Baik (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Baik
Gigi Baik.jpg
Album studio karya Gigi
Dirilis April 1999
Genre Rock, Pop Rock
Durasi 41:44
Label Sony Music Indonesia
Kronologi Gigi
Kilas Balik
(1998)Kilas Balik1998
Baik
(1999)
The Greatest Hits Live
(2000)The Greatest Hits Live2000

Baik merupakan album musik keenam karya Gigi. Dirilis pada tahun 1999. Di album ini kembali terjadi perubahan formasi, yaitu hengkangnya Opet Alatas dari grup musik Gigi lalu kembalinya Thomas Ramdhan sebagai bassist. Lagu utamanya di album ini ialah Hinakah. Di tengah ketidakpastian dan kesemrawutan itulah GIGI tetap bertahan dan tetap terus berkarya. Bahkan suasana muthakhir negeri tercinta ini terekspresikan dalam salah satu karya GIGI terbaru yang berjudul 1999 Menangis.

Ini adalah album keenam Gigi yang dirilis tahun 1999. Album ini sekaligus menandai kembalinya Thomas ke dalam grup Gigi setelah sempat keluar tahun 1996. Keluarnya Thomas konon karena Thomas terlibat dengan obat-obatan terlarang. Album yang diberi titel Baik ini mengandalkan lagu Hinakah sebagai single pertama.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Tahun 1999, adalah tahun yang cukup suram bagi dunia musik Indonesia. Dalam kondisi perekonomian yang dilanda krisis berkepanjangan sangat mempengaruhi aktivitas dan kehidupan bermusik. Bursa kaset, aktivitas show, aktivitas rekaman terasa ikut lesu darah. Ditambah dengan suhu politik yang kian meninggi menjelang pemilu tahun ini, menimbulkan bermacam prediksi dan ketidakpastian tentang kondisi pasca pemilu. Demikian pula yang terjadi pada dunia musik. Banyak proyek-proyek rekaman tertunda menunggu perkembangan politik dan ekonomi Indonesia.

Di tengah ketidakpastian dan kesemrawutan itulah GIGI tetap bertahan dan tetap terus berkarya. Bahkan suasana muthakhir negeri tercinta ini terekspresikan dalam salah satu karya GIGI terbaru yang berjudul “1999....Menangis”. Bersamaan dengan HUTnya yang ke 5 bulan April 1999 yang ditandai dengan konser tunggal GIGI di Gedung Kesenian Jakarta yang bertajuk “Konser Balas Budi”, diluncurkan pula album ke 6 GIGI yang berjudul “BAIK” . Ada yang istimewa di album keenam ini. “Si anak hilang” THOMAS RAMDHAN kembali memperkuat jajaran formasi GIGI yang posisinya di tiga tahun kemarin diisi oleh Opet Alatas. Dan GIGI seakan menemukan kembali komponennya yang sempat hilang, yang membuat formulasi komposisi-komposisi GIGI kian kokoh saja. Dengan hits andalan “Hinakah” Album GIGI – BAIK menginjak bulan kedua sudah mencapai penjualan 60.000 keping meskipun belum ditunjang dengan promosi penayangan video klipnya yang eksklusif (dikarenakan kapling acara di media televisi saat itu didominasi oleh kampanye-kampanye parpol dan talk show bernuansa politik yang memang ratingnya sedang tinggi). Dan….. Armand Maulana, Budhy Haryono, Dewa Budjana dan Thomas Ramdhan tetap berkeyakinan bahwa bagaimanapun keadaannya, apapun cobaan dan rintangannya, dengan segenap kepiawaiannya berolah musik GIGI akan tetap menggigit di sanubari penggemarnya dan masyarakat pada umumnya. Di tahun 1999 itu pula GIGI mengukir sejarah dalam karier musiknya dengan menggelar konser tunggal yang di beri nama “Konser Balas Budi” di Gedung Kesenian Jakarta dengan melibatkan puluhan pemain orkestra dalam konsernya itu. Konser ini merupakan ekspresi balas budi GIGI untuk semua pihak yang turut membantu suksesnya GIGI. Selain ditayangkan secara langsung dalam acara ekslusif oleh Indosiar, konser ini juga direkam secara live dan album live tersebut dirilis pada pertengahan tahun 2000 dengan judul “GIGI GREATEST HITS LIVE IN CONCERT”

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Durasi
1. "Baik"   4:37
2. "Hinakah?"   5:06
3. "Tanpamu ... Sepi"   5:46
4. "1999 ... Menangis"   4:41
5. "Sedikit Saja"   4:37
6. "Kenyataan Kini"   4:01
7. "Kembali Terjaga"   4:15
8. "G.A."   4:11
9. "Aku"   4:30

Personil[sunting | sunting sumber]