Pembicaraan:Daud (tokoh Alkitab)

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pembicaraan:Daud)
ProyekWiki Kristen (Dinilai kelas A, High)
Ikon ProyekWiki
Pengalihan ini berada dalam lingkup ProyekWiki Kristen, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Kristen di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 A  Pengalihan ini tidak memerlukan nilai pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 

Kalau menurut saya, apakah harus dipindahkan bagian paragraf Daud dalam Islam, karena kalau dimuat dalam satu artikel, nanti ada masalah, inikan artikel lintas agama, lihat http://en.wikipedia.org/wiki/Islamic_view_of_David , itukan Daud menurut Islam yang memang sengaja dipisahkan agar tak memuat banyak protes sampai perang Pengguna:Muhammad Azmi Ini kan agama 08:06, 31 Oktober 2007 (UTC)

Aq juga setuju cz islam ga akan suka dengan adanya gambar manusia. Gimana pendapat yang laen, setuju ga? NoiX180 08:26, 31 Oktober 2007 (UTC)
Saya lihat memang sepantasnya demikian, namun mungkin dilihat kalau dirasa artikelnya sudah terlalu panjang saja, dan ini belum terlalu panjang kok, lagipula moga-moga tidak ada protes kan?
Artikel-artikel lain yang serupa:
bennylinkirim pesan 08:56, 31 Oktober 2007 (UTC)

Cuma masalahnya begini, saya yang termasuk dari sudut pandang islam, bahwa Daud tak punya Dosa seperti yang terlihat pada bagian http://id.wikipedia.org/wiki/Daud#Dosa_Daud , ini bisa jadi masalah karena pandangan islam, Nabi itu Ma'sum (terpelihara dari dosa) Pengguna:Muhammad Azmi duh, malah jadi berdebat ini 07:28, 3 November 2007 (UTC)

Oh iya, kalau gitu ada masalah. Kita lihat bagaimana pendapat yang lain. Untuk sementara, mengapa tidak dikembangkan saja yang bagian pandangan Islam tentang Daud? bennylinkirim pesan 09:06, 3 November 2007 (UTC)

Kayaknya tentang "ma'sum" perlu dikomentari. Terpelihara dari dosa bukan berarti ybs (sang nabi) tidak lepas dari perbuatan salah/mengarah ke dosa. Sbg manusia ia melakukan dosa. Ma'sum berarti Tuhan tidak mengklasifikasikan dosanya sbg "nilai negatif" sehingga masuk neraka. – komentar tanpa tanda tangan oleh Kembangpraps (bk).

Ini juga perlu diklarifikasi, memang ma'sum bukan berarti suci sama sekali dari dosa tapi dosa yang dilakukan (atau akan dilakukan) hanyalah dosa-dosa ringan, bukan mencuri istri orang. Dan seringnya Allah akan langsung mengkoreksi dosa tersebut sebelum jauh atau bahkan ketika baru akan dilakukan.125.163.79.159 07:19, 19 November 2007 (UTC)

Masalahnya siapa yang mengomentari pesan di atas? Azmi 13:05, 17 November 2007 (UTC)

itu Kembangpraps bennylinkirim pesan 07:29, 19 November 2007 (UTC)

Saya muslim, tetapi secara personal tidak mendukung pemisahan pribadi (objek artikel) yang sama. Kembangraps 08:59, 7 November 2007 (UTC)

Setuju dengan Kembangraps. Penggabungan artikel ini kan bisa jadi sumber pembelajaran yang baik? Kristen dan Islam bisa sama-sama membaca di halaman yang sama, dan bisa lebih saling mengerti persamaan/perbedaan antara keduanya.Stephensuleeman 16:21, 7 November 2007 (UTC)

Mungkin ditambah a.s. seperti Wikipedia bahasa Melayu dengan Artikel Islam Dipisah Azmi Perdebatan Seru 10:57, 8 November 2007 (UTC)

Sama sih sama, tp bagi yg muslim or non muslim yg ga tw bisa nganggap sesat lho! Artikel ini kan ditulis bukan cuma utk qta aja tp smua org yg bisa n ngerti bahasa indo! NoiX180 08:27, 14 Desember 2007 (UTC)

Maksudnya, kalo Daud buat Kristen artikelnya tetep Daud, yang dipisah justru bagian Islam karena ada 1 gambar paling atas yang kayaknya........ Azmi 06:34, 15 Desember 2007 (UTC)

Tentang ma'sum[sunting sumber]

Satu-satunya makhluk yang ma'sum adalah malaikat. Nabi seperti halnya manusia, pernah berbuat salah/dosa, tapi perbuatan salah itu ditakdirkan terjadi pada Nabi untuk dijadikan contoh pada umatnya, dan insyaAllah diampuni oleh Al Ghafurur Rahim. Contoh: Nabi Yunus pernah jengkel dan meninggalkan umatnya karena beberapa tahun berdakwah tapi tidak berhasil, sehingga dia ditelan ikan nun. Dia diselamatkan Allah, setelah memohon ampun dengan tasbih Yunus (ada dalam Qur'an). Contoh kedua: Nabi Muhammad pernah tidak menghiraukan seseorang yang buta, tapi kemudian turun ayat yang menyuruh Nabi untuk tidak bersikap seperti itu.dari dua kejadian di atas, diharapkan umat dapat mengambil contoh dan hikmah, antara lain tidak putus asa, dan tidak membeda-bedakan. Falcao 12:42, 12 Desember 2007 (UTC)

Daud atau Dawud[sunting sumber]

Menurut saya, untuk pemisahan artikel, nama DAUD untuk Islam diganti Dawud saja. karena nama itu yang tertulis di Qur'an (arabic, not translated versions). tolong di cek, barangkali saya keliru. Falcao 09:24, 15 Desember 2007 (UTC)

Yang bener Daud. Daud disebutin di Al-Qur'an sbanyak 11 kali: 21:79, 27:15, 34:10, 38:17-21, 38:24-26.

Salah satu ayatnya

Al-Anbiyaa:79 = maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Dan kamilah yang melakukannya.

NoiX180 09:31, 15 Desember 2007 (UTC)

Bwt Mas Ayun, untuk versi Islam cukup ditulis Nabi Daud not Daud cz kata Daud ga cuma dipake dalam Islam.

  • Dawud = Arab - Al-Qur'an
  • Daud = Indonesia
    • Terjemahan untuk Dawud dr Al-Qur'an dlm B.Indonesia.
    • Tokoh dalam Alkitab.
  • David = dalam B.Inggris

NoiX180 13:24, 15 Desember 2007 (UTC)

Gw jg setuju klo di Islam ditulis Dawud. Jd beda antara Daud versi Islam & Kristen Azmi 02:26, 18 Desember 2007 (UTC)

Setuju Dawud Fajar Adi Buana 02:27, 18 Desember 2007 (UTC)

Coba dibaca lagi yang bener[sunting sumber]

Saya jg tahu kalo di tarjamah ditulis Daud. Tp coba liat Qur'an bahasa arab-nya. ditulis hurufnya dal-wawu-wawu(memanjangkan huruf sebelumnya)-dal. Jadi dibaca Dawuda. Coba dibaca lg yg bener 27:15 dan 38:21. Ngaji bareng yuk :-)

Oke pake Nabi Daud jg gak masalah, yang jadi masalah sekarang, kapan dipisahnya? Apa perlu menunggu milisi-milisi pro separatisme artikel yang lain? Gimana nih? Falcao 19:06, 15 Desember 2007 (UTC)

Bener kata si Falcao, jangan sampe ada pengguna baru yang niatnya cuma minta dipisahin doang artikel ginian Azmi1995 14:20, 6 Februari 2008 (UTC)

Orang Sama, Cerita Beda???[sunting sumber]

Orang Sama, Cerita beda??? Nih Q kasih sekilas hal2 yang ada di satu agama n ga da di agama lain!! N juga hal2 yg ga mungkin terjadi dalam pandangan tertentu:

Luth

  • Malaikat-malaikat tersebut menawarkan untuk menolong Lot, istrinya dan kedua anak perempuannya untuk melarikan diri dari penghancuran Sodom dan Gomora, dengan syarat bahwa mereka tidak boleh menoleh ke belakang. Istri Lot mengabaikan perintah ini dan berubah menjadi tiang garam. Lot dan kedua anak perempuannya lolos ke bukit-bukit (Kejadian 19:15-28). Comment: In Islam, Istri nabi Luth dihancurkan with Sodom & Gomora cz berkhianat pada Nabi Luth n malaikat. Juga, Istrinya ga ikut melarikan diri lho wkt penghancuran ....
  • Selama dua malam berturut-turut, mereka membuat ayah mereka mabuk sehingga ia tidur dengan mereka, dan mereka mengandung. Comment: ?????Seorang nabi berzina????

Daud

  • Suatu hari Daud sedang berjalan-jalan di atap istananya. Dari atas ia melihat Batsyeba yang cantik jelita. Sayang sekali ternyata Batsyeba adalah istri Uria, panglima perang Daud sendiri. Dengan berbagai tipu muslihat Daud akhirnya berhasil menyingkirkan Uria, dan ia pun memperistri Batsyeba. Comment: ?????Seorang nabi berzina????

Yakub

  • Ketika Ishak semakin lanjut usianya, Yakub yang merasa belum yakin akan hak kesulungan yang telah dicurinya itu, kembali berulah dengan pertolongan ibunya. Ia mencuri berkat kesulungan Ishak dengan menyamar sebagai Esau (Kejadian 27). Comment: ?????Seorang nabi mencuri????
  • Yakub tidak melepaskan orang itu sebelum ia memberkatinya. Ternyata orang yang bergelut dengan Yakub itu adalah Allah sendiri. Allah kemudian mengganti nama Yakub menjadi Israel yang artinya "yang bergumul melawan Allah dan manusia", dan memberkatinya. Comment:?????Bergulat dengan Allah???? Dalam Islam Allah tidak berwujud manusia (wujudnya hanya Allah sendiri yang tahu)

Hasil riset dari berbagai sumber terutama Wikipedia sendiri!!! Saya nulis cuma yg itu cz cuma itu yg belum dipisah selain Ibrahim. NoiX180 13:33, 20 Desember 2007 (UTC)

Memang begitulah ceritanya, karena menurut teologi Yahudi maupun Kristen ketiga orang di atas manusia biasa, bukan nabi. Dalam teologi kedua agama ini, para nabipun hanya manusia biasa, yang kebetulan dipilih untuk dipakai Allah.Stephensuleeman 02:24, 21 Desember 2007 (UTC)
Akhm, Qta logika aja!! Pandangan Islam: Ketiga org diatas dipilih sebagai nabi/utusan Allah dari manusia bisa (betul kata mas Steven)! N syarat jadi nabi itu ga segampang saya komentar ini (very susah bin dificult sekali)!! Pertanyaan: Klo nabi aja begitu bagaimana umatnya?! Dri pernyataan Mas Steven di atas jelas klo orangnya memang sama tapi cerita beda!! Sorry klo ada keslahfahaman!! NoiX180 09:56, 21 Desember 2007 (UTC)
mesti dipisah kalo gue saranin sih segera, sebelum berita Wikipedia jadi sasaran vandal muncul gara-gara perbedaan agama. Daud in Islam = Uria meninggal terbunuh saat perang, saat perang Uria masih tunangan sama Batsyeba. Karena hanya tunangan, Daud menikahinya, bukan berzina. Azmi 04:13, 4 Januari 2008 (UTC)
Di artikel Yakub, menipu Laban? Yakub gak mungkin Nipu Azmi 04:23, 4 Januari 2008 (UTC)
Mas, di sub halaman dosa daud tulisannya istri n bukan tunangan. NoiX180 04:29, 4 Januari 2008 (UTC)

Itu yang bagian Islam, Batsyeba itu tunangannya Uria(gak tau ya referensinya), tapi kalo Kristian, Batsyeba itu isrtinya Uria Azmi 07:23, 4 Januari 2008 (UTC)

Waktu itu gw dengernye sih dari khotbah Jum'at, kalo Batsyeba ntu, tunangan Uria Azmi1995 14:21, 6 Februari 2008 (UTC)

Dipisah atau tidak[sunting sumber]

Bagaimanapun dari semua yang diargumentasikan diatas, apakah namanya dirubah lah atau konteks yang berbeda intinya tetap sama, ada pendapat yang ingin dipisah dan ada pendapat yang mengukuhkan bahwa kalau orangnya sama maka artikelnya tetap sama. Saya sependapat dengan yang pro artikel tidak dipisah, karena konteks yang berbeda toh tetap dipisah dengan bagian yang berbeda. Lagipula ini ensiklopedia segala sudut pandang harus ditulis sesingkat dan sepadat mungkin -- bukan buku cerita atau tempat dakwah Serenity 14:48, 6 Februari 2008 (UTC)

Eh baru lihat, yang diatas daftarnya ya Ben? Wah thanks, apakah ini sudah semuanya? Gue salin tempel ke warung kopi yah biar bisa ditindak lanjuti. Good job! Serenity 14:52, 6 Februari 2008 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Daud that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 30 Oktober 2023 18.39 (UTC)[balas]