Kilas Balik (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kilas Balik
Gigi Kilas Balik.jpg
Album studio karya Gigi
Dirilis19 Juni 1998
GenreRock, Pop Rock
Durasi48:59
LabelSony Music Indonesia
ProduserGigi
Sony Music Indonesia
Kronologi Gigi
2 x 2
(1997)2 x 21997
Kilas Balik
(1998)
Baik
(1999)Baik1999

Kilas Balik adalah album musik kelima karya Gigi. Dirilis pada tahun 1998. Lagu utama dari album ini ialah "Terbang" dan "Di manakah Kau Berada?". Tahun 1998, adalah tahun pembuktian bagi GIGI. Konsep musik yang sempat sedikit berubah akibat penyesuaian dengan personel yang baru, sekarang kembali seperti cirinya sediakala. Pindah perusahaan rekaman ke Sony Music Indonesia adalah pilihan yang tepat. 19 Juni 1998, sepulangnya GIGI show di Malaysia, album “ KILAS BALIK “ di lempar kepasar. Tidak diduga hasilnya, dengan kerjasama yang baik antara Management GIGI dan Sony Music Indonesia mengemas promosi album, tingkat penjualan kasetnya terhitung laku keras. Tidak saja di Jakarta atau di Pulau Jawa, dipulau lainnya pun penjualan kaset GIGI menjadi best seller untuk beberapa periode mingguan. Sedangkan hits lagu “ Terbang “ duduk ditangga lagu terbaik radio di Indonesia tidak kurang dari 9 minggu, belum lagi lagu lainnya seperti “ Di manakah kau berada “ dan “ Rindukan Damai “. Penjualan kaset dan CDnya mencapai angka 300.000. Prestasi lain yang diperoleh pada tahun 1998 pun sangat menggembirakan seperti di Anugerah Musik Indonesia, GIGI menggondol beberapa katagori seperti Group Terbaik, Penyanyi Terbaik, Lagu Terbaik dan Nominasi Cover Kaset Terbaik. Sedangkan dari media cetak GIGI dinobatkan sebagai group pop rock terbaik 1998 dan group paling bersinar 1998. Yang paling menggembirakan bagi GIGI di kondisi ekonomi Indonesia yang sedang parah begini target management untuk mencapai 48 kegiatan/show dalam satu tahun ( terhitung Juni 1998 ) sudah terlampaui di akhir tahun 1998 dengan 68 kegiatan/show.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Tahun 1996 adalah masa suram bagi band yang berdiri tahun 1994 ini. Setelah merilis album kedua Dunia pada tahun 1995, yang menjadi cetak biru musik GIGI lewat amunisi seperti Janji dan Nirwana, GIGI hampir pecah kongsi. Berturut-turut bassis Thomas Ramdhan dan Ronald Fristianto menyatakan pamit mundur setelah sebelumnya Aria Baron memutuskan hengkang. Praktis tinggal Armand Maulana dan Dewa Budjana yang tersisa.

Teknisi bass Thomas, Opet Alatas ditarik sebagai pengganti. Sementara drummer yang pernah memperkuat Jamrud, Krakatau dan Karimata, Budhy Haryono didapuk untuk duduk dibalik drumset. Formasi ini menghasilkan album 2X2 yang proses produksinya dilakukan di Indonesia dan Amerika Serikat dengan melibatkan pemain bass MR.BIG, Billy Sheehan dan Indra Lesmana. Tapi hasilnya tidak menggembirakan.

Titik baliknya adalah album Kilas Balik. Memajang hit single Terbang dan Di manakah Kau Berada, GIGI kembali menggigit. Di Anugerah Musik Indonesia tahun 1998, album produksi Sony Music Indonesia ini diganjar penghargaan Group Terbaik, Penyanyi Terbaik, Lagu Terbaik dan Nominasi Cover Kaset Terbaik. Lagu Terbang sendiri masuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Durasi
1. "Di manakah Kau Berada?"   4:35
2. "Terbang"   5:07
3. "Those Days Are Gone"   4:15
4. "Palsu"   3:39
5. "Kemarin (Live Version)"   6:42
6. "Kilas Balik"   4:51
7. "Dua Belas 'K'"   4:00
8. "Rindukan Damai"   3:57
9. "Dan Kau Beri"   5:13
10. "Kemarin (Studio Version)"   6:40
Durasi total:
48:59

Personil[sunting | sunting sumber]

Gigi[sunting | sunting sumber]

Personil tamu[sunting | sunting sumber]

  • Pranaweningrum Katamsi - Vokal ("Rindukan Damai")
  • Agus Sasongko - Drum Loop ("Terbang")

Pranala luar[sunting | sunting sumber]