Raihlah Kemenangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raihlah Kemenangan
Album studio karya Gigi
Dirilis19 Oktober 2004 (2004-10-19)
Genre
LabelSony Indonesia
ProduserGigi
Kronologi Gigi
Ost. Brownies
(2004)Ost. Brownies2004
Raihlah Kemenangan
(2004)
Raihlah Kemenangan Repackage
(2005)Raihlah Kemenangan Repackage2005

Raihlah Kemenangan adalah album studio spesial pertama dan kesebelas secara keseluruhan karya Gigi yang dirilis pada tahun 2004. Terdiri dari beberapa lagu lawas seperti lagu "Tuhan" dari Bimbo yang dibuat menjadi berirama rok, "Ketika Tangan dan Kaki Berkata" maupun lagu lawas Gigi yang berjudul Hilang yang diaransemen ulang.

Namun hal ini tidak terlepas dari adanya kontroversi yang dicetuskan oleh pedangdut senior Rhoma Irama yang berkomentar bahwa Gigi adalah band yang frustasi.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Konsep album ini sudah dirumuskan sejak 2003. Armand pernah menceritakan bahwa ia membawakan salah satu lagu islami Bimbo di depan keponakan yang masih remaja.

Dari pengalaman itu dia menyimpulkan bahwa generasi muda mungkin kurang mengenal musik-musik islami karena seleranya kurang pas dengan mereka. Jadi kenapa musik dan aransemennya tidak dibuat mendekati selera mereka, sehingga jika mereka suka, akan menyanyikan dan syukur-syukur dapat menghayati makna lirik yang tergantung didalamnya.

Proses pembuatan album sendiri tidak mengalami kendala, dengan bantuan Dewa Budjana juga mendukung sepenuhnya. Akhirnya tersaring 10 lagu yang dimuat dalam album Raihlah Kemenangan. Delapan lagu diambil dari lagu-lagu rohani yang selama ini memang familiar, seperti "Tuhan", "Rindu Rasul", "Ketika Tangan dan Kaki Berkata" dan "Dengan Menyebut Nama Allah". Mereka membawakan dua lagu ciptaan mereka sendiri yaitu "Hilang" dan "Karunia-Mu". Armand menjelaskan bahwa lagu Hilang yang diambil dari album GIGI 3/4 diaransemen ulang dengan lirik tentang ketuhanan, sedangkan lagu "Karunia-Mu" ciptaan Thomas awalnya dimuat ke dalam album kesembilan.

Tur[sunting | sunting sumber]

Untuk mempromosikan album ini, mereka siap melakukan tur ke lebih dari 15 kota di Jabotabek, Jabar, dan Jateng dalam tur bertajuk "Musik Ngabuburit dan Gema Ramadhan", diisi juga dengan Dai kondang Gito Rollies dan Sujiwo Tedjo.[2]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

"Ketika Tangan dan Kaki Berkata" adalah lagu rock yang menggabungkan musik rok dengan bagian rap. "Dengan Menyebut Nama Allah" adalah lagu rock waltz yang menampilkan Hendy yang menggunakan brush stick pada permainan drum. "Akhirnya" adalah lagu akustik yang menampilkan gitar sebagai unsur dominan. "Rindu Rasul" adalah lagu rock waltz lain dengan distorsi gitar yang keras. "Keagungan Tuhan" yang aslinya memang bertempo pelan, dibawakan secara sederhana dengan petikan gitar yang ritmis. "Lailatul Qadar" dirombak dengan distorsi gitar dan drum digeber dengan tempo cepat, dengan pengulangan yang membalut lengkingan vokal Armand. Lagu "Tuhan" yang aslinya syahdu dan mendayu, digubah menjadi lebih cadas dengan adanya tarikan gitar distorsi dan brass section. "Raihlah Kemenangan", lagu berirama mid-tempo dengan alunan gema takbir yang bersahut-sahutan.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No.JudulLirikMusikDurasi
1."Ketika Tangan dan Kaki Berkata"Taufik IsmailChrisye 
2."Dengan Menyebut Nama Allah"Ags. Arya DipayanaDwiki Dharmawan 
3."Rindu Rasul"TaufikM. Samsudin Hardjakusumah 
4."Keagungan Tuhan"Abdul Malik BuzaidMalik 
5."Lailatul Qadar"TaufikWandi Kuswandi 
6."Tuhan"SamSam 
7."Raihlah Kemenangan"Wieke GurElfa Secioria 
8."Akhirnya"Deddy DhukunYounky Soewarno 
9."KaruniaMu"Thomas RamdhanThomas 
10."Hilang"Thomas
  • Armand Maulana
  • Dewa Budjana
  • Thomas
  • Ronald
 

Personel[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DetikHot
  2. ^ "Tur 'Ngabuburit' Gigi". Kompas. 24 Oktober 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Desember 2004. Diakses tanggal 25 Juni 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]