2 x 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
2 x 2
2 x 2 Album.jpg
Album studio karya Gigi
Dirilis 1997
Genre Rock, Pop rock
Durasi 56:34
Label Ceepee Production,Sony Music Indonesia
Produser Armand Maulana dan Dewa Budjana
Kronologi Gigi
3/4
(1996)3/41996
2 x 2
(1997)
Kilas Balik
(1998)Kilas Balik1998

2 x 2 adalah album musik karya Gigi yang dirilis pada tahun 1997. Berisi 11 buah lagu dengan hits singel lagu yang berjudul Kurindukan.

Gigi dibentuk pada tanggal 22 Maret 1994, dengan personel awalnya Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bass), Ferdinal Ronald Fristianto (drum) dan Aria Baron Arafat (gitar). Album pertama yang mereka keluarkan adalah Angan yang rilis pada tahun 1994 dengan hits single Angan dan Kuingin. Sempat mengalami pergantian personel dengan bermacam alasan. Tetapi eksistensi mereka tidak bisa diragukan lagi, band Gigi masih bertahan hingga sekarang di tengah gempuran band pendatang baru. Album 2x2 adalah album keempat Gigi yang dirilis pada tahun 1997. Personel Gigi di album ini adalah Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Budhy Haryono (drum) dan Opet Alatas (bass). Penggarapan album ini melibatkan banyak musisi di luar Gigi seperti Indra Lesmana dan Gilang Ramadhan, bahkan musisi luar negeri Billy Sheehan (pemain bass Mr Big) juga terlibat di album ini. Penggarapan albumnya sendiri selain di dalam negeri juga dilakukan di Amerika. Tetapi dengan sederet catatan tersebut tidak serta merta membuat album ini sukses secara komersil. Tetapi sebagai 'Albumnya Gigi', album ini patut diperhitungkan. Bahkan banyak yang bilang ini album ini kemudian menjadi 'langka' karena susah dicari lagi. Seperti ketiga album sebelumnya (album Angan,Dunia dan album 3/4), Album ini juga dirilis pada tahun 2004 oleh Sony Music Entertainment Indonesia sebagai album edisi terbatas dan hanya dikhususkan untuk fans resmi Gigi.

Tahun 1997 adalah tahun serba baru bagi GIGI. Selain dua pemain baru dan konsep musik baru, perusahaan rekamannya pun baru. Sebenarnya kondisi lain yang diharapkan harusnya baru juga, ternyata tidak begitu, Album yang diberi nama “ 2 X 2 “ yang dapat dikatakan album tereksklusif GIGI tersebut yang proses pengambilan suaranya di lakukan di Indonesia dan Amerika, proses penyempurnaan keseluruhan ( Mixing dan Mastering ) di lakukan sepenuhnya di Amerika kurang dipromosikan secara maksimal, akibatnya album yang bekerjasama dengan Musisi Dunia seperti Billy Sheehan ( Bassist Mr. BIG ), Harry Kim dan Arturo Velasco (Phil Collins Brass Sections), Eric Marienthal (Saxophone Solo) hasil yang diharapkan tidak seperti yang ditargetkan. Untung ada Program tour 100 Kota dari Management GIGI yang paling tidak membantu meningkatkan penjualan kaset.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Durasi
1. "Flamenco"   4:35
2. "Mereka"   6:42
3. "Bumi Meringis"   4:48
4. "Kurindukan"   4:53
5. "Tractor"   6:31
6. "Kau Dengar"   4:47
7. "Cry Baby"   5:24
8. "Sang Nayaga"   5:26
9. "Bronchitis Kronis (Instrumental)"   5:17
10. "Selamat Ulang Tahun"   4:48
11. "Ingin Ku Bicara"   3:25

Personil[sunting | sunting sumber]