18, 5 April 2006 (UTC)

apa boleh nerjemah dari ar: Azmi 07:22, 11 Januari 2008 (UTC)

Non NPOV[sunting sumber]

pada alinea pertama pada kalimat Muhammad (NABI SAW) "menciptakan" ajaran agama itu fatal sekali kesalahannya, ISLAM ada sebelum ALLOH SWT menciptakan semua makhluq-NYA, Nabi Muhammad SAW diciptakan untuk ISLAM, selanjutnya bagian ini adalah Versi ISLAM, jadi yg belum ISLAM ya ikut aja, klo mau versi NON ISLAM anda salah alamat.

gaya editan terakhir saya pikir tidak NPOV (pemakaian 'baginda' etc etc), revert?

Setuju. Mengapa memakai huruf Arab segala di tempat yang menurut hemat saya tidak diperlukan? Meursault2004 10:14, 6 April 2006 (UTC)
NPOV NPOV tuh apa sich? National Progress Of Violence?? Enak gak sih klo dimakan? Lu olang ngomong yang jelas napa? NPOV NPOV. Siapa sih yang nyiptain tuh singkatan? Vikipedia? Vikipedia kyknya emang udh gak kayak spt dulu.Bilang ajah sudut pandangnya natural atau natural doang atau alami. Ini kan Vukiped bahasa Indonesia, pake NPOV NPOV segala. Gua kan bukan Medvedev atau Vladimir. Lagian.. Rasul rasul kami, kenapa jadi situ yang sewot? Rasul Rasul kami, ya artikelnya ditulis dengan tata santun seorang Muslim kepada Rasulnya. Lagian ada angin apa sih orang non-muslim ngebuka atikel Vukiped Indonesianya Kanjeng Rasul? Sersan Mayor Kururu (bicara) 09:47, 28 Februari 2010 (UTC)
Jawabannya sudah diberikan di sini. Untuk menghemat waktu kadang-kadang penyunting menyingkat-nyingkat, mohon maaf kalau tidak berkenan. Pencarian di kotak sebelah kiri tentang NPOV sebenarnya akan langsung memberikan jawaban bagi pertanyaan Anda. Sebagai penyunting pemula, mohon baca pula Pancapilar, etikawiki, dan kepemilikan artikel. Sedangkan siapa yang menciptakannya, mungkin Jimbo atau salah satu penyunting mula-mula.
bennylin
11:58, 28 Februari 2010 (UTC)
Mungkin, karena Islam menggunakan idom kata2 arab, jadi segalanya ditulis pakai bahasa arab Pengguna:Muhammad Azmi Pembicaraan pengguna:Muhammad Azmi 07:45, 3 November 2007 (UTC)

Sudah di copy edit sedikit, tapi waktu baca isinya, ada beberapa bagian yang harus dihaluskan kayaknya :) Agar memenuhi prinsip NPOV. --IvanLanin «bicara» 10:18, 6 April 2006 (UTC)

usul biar lebih NPOV

Dia hidup dengan cara amat sederhana dan membenci sifat-sifat angkuh dan sombong. Dia menyayangi orang-orang miskin, para janda dan anak-anak yatim serta berbagi penderitaan dengan berusaha menolong mereka. Dia juga menghindari semua kejahatan yang biasa di kalangan para kafir pada masa itu seperti berjudi, meminum minuman keras, berkelakuan kasar dan lain-lain>> kalimat "dia berlaku sopan dan baik dibanding pemuda seusianya" sudah cukup.

Muhammad telah dilahirkan di tengah-tengah masyarakat jahiliyah. Ia sungguh sedih sehingga beliau seringkali ke Gua Hira' >> kalimat "Ia sering menyendiri karena bertentangan sikap dengan kebudayaan Arab paad zaman tersebut" sudah cukup.

Apabila Muhammad menyeru manusia ke jalan Allah, banyak yang tidak mendengarkan seruannya. Kebanyakkannya adalah dari para anggota keluarganya dan dari golongan masyarakat awam, Antara mereka ialah Khadijah, Ali, Zayd dan Bilal. Apabila dia memperkuat kegiatan dakwahnya dengan mengumumkan secara terbuka agama Islam yang disebarkannya, dengan itu banyak yang mengikutnya.

Semangat penganut Islam meningkat apabila sekumpulan kecil masyarakat yang dihormati di Mekah menganut agama Islam. Antara mereka ialah Abu Bakar, Usman bin Afan, Zubair bin Al Awwam, Abdul Rahman bin Auf, Ubaidillah bin Harith, Amr bin Nufail dan banyak lagi. >> kalimat "Pada awalnya dakwah Islam ditentang mayoritas masyarakat Arab, namun kemudian bergabungnya tokoh-tokoh terkemuka membuat Islam tidak lagi menjadi terasing dan aneh." sudah cukup.

Akibat halangan dari masyarakat jahiliyah di Mekah, sebagian orang Islam disiksa, dianiaya, disingkir dan diasingkan. Dia bersabar dan mencari perlindungan untuk pengikutnya. Dia meminta Negus Raja Habsyah, untuk membenarkan orang-orang Islam berhijrah ke negaranya. Negus menantikan ketibaan mereka dan tidak membenarkan mereka diserahkan kepada penguasa di Mekah.>> kalimat "Penyiksaan yang dialami hampir seluruh pengikutnya membuat ide hijrah lahir sebagai salah satu strategi dakwah yang ternyata sangat berhasil" sudah cukup.

Di Mekah terdapat Ka’bah yang telah dibangun oleh Nabi Ibrahim a.s. beberapa abad lalu sebagai pusat penyatuan umat untuk beribadat kepada Allah. Sebelumnya ia dijadikan oleh masyarakat jahiliyah sebagai tempat sembahyang selain dari Allah. Mereka datang dari berbagai daerah Arab, mewakili berbagai suku ternama. Ziarah ke Ka’bah dijadikan mereka sebagai sebuah pesta tahunan. Orang bertemu dan berhibur dengan kegiatan-kegiatan tradisi mereka dalam kunjungan ini. Dia mengambil peluang ini untuk menyebarkan Islam. Antara mereka yang tertarik dengan seruan dia ialah sekumpulan orang dari Yathrib. Mereka menemui Rasulullah dan beberapa orang Islam dari Mekah di desa bernama Aqabah secara semubunyi-sembunyi. Setelah menganut Islam, mereka bersumpah untuk melindungi Islam, Rasulullah dan orang-orang Islam Mekah. >> Masukkan ke artikel kabah aja.Hariadhi 17:24, 6 April 2006 (UTC)

Salam...
Bagian "Sejumput Akhlak Rasulullah" bisa diedit? Saya bingung sekali bagaimana harus mengedit bagian itu...
--Takizawa hen (bicara) 02:29, 12 Juni 2010 (UTC)
Saudara Takizawa hen, anda edit saja dulu sebisa anda agar lebih baik. Ini kan proyek kolaborasi. Nanti kalau ada yang tidak setuju dan ingin memperbaiki hasil pengeditan anda, mereka bisa juga melakukannya. Salam, Naval Scene (bicara) 11:24, 13 Juni 2010 (UTC)

SAW[sunting sumber]

Apa arti kalimat sallallaahu alayhi wasallam dalam bahasa Indonesia? sentausa 16:45, 10 April 2006 (UTC)

Artinya: "Semoga Allah memberi kemuliaan dan kedamaian kepadanya". Meursault2004 21:37, 10 April 2006 (UTC)

Judul artikel kenapa kaga' ditambahin s.a.w. kaya wikipedia bahasa melayu, kan buat ngehormatin baginda juga Bales 09:04, 12 Oktober 2007 (UTC)

Haloooo, pesen saya kok ga dibales-bales Azmi Bales 05:53, 15 Oktober 2007 (UTC)

Konvensi di Wikipedia adalah tidak menambahkan gelar dll ke judul artikel. Hayabusa future (\0-0/) 08:08, 15 Oktober 2007 (UTC)

Cuma masalahnya, seperti pada artikel Daud, dalam daftar isi kan, ada bagian dosa Daud, ini bisa saja ada permasalahan antara Islam dan Kristen dalam halaman pembicaraan. Azmi Jawab dong!!!, 10:24, 16 Oktober 2007 (UTC)

Saya kurang mengerti maksudnya, bukankah sudah dipisah dengan jelas mana isi yang sesuai tradisi Islam dan Kristen? Hayabusa future (\0-0/) 10:40, 16 Oktober 2007 (UTC)

Iya sudah dibagi paragraf, bagian atas adalah menurut tradisi Islam dan bagian bawah menurut tradisi Yahudi dan Kristen. Jadi jelas terpisah. Meursault2004ngobrol 10:47, 16 Oktober 2007 (UTC)

Maksudnya, berbeda artikel, kan kalau dimuat dalam 1 artikel beda agama, nanti ada pertanyaan dari pembaca baru (Belum terdaftar maksudnya). Coba saja lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Paraclete itu kan artikel Nabi Muhammad SAW dalam agama Kristen (juga bahasa Inggris) Muhammad Azmi Gitu dong 08:28, 26 Oktober 2007 (UTC)

Buat Saudara-saudaraku Nashara[sunting sumber]

Artikel ini mengenai seorang yang sangat amat berpengaruh dalam hati setiap umat manusia (yang mencintai, menyukai, membenci dsb). Tidak mungkin artikel ini NPOV. So, biarkan artikel ini Islam POV. Kalau kalian ingin POV sendiri, bisa membuat artikel baru (Muhammad dalam theologi Kristiani misalnya) atau letakkan pendapat kalian dalam sub judul artikel ini.

Mengenai tidak informatif saya kira itu untuk orang non-muslim saja, karena setiap muslim se-ignore2 nya dia ama agama istilah2 tersebut masih cukup mudah dipahami. Tapi pemecahannya, tinggal berikan tanda kurung yang menjelaskan artinya.

Yang benar NPOV mas, artinya neutral point of viewing. Azmi 07:35, 7 Desember 2007 (UTC)

Nashara = Nasrani? Saya tidak pernah menyunting isi artikel ini sih, tapi menurut saya justru yang NPOV lah yang harus digunakan, apa-pun alasannya. memang susah menjadikan suatu tokoh agama objektif (dipreteli unsur keagamaannya, sehingga yang tinggal hanya bukti-bukti sejarah saja), namun itulah wikipedia. Sebaliknya, justru kalau mau Subjektif bisa dibikin halaman yang baru: Muhammad menurut Islam, misalnya. Artikel utama tentang Muhammad ini seharusnya hanya berbicara tentang Muhammad menurut sejarah. Demikian pendapat saya. (Dan tolong jangan menggeneralisasi ^^, saya kira tidak semua umat Muslim juga setuju artikel ini dibiarkan Subjektif.) bennylin (-_-)V 09:06, 7 Desember 2007 (UTC)
Itu bedanya umat Islam ama umat yg laen. Saya yakin semua orang Islam pasti setuju artikel tentang nabinya dengan POV mereka. Karena orang Islam itu sangat mencintai nabinya. Udahlah kalian orang kristen ga usah ikut campur masalah agama orang laen. Bagaimana kalau saya obok-obok artikel Yesus? Situ pasti ga suka kan? Tenggang rasa lah dikit, tepo seliro gitu...

Maksud subyektif Azmi 02:43, 18 Desember 2007 (UTC)

Wikipedia kan bukan milik satu golongan mas. Temasuk artikel Muhammad juga, bukan punya wikipediawan yang Islam saja. Karena seluruh teksnya GFDL ya semua bebas menyumbang. NPOV itu konsekuensi kalau semua golongan orang terlibat menyunting Hariadhi - Ngobrol 15:06, 12 Februari 2008 (UTC)

comment[sunting sumber]

menurut saya,halamannya butuh disingkat.khan yang buka bukan hanya orang dewasa saja.saya yang masih smp saja suka membuka situs internet.saya hanya ingin agar jika orang non-muslim membaca,jadi tidak salah pahm karena ada bagian/tulisan arab yang belum tentu orang non-muslim mengerti dan tahu artinya.61.94.17.105 08:46, 19 Desember 2007 (UTC)

  1. pembicara:annisa-jakarta#

lah, itukan bukti yang jelas bahwaa nabi Muhammad itu berasal dri Arab dan ada istilah-istilah arabnya, coba aja lihat tokoh-tokoh Hindu, pasti bnyk istilah INDIA. tapi, kalau anda lihat tokoh tentang Yesus apakah bnyk istilah-istilah aslinya Fikri miuk (bicara) 4 November 2012 02.57 (UTC)

Penciptaan Nur Muhammad dalam Kitab Daqoiqul Akhbar[sunting sumber]

Ini kok seperti cerita mistik ya? Rasis pula ("Dari keringat telinga diciptakan orang Yahudi, Nasrani, Majusi, dan orang sebangsanya, seperti orang yang kufur, orang kafir, dan orang munafiq.")? Sumbernya pun dari blog yg tidak kredibel. Saya hapus saja --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 11:24, 5 Januari 2008 (UTC)

Masa sih? Mana blognya Azmi1995 08:16, 12 Maret 2008 (UTC)

Perubahan nama artikel[sunting sumber]

Saya tidak setuju dengan perubahan nama artikel menjadi Nabi Muhammad. Banyak orang bernama Muhammad, tetapi Muhammad yang dimaksud disini hanya satu, sedangkan muhammad-2 lain masuk di bagian ambiguasi. Sebaiknya jangan terlalu gampang untuk merubah nama artikel yang sudah terkenal, apalagi ini masuk dalam kategori seorang tokoh yang menjadi panutan umat manusia.aday(ngobrol) 04:58, 27 Februari 2008 (UTC)

maksud anda gimana? Kenapa diganti Muhammad? Bukankah lebih cocok klo pake nama yg dulu! klo hanya artikel Muhammad yg dihilangkan kata nabi-nya, itu ga adil! Seharusnya semua aja dihilangin kata nabi-nya dari Adam sampe Isa! NoiX180 05:40, 18 Mei 2008 (UTC)

Berarti yang lain juga perlu diganti... aday(ngobrol) 07:50, 18 Mei 2008 (UTC)

Silahkan saja klo anda mau. Tapi sebaiknya tanya pengurus dulu & klo dipindah ntar resikonya bisa kecampur dengan nama agama lain. Saya rasa untuk membedakan mana yg artikel nabi islam cukup menambahkan kata nabi aja. NoiX180 07:54, 18 Mei 2008 (UTC)

Sebenarnya masing2 agama, memiliki nama masing-2 seperti bila Islam menyebut Idris maka di Alkitab menyebut Henokh. Masing-masing kan sudah ada artikelnya, tinggal penghubungan antar artikel tersebut. Saya rasanya pernah membaca pembicaraan mengenai ini, sebaiknya merujuk ke sana, tinggal ditanyakan saja ke pengurus yang ada. :-) aday(ngobrol) 18:23, 18 Mei 2008 (UTC)

Itu khan cuma satu contoh. Bagaimana dengan Yusuf, Musa, Harun, Ayub, Yunus, Adam, Nuh? Sebenernya terserah sih klo mo ngilangin kata Nabi, tp klo kata itu dihilangin berarti kata Paus, Rasul,Dewa,dll yg diikuti nama org juga harus dihilangin spt kata nabi yg anda ingin hilangkan. NoiX180 12:46, 19 Mei 2008 (UTC)

Saya tidak berkompeten untuk menjawab tentang Paus, tapi dari hasil pencarian tidak ada artikel dewa yang menggunakan awalan Dewa, lihat Indra, Siwa, Ares, dalam artikel mengenai rasul-rasul kristen pun tidak menyebutkan awalan Rasul, seperti Andreas, Simon orang Zelot. Silakan mengacu kepada ini. Dan ingat saya hanya mengacu bahwa wikipedia adalah ensiklopedia dengan sudut pandang netral. Kalau ada yang lain tidak memahami hal itu, silahkan tanya ke Pengurus. :-) aday(ngobrol) 19:32, 19 Mei 2008 (UTC)
Oke silahkan. Asal yg nabi2x Islam yg namanya sm dg Kristen untuk membedakannya bisa dikasih tanda (Islam) di belakang nama. N tentunya itu untuk sudut pandang Islam saja. Btw, klo mw sudut pandang umum/dr semua agama, ga usah dikasih embel2x itu :) NoiX180 05:39, 20 Mei 2008 (UTC)

Mengenai nama-nama di Wikipedia, telah diatur dalam konvensi mengenai judul artikel diatur di WP:PPNA dan en:WP:NAME. Keduanya adalah pedoman Wikipedia yang telah mengatur konvensi penamaan. Jangan mengubah judul artikel di luar kedua pedoman tersebut. ^^ ~REX••pesan•• 13:43, 15 Juni 2008 (UTC)

Setuju. Yang mengusulkan tidak berpikir efek bola salju bahwa kalau satu diperbolehkan melanggar aturan maka yang lain ingin ikutan juga (dengan menggunakan contoh kejadian sebelumnya). Jadi nampaknya khusus untuk Wikipedia Indonesia hal ini harus ditegaskan ulang dengan kebijakan yang diambil suara dari komunitas, saya kok punya perasaan hal-hal seperti ini akan ditanyakan lagi dan lagi dan lagi bila ada pengguna baru yang datang dan masih belum tau. Serenity

Perlindungan[sunting sumber]

Sebaiknya dilindungi dari anon saja, karena dalam beberapa hari terakhir divandal berulang kali, terakhir kalinya bahkan menyamarkan ringkasan suntingan sehingga seolah-olah mengembalikan vandal (-nya sendiri) padahal merevert pembatalan saya. Hal ini tidak tertangkap bahkan oleh pengawas Perubahan Terkini-pun hingga 3 hari! – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 06:17, 18 November 2008 (UTC)

Divandal lagi tuh. Pengurus kerjanya ngapain sih? Melindungi satu halaman saja susah banget. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 22:03, 21 November 2008 (UTC)
Iya tuh.. pengurus kerjanya ngapain aja sih.. borgx(kirim pesan) 01:42, 22 November 2008 (UTC)

Transliterasi SAW masih salah[sunting sumber]

sallallaahu alayhi wasallam transliterasinya salah, seharusnya shalallaahu 'alayhi wasallam, karena pakai shad bukan sin, lam biasa, dan 'ain bukan alif. Salam, Naval Scene (bicara) 13:09, 26 November 2008 (UTC)

Jika diucapkan maka shollawloohu 'alayhi wasallam. Ezagren mboo.. 06:19, 9 Juni 2011 (UTC)

Pedofilia[sunting sumber]

It has been brought to my attention that Muhammad married and bedded a 9 year old girl. Does this not make him a pedaphile and shouldn't this article be categorized Pedofilia. There should also be a mention of this in the article. --en:User:Stephen 05:55, 21 Desember 2008 (UTC)

Komentar di atas kemungkinan usaha provokasi & pencemaran nama secara terselubung. Penyuntingnya anonim Pengguna:121.44.85.211, kemungkinan juga bukan pengguna "S" di atas. Sebaiknya cuekin aja wacana dia. Naval Scene (bicara) 11:28, 23 Desember 2008 (UTC)
This does not answer my questions on the child sex allegations of Muhammad the prophet 121.44.85.211 21:37, 24 Desember 2008 (UTC)

The paedophilic misbehavior commited by him is debatable. Nobody can prove it nor reject it. If you want to include such opinion, then you have to include all the opinions. If you are not competent, better refrain from giving such statement, i.e. paedophilia. Kembangraps (bicara) 21:45, 24 Desember 2008 (UTC)

Kategori[sunting sumber]

Mas-mas pengurus, tolong artikel Muhammad ini ditambahkan kedalam "Kategori:Eskatologi Islam" dong...

Tengs

SKULLSPLITTER (bicara) 03:24, 10 Agustus 2009 (UTC)

Perlindungannya sudah dibuka. Silakan disunting. borgx(kirim pesan) 00:21, 11 Agustus 2009 (UTC)

Pengurangan sub judul[sunting sumber]

Sejumput Akhlak Rasulullah. Gambaran besar Rasulallah SAW sudah ada pada bagian "Memperoleh gelar" & "Fisik dan ciri-ciri Muhammad", posisikan beliau sbg tokoh ensiklopedis. Thanks! SKULLSPLITTER (bicara) 14:03, 11 Agustus 2010 (UTC)

Pengucapan[sunting sumber]

Pengucapan "Muhammad" sebagai /mʊħɑmmæd/ kayaknya untuk bahasa Inggris. Ini salin tempel pasti ya :p Gombang (bicara) 05:40, 9 Juni 2011 (UTC)

Ya, hapus saja lafal itu. Ezagren mboo.. 06:15, 9 Juni 2011 (UTC)

Salam alaikum wrwb.[sunting sumber]

Ada yang sependapat nggak kalo bagian "Ciri fisik" itu sebaiknya mencantumkan yang umum2 aja dan gaya bahasanya yang Deskriptif? Kalo bagian yang udah ada ini mau dipertahankan mendingan dibikinkan artikel khusus, gimana? Pars.dextrum (bicara) 24 Oktober 2011 00.08 (UTC)

Meninggalnya Nabi Muhammad.[sunting sumber]

Saudaraku kenapa Nabi Muhammad masih muda sdh meninggal? apa penyebabnya?

Nabi Muhammad meninggal pada usia 63 tahun, berarti ia meninggal dalam usia yang tua, bukannya muda...--Hanamanteo (bicara) 28 Agustus 2013 14.41 (UTC)

Kategori perbedaan Muhammad dengan nabi dan rasul sebelumnya[sunting sumber]

Nabi dan rasul yang disebutkan dalam kitab Al-Quran sudah sejak dahulu beragama Islam sedangkan nabi, raja dan tokoh yang disebutkan dalam kitab Taurat adalah kepunyaan Bani Israil yang beragama Yahudi sehingga keduanya tidaklah sama. Namun demikian beberapa tokoh memang memiliki kesamaan nama dan bunyi seperti Musa, Daud, Ishaq, Yakub dan lain-lain. Apakah ada yang salah dari kalimat diatas? apakah nabi dan rasul dahulu tidak beragama Islam? ataukah beragama Islam? yang benar yang mana? Bukankah timbul pertanyaan mengapa Muhammad untuk seluruh umat manusia sedangkan nabi Musa hanya untuk Bani Israil?– komentar tanpa tanda tangan oleh Hawkeye (bk) .

Pandangan yang disampaikan pada paragraf tersebut sudah disebutkan, menurut kitab Al-Qur'an. Sedangkan pandangan bahwa kitab Taurat 'kepunyaan' Bani Israil yang beragama Yahudi, bukan pandangan Al-Qur'an. Maka jangan sampai anda rancu. Ingat, Wikipedia tidak bertujuan untuk menuliskan 'kebenaran' (sebab kebenaran bisa tergantung sudut pandang yang melihatnya), melainkan menuliskan ensiklopedia yang memiliki rujukan yang valid. Itu yang dipahami dulu, Bung Hawkeye. Sebagai contoh, bisa anda lihat panduan berikut: Wikipedia:Kutip sumber tulisan, serta panduan-panduan lainnya. Semoga cukup jelas. Salam, Naval Scene (bicara)

Pandangan bahwa nabi dan rasul terdahulu beragama Islam belum disebutkan pada kalimat sebelumnya, sampai saat ini umat muslim mengira Musa yang disebutkan dalam kitab Al-quran sama dengan Musa yang disebutkan dalam kitab Taurat. Dan ini harus diperjelas disini. Sekarang bagaimana pandangan admin wikipedia, apakah nabi dan rasul terdahulu beragama Islam atau tidak? Pandangan bahwa kitab Taurat 'kepunyaan' Bani Israil yang beragama Yahudi, ADALAH BENAR PANDANGAN kitab Al-Quran seperti yang ditunjukkan pada QS: Al-Maidah Ayat: 66 yaitu: Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan (Al Quran) yang diturunkan kepada mereka...dst: tetapi tentunya kitab taurat tersebut sudah tidak murni lagi menurut pandangan Islam. Apakah paragraph ini boleh saya tambahkan? – komentar tanpa tanda tangan oleh Hawkeye (bk) .

Bisa saja diperjelas, misalnya dengan kalimat seperti: Menurut Al-Qur'an, ..... dst.. Lalu jangan lupa anda kutipkan referensinya dalam bentuk catatan kaki. Namun isi suatu artikel seyogyanya fokus kepada topik utama (yaitu tokoh/ide yang dibahas), jangan terlalu melebar. Tambahan tentang kemurnian kitab-kitab terdahulu, menurut saya pribadi, agak melebar dari fokus artikel. Harap anda pertimbangkan apakah lebih baik bila ditambahkan pada artikel lain atau tidak, misalnya pada artikel tentang kitab-kitab tersebut. Pandangan admin Wikipedia dalam hal ini tidak penting secara khusus. Admin cuma lebih di alat menjaga ketertiban dan memerangi vandalisme, ibaratnya tukang sapu/bersih-bersih lah. Dalam hal perbaikan kualitas artikel-artikel yang ada, pendapat admin dan kontributor non admin dianggap sederajat. Demikian sedikit komentar tambahan dari saya, dan selamat menyunting. Salam, Naval Scene (bicara) 2 Desember 2014 15.49 (UTC)

tanggal kelahiran[sunting sumber]

Berdasarkan hadits riwayat Muslim no. 1162 (penjelasannya tertulis di situs "http://muslim.or.id/manhaj/kapan-tanggal-lahir-nabi-muhammad.html"), Nabi lahir pada hari Senin. Sedangkan berdasarkan hasil dari situs "http://www.timeanddate.com/calendar/?year=570", tanggal 20-april-570 Masehi adalah hari Minggu. Selain itu, berdasarkan referensi dari situs "muslim.or.id" diatas dan beberapa situs/wacana islami lainnya, hingga saat ini belum ada fatwa ulama yang secara jelas memutuskan kapan tanggal kelahiran Nabi selain kesepakatan mengenai hari-nya saja sesuai dengan hadits diatas. Jika pun mau tetap dituliskan, berdasarkan konversi dari situs "http://fourmilab.ch/documents/calendar", hari Senin yang paling mendekati 12 Rabiul Awal adalah tanggal 7-Mei-570 Masehi (13-RabiulAwal-53 Sebelum Hijriyah). TAPI, hasil konversi dari 3 situs lainnya ("http://www.islamicfinder.org/dateConversion.php?mode=ger-hij&day=5&month=5&year=570&date_result=1", "http://www.muslimphilosophy.com/ip/hijri.htm", dan "http://www.islamicity.com/PrayerTimes/hijriconverter1aPartner.htm") berbeda-beda semua. Jadi intinya, sebaiknya cukup dituliskan sebagai berikut: "lahir pada hari Senin, tahun 570 Masehi". Pengguna awam (bicara) 13 Januari 2015 10.19 (UTC)

Pembebasan Mekkah (Fathu Makkah)[sunting sumber]

Dalam Artikel "Islam" dan Muhammad saw" tentang pembebasan kota Mekkah, ditemukan sedikit kontroversi yaitu dalam kalimat "...Serangan tidak mendapat perlawanan berarti dan Muhammad mengambil alih kota dengan sedikit pertumpahan darah..(bagian awal Muhammad)". Bertentangan dengan pernyataan dalam artikel Islam bagian Assabiqunal Awwalun :"...Banyak penduduk Mekkah yang sebelumnya menjadi musuh kemudian berbalik memeluk Islam, sehingga ketika penaklukan kota Mekkah oleh umat Islam tidak terjadi pertumpahan darah.." Saya membaca dari buku-buku sirah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam -seperti "Sirah Ibnu Hisyam" di situs "http://www.al-eman.com/index.htm" pada kolom "khazanah al-kutub" atau "http://sirah.al-islam.com/Loader.aspx?pageid=259" memang terjadi ada eksekusi beberapa orang tapi bukan karena perang tapi oknum yang berkhianat yang disebutkan dalam artikel tentang "Pembebasan Mekkah" tentang 17 orang Mekkah. Kalau saya cenderung berpendapat "tidak terjadi atau tanpa pertumpahan darah..." Terima kasih. Syusuf2016 (bicara) 16 Januari 2016 14.13 (UTC)

Silakan Bung Syusuf2016 diperbaiki, namun bukan berdasarkan pendapat melainkan berdasarkan referensi. Harap dicantumkan referensi yang dirujuknya ya. Salam, Naval Scene (bicara) 19 Februari 2016 06.59 (UTC)

Oke Kang Naval Scene, insya Alloh mudah2an dapat ditemukan referensi & penjelasan yang terbaik ttg sejarah Islam yg lurus karena terkait nama baik manusia paling mulia akhlaknya, Nabi Muhammad Saw. Wallahu a'lam. Wassalam. Syusuf2016 (bicara) 21 Februari 2016 14.30 (UTC)

Kebangsaan Rasulullah[sunting sumber]

Pada penjelasan tentang biodata Rasulullah dijelaskan bahwa kebangsaan beliau adalah Islam. Sebelumnya saya belum pernah mengetahui bahwa Islam dapat dianggap sebagai identitas kebangsaan. Adakah kawan-kawan yang dapat menjelaskan? Muhammad Tanwir (bicara) 19 Maret 2017 08.16 (UTC)