Pembicaraan:Geger Pacinan

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Featured article star Artikel ini telah ditampilkan di Halaman Utama sebagai artikel pilihan minggu ini pada tanggal 18 Juni 2012—27 Juni 2012.
  • 1. Apakah judul Geger Pacinan sudah tepat? Saya rasa kata geger kurang umum digunakan, apakah tragedi / pembantaian lebih tepat digunakan? walaupun terkesan kasar tapi memang itulah isi artikel ini.
  • 2. Tolong diperiksa kata yang tepat pacinan atau pecinan?
  • 3. Susunan kata pada halaman ini perlu diperiksa sesuai aturan Bahasa Indonesia oleh penutur asli.

Annas86 (bicara) 29 Mei 2012 07.29 (UTC)[balas]

  1. Dapat diganti dengan Pembantaian Batavia (1740) atau serupa, seperti dalam bahasa Inggris. Sumber saya tidak ada yang menggunakan istilah Geger Pacinan ataupun Tragedi Angke.
  2. Istilah pacinan hanya digunakan dalam istilah "Geger Pacinan"; di luar itu, bahasa baku pecinan digunakan.
  3. Saya sudah minta Redyka94 agar memperbaiki ini sebelum diajukan ke proses AP.Crisco 1492 (bicara) 29 Mei 2012 10.14 (UTC)[balas]
Sepertinya tidak sedikit buku yang menggunakan istilah "Geger pacinan", setidaknya di Google Buku. Menurut saya istilah itu merupakan istilah dalam bahasa Jawa dan di Google Buku sepertinya banyak juga referensi berbahasa Indonesia yang menggunakan istilah tersebut. Apakah layak digunakan sebagai judul dalam artikel ini, mari kita bahas bersama. sentausa (bicara) 29 Mei 2012 10.38 (UTC)[balas]
1. Setahu saya, istilah Geger Pecinan itu muncul di Babad Tanah Jawi. Tragedi Angke mungkin hanya merujuk pada peristiwa di Sungai Angke (CMIIW) dimana mayat2 korban sampai memenuhi sungai dan darahnya menggenang spt bekas hujan (saya lupa baca di mana). Kemudian "Perang Jawa" (Javanese War) itu istilah dr Belanda.
2. Saya cuma berpendapat, mungkin bahasanya perlu diperhalus :) sptnya terlalu berapi2 sampai kok terlihat memihak. Tapi kalau memang sudah layak menurut standar Wikipedia, artikelnya hanya perlu diupgrade data2 + sudut pandang berbagai pihak.
3. Saya membuat halaman alihan "Geger Pecinan" untuk dialihkan ke artikel ini (Geger Pacinan). Semoga tidak salah (soalnya slm ini saya tahunya Geger Pecinan\Petjinan, bukan Pacinan). Okkisafire (bicara) 2 Maret 2013 11.40 (UTC)[balas]