Peace, Love & Respect

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peace, Love 'n Respect
Album studio karya Gigi
Dirilis16 Mei 2007
DirekamOktober 2006-April 2007
GenreRock, Funk rock, Pop rock
LabelSony BMG
Kronologi Gigi
Pintu Sorga
(2006)Pintu Sorga2006
Peace, Love & Respect
(2007)
Jalan Kebenaran
(2008)Jalan Kebenaran2008

Peace, Love 'n Respect merupakan album studio kesepuluh dan kelimabelas secara keseluruhan karya Gigi dirilis pada tahun 2007. Lagu andalan dalam album ini ialah Nakal dan 11 Januari. Selain itu, Gigi juga mendaur ulang lagu lama milik Anggun C. Sasmi yang berjudul Kembalilah Kasih, yang versi aslinya berjudul Kembalilah Kasih, Kita Harus Bicara yang terdapat di album eponimnya.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Musik adalah pengikat kebersamaan kami. Kami hidup untuk musik dan musik pulalah yang menghidupi kami. Sampai kapanpun kami akan terus mempunyai passion di musik. Inilah resep yang membuat kita bertahan hingga tiga belas tahun. (Armand Maulana – vokalis GIGI).

Di usia ketigabelas ini GIGI kembali berkarya lewat album berjudul Peace, Love ‘N Respect, yang sebenarnya merupakan kalimat ikon GIGI yang selalu diucapkan mereka dari tahun 1995 dan baru sekarang akhirnya kalimat tersebut dijadikan title album. Berbeda dari album-album sebelumnya, kali ini Armand Maulana (vocal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bass), dan Gusti Hendy (drum), mengemasnya dengan format akustik (unplugged).

“Ide membuat akustik album sebenarnya sudah muncul sejak lima tahun lalu. Kebetulan GIGIKITA (penggemar GIGI) juga banyak meminta kita membuat format seperti itu. Dan ini adalah album yang belum pernah dibuat oleh GIGI selama 13 tahun berada di musik Indonesia” jelas Armand.

Kalau sebelumnya GIGI membuat format akustik untuk satu lagu dalam satu album, kini mereka harus membuat untuk satu album full. Di telinga awam, akustik itu identik dengan musik genjrang genjreng belaka. Padahal kemasan akustik itu menuntut detail dan kreativitas dalam membuat aransemen dan sound sehingga satu lagu dengan lagu yang lain tidak sama. Jadi tidak terbayang bagaimana seru dan stress-nya mereka mengulik lagu di studio (kabarnya GIGI khusus dibuatkan studio baru oleh Pos Entertainment, managemen yang membawahi mereka, sehingga mereka konsen menggarap album). Hendy sang penggebuk drum mengaku butuh waktu 14 jam take rekaman untuk dapat sound yang pas. Sementara Budjana harus bereksplorasi dengan hanya berbekal gitar string dan nylon. Atau Thomas yang harus menyesuaikan agar line bass-nya selaras dengan gebukan drum. Sedangkan Armand yang mengisi vokal ditantang menghasilkan suara sebersih mungkin tanpa sound effect pada suaranya kecuali reverb dan delay.

Jangan kaget jika mendengar lagu Nakal yang digeber sebagai single pertama. Lagu ini sarat dengan eksplorasi kejahilan masing-masing personil GIGI dalam bermusik dan iramanya sedikit keluar dari pakem musik GIGI. Lagu ini dibuat secara tidak sengaja saat GIGI menunggu grup band /rif menggelar general reherseal untuk sebuah pementasan bareng. Awalnya lagu ini bercerita tentang pemanasan global, tetapi setelah hasil listening session bersama orang – orang di kantor Pos Entertainment dan atas usulan mereka, liriknya diubah menjadi lebih santai tentang seseorang yang tidak kuasa menahan rayuan maut seorang wanita.

Chord lagu Nakal sendiri terinspirasi dari lagu tema serial televisi Mandarin Kera Sakti (versi 1996) (dubbing Bahasa Indonesia) yang dinyanyikan oleh grup rap Sindikat 31, yang mana serial ini dulunya pernah tayang di Indosiar pada tahun 1997 hingga 2001, yang kemudian disiarkan ulang di TPI (2001 - 2004), Trans7 (2004 - 2006 & 2017 - 2018) dan B Channel/Rajawali Televisi (2013 - 2016).

Puas dengan lagu Nakal yang membuat adrenalin naik, kini saatnya mengendurkan saraf dengan nomor ballad bertajuk 11 Januari, di mana lagu ini diciptakan oleh Budjana dan liriknya ditulis oleh Armand. Lagu yang easy listening ini mempunyai lirik yang ‘dalam’ sekali tentang sepasang manusia yang ditakdirkan bersama dalam suka maupun duka. Tampilnya string section mengiringi petikan gitar semakin membuat lagu ini semakin apik.

Simak nomor lama ciptaan Thomas, Kembalilah Kasih, lagu yang pernah dibawakan oleh Anggun di album terakhirnya sebelum go international. Kalau Anggun membawakannya dengan gaya hard rock era 90-an kini GIGI mendaurnya menjadi musik yang kalem penuh ratapan kesedihan. Disini Indra Lesmana didaulat mengisi piano.

Lagu dengan tempo agak cepat dapat dinikmati dalam nomor seperti Matikan Cintaku atau Tuk Rasa.. Tuk Cinta. Dua lagu ini mempunyai mood elektrik, tetapi GIGI mengimplementasikannya dengan gaya akustik. Tak ketinggalan menyeruak nomor vintage bergaya 70’an dalam lagu Percayalah, di mana ada permainan perkusi dari Adjie Rao yang semakin menghidupkan suasana.

Akhirnya Peace, Love ‘N Respect tak sekadar album, tetapi manifestasi dari energi positif GIGI dalam berkiprah di industri musik tanpa kehilangan identitas diri.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Nakal, video di Youtube
  2. 11 Januari, video di Youtube
  3. Kagum
  4. Matikan Cintaku
  5. Cinta Palsu
  6. Untukmu
  7. Tuk Rasa... Tuk Cinta
  8. Romansa Yang Hilang
  9. Percayalah
  10. Kembalilah Kasih

Personel[sunting | sunting sumber]