Pembicaraan:Eutanasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mantan artikel pilihan Artikel ini adalah mantan artikel pilihan. Silakan lihat halaman nominasi awalnya (untuk artikel lama, lihat arsip nominasi) dan alasan pembatalannya.
Featured article star Artikel ini telah ditampilkan di Halaman Utama sebagai artikel pilihan minggu ini pada tanggal 18 - 27 Oktober 2007.
ProyekWiki Biologi (Dinilai kelas AB, Mid)
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biologi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biologi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 AB  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas AB pada skala kualitas proyek.
 Menengah 
Cukup penting
 

Sudut pandang agama[sunting sumber]

Dalam wikipedia internasional en:euthanasia tidak terdapat tulisan mengenai sudut pandang Islam. Oleh karena saya menganggap bahwa Islam sebagai suatu agama mayoritas di Indonesia dimana adalah "tidak berimbang" apabila sudut pandang secara ajaran Islam tidak dimuat maka saya menunda untuk mengutip / menterjemahkan sub bab "euthanasia dari sudut pandang agama" untuk menjaga azas "fairness". Oleh karenanya saya sangat mengharapkan ada yang bersedia untuk melengkapinya dengan sudut pandang ajaran Islam. --Alcatrank 10:42, 18 Juni 2007 (UTC)

Saya pikir tidak ada masalah jika pandangan dari agama lain tampil mendahului pandangan agama mayoritas. Muat saja, siapa tahu kemudian ada yang terpacu untuk menambahkan bagian tersebut lebih lengkap. --kandar 14:06, 18 Juni 2007 (UTC)

Ok mas, saya akan coba --Alcatrank 02:30, 19 Juni 2007 (UTC)

Teknis[sunting sumber]

Admin, ini pranalanya sebenarnya boleh ngga sih nyambung ke en: langsung? Kita bukannya dibiarkan merah (dengan terjemahan) kan mustinya? Atau dijadikan catatan kaki? Kok kayaknya tidak biasa sambungannya ke :en. Serenity 06:00, 21 Juni 2007 (UTC)

Wah saya nunggu jawabannya juga nih, soalnya cuma baca di "bantuan" cara nyambung ke en: aturan sih tidak tahu, kalau memang tidak boleh akan saya perbaiki semua en: dihapus--Alcatrank maksud saya sih cuma mau menunjukkan sumber di wipedia internasional ( karena setelah dicek di id.wikipedia tidak ada) 06:09, 21 Juni 2007 (UTC)

It's ok, personally, gue juga ngga jelas aturannya apa. Yang jelas selama ini, yang tidak ada di id: memang dibikin merah supaya ada kontributor yang lantas tertarik mengembangkannya. Kalau tidak, halaman-halaman itu tidak akan jadi "Berbahasa Indonesia". Tapi ngga tau deh regulasinya, selama ini stardar itu cuma common act ajah. Serenity 06:29, 21 Juni 2007 (UTC)
Thanks masukannya, akan saya hapus aja deh kalau gitu, anda benar (merangsang untuk dilengkapi) sebenarnya saya juga berpendapat demikian namun karena ingin menunjukkan sumber terjemahan maka saya me"refference"" kepada pranala di wiki yang saya jadikan bahan. ( tapi mungkin juga dengan adanya acuan tersebut memudahkan bagi "peminat" yang ingin membantu menterjemahkan pranala asing tersebut) anyhow, kalau boleh kita tunggu pendapat admin bagaimana baiknya. Ini akan jadi pembelajaran baru lagi buat saya, thanks--Alcatrank 07:22, 21 Juni 2007 (UTC)

Pranala tidak boleh ke Wikipedia lain. Kalau untuk menunjukkan halaman yang serupa di Wikipedia lain gunakan interwiki. borgx(kirim pesan) 00:48, 22 Juni 2007 (UTC)

Mohon bimbingannya untuk menjelaskan maksud dari : "pranala yg menunjuk ke halaman serupa" apakah dengan cara misalnya : pembunuhan berdasarkan belas kasihan ( lihat en:mercy killing ) atau boleh dgn cara sbb : pembunuhan berdasarkan belas kasihan ( mercy killing ) dimana huruf miring kan menunjukkan bahwa kata tersebut adalah kata asing.
Ini sungguh-sungguh merupakan pertanyaan dari saya untuk proses pembelajaran menjadi kontributor yang baik, sehingga mohon jangan disalah persepsikan sebagai ngotot atau nantang ataupun segala suatu yang bersifat negatif.Thanks--Alcatrank 01:17, 22 Juni 2007 (UTC)

Untuk 'halaman yang serupa di Wikipedia lain', baca: Wikipedia:Interwiki. borgx(kirim pesan) 01:38, 22 Juni 2007 (UTC)

Terima kasih bantuannya[sunting sumber]

Terima kasih atas bantuan bung Stephen Suleeman atas koreksi dan perapian sehingga meringankan tanggung jawab saya (membereskan). nice to work with you.--Alcatrank 01:31, 22 Juni 2007 (UTC)

en: sebagai referensi[sunting sumber]

Saya menolak digunakannya en: sebagai referensi. Kalo kutipan dari artikel en: tersebut memiliki sumber di en:, maka sumber tersebut lah yang menjadi referensinya, bukan artikel en: nya sendiri. Karena selain wikipedia en: belum tentu ditulis oleh orang yg ahli di bidangnya, masa wikipedia ngutip wikipedia? --  Arkwatem   Bicara  15:33, 20 September 2007 (UTC)

Artikel tersebut sudah dikembangkan lagi maka kalau kita melihat pada en:euthanasia dapat terlihat bahwa telah saya lakukan pengembangan berdasarkan sumber2 sebagaimana yang disebut pada catatan kaki, misalnya saja pada pandangan euthanasia diberbagai negara , dimana pada versi :en hanya 9 negara sedangkan pada versi :id ada 13 negara (berdasarkan sumber yang bisa dipertanggungjawabkan dimana pada setiap sub bab tersebut pasti saya cantumkan catatan kaki). Juga pada eutanasia menurut agama, di :en hanya 5 sedangkan di versi :id ada 7 pandangan agama. Juga pada kasus-kasus menarik yang tidak ada pada versi :en.
Wiki ngutip wiki : memang benar bahwa sebagian besar (80an%) mungkin berasal dari sumber wikipedia ( dengan asumsi bahwa wikipedia adalah merupakan suatu ensiklopedia bebas ) dan memang benar dan setuju sekali kalau dikatakan bahwa wikipedia belum tentu ditulis oleh orang yang ahli dibidangnya namun perlu dicatat bahwa sebagai suatu ensiklopedia bebas maka setiap orang yang merasa perlu untuk memperbaiki atau mempertentangkan kebenarannya "berhak" untuk mengemukakan pendapat / melakukan penyuntingan sehingga dengan demikian selama belum dipertentangkan maka sekiranya cukup bijaksana kalau "untuk sementara" dianggap "benar".
Catatan kaki yang diberikan pada suatu artikel adalah bertujuan untuk mempermudah dilakukannya pengecekan atas akurasi topik yang bisa dilakukan oleh para wikipediawan guna meningkatkan kwalitas suatu artikel.

Thanks atas komentar dan kolaborasinya dalam pengembangan artikel ini.--AlCatrank(kirim pesan) 02:17, 21 September 2007 (UTC)

Etanasia[sunting sumber]

Eutanasia telah saya sunting menjadi Etanasia. Suntingan tersebut berdasarkan bagaimana bahasa Indonesia menyerap kata seperti Europe, Euthopia, euphoria, dan eugenics.

Relly Komaruzaman Bicara 05:05, 2 Juni 2009 (UTC)

Euthopia apaan? borgx(kirim pesan) 09:22, 2 Juni 2009 (UTC)

Sudah dicek di KBBI? Menurut KBBI yang benar eutanasia. •• ivanlanin 14:37, 31 Oktober 2009 (UTC)