Mr. Big

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mr. Big
Mr. Big pada tahun 1992 Dari kiri: Billy Sheehan, Paul Gilbert, Pat Torpey, Eric Martin
Mr. Big pada tahun 1992
Dari kiri: Billy Sheehan, Paul Gilbert, Pat Torpey, Eric Martin
Informasi latar belakang
AsalLos Angeles, California
GenreHard rock, glam metal,[1] pop rock, soft rock
Tahun aktif1988–2002, 2009–present
LabelWarner, Atlantic, Frontiers
Artis terkaitDavid Lee Roth, Racer X, Impellitteri, G3, Tak Matsumoto Group, The Winery Dogs
Situs webhttp://www.mrbigsite.com/
AnggotaEric Martin
Nick D'Virgillio
Billy Sheehan
Paul Gilbert
Mantan anggotaRichie Kotzen
Pat Torpey
Matt Starr

Mr. Big adalah grup musik rock asal Amerika Serikat yang dibentuk pada 1988.

Mr Big adalah grup hard rock yang dibentuk pada tahun 1988. Band ini adalah kuartet yang terdiri dari Eric Martin (vokal), Paul Gilbert (gitar), Billy Sheehan (bass), dan Pat Torpey (drum); Mr. Big juga pernah diperkuat oleh Richie Kotzen, yang menggantikan Gilbert pada tahun 1999 . Band ini dikenal terutama karena reputasi musisinya dan keberhasilannya mencetak sejumlah hit. [1] lagu mereka sering ditandai dengan vokal yang kuat dan harmoni vokal. Hit mereka termasuk "To Be With You" nomor (100 Billboard Hot satu pun di 15 negara selama berminggu-minggu, tahun 1991) dan "Green-Tinted Sixties Mind".

Mr Big tetap aktif dan populer selama lebih dari dua dekade, meskipun konflik internal dan perubahan tren musik. Mereka bubar pada tahun 2002, tetapi setelah permintaan dari penggemar bersatu kembali pada tahun 2009; tur pertama mereka di Jepang, pada Juni 2009.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Sejarah Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Formasi (1988-1989)[sunting | sunting sumber]

Setelah pemain bass Billy Sheehan meninggalkan David Lee Roth pada tahun 1988, ia mulai membentuk sebuah band baru dengan bantuan Mike Varney dari Shrapnel Records, label khusus dalam genre shredding. Dia merekrut Eric Martin, penyanyi solo yang akrab dengan musik rock dan soul, dan tidak lama kemudian ditambahkan gitaris Paul Gilbert dan drummer Pat Torpey. Sebelumnya, Gilbert sudah menjadi gitaris yang sangat dihormati karena telah merilis dua album dengan band Racer X yang berbasis di Los Angeles. Sedangkan Torpey datang ke California dari Arizona, dan sudah pernah melakukan tur dengan beberapa musisi berprofil tinggi, terutama Robert Plant.

Terobosan (1989-1997)[sunting | sunting sumber]

Band yang baru terbentuk ini mempekerjakan Herbie Herbert, mantan manajer Journey, Europe dan Santana, untuk menjadi manajer mereka. Pada tahun 1989, mereka menandatangani kontrak dengan Atlantic Records dan merilis debut self-titled mereka pada tahun yang sama. Rekaman ini tidak mendapatkan cukup sambutan di Amerika Serikat, namun sukses di Jepang. Pada bulan Juni 1990, kelompok ini melakukan tur di Amerika untuk membuka band Rush.

Album kedua Mr Big pada tahun 1991 Lean Into It, meraih sukses di pasaran, terutama disebabkan singel-singel seperti, "To Be With You" (mencapai tangga lagu nomor satu di lima belas negara) dan "Just Take My Heart, serta " Green-Tinted Sixties Mind" . Mereka melakukan tur Inggris pada bulan April dan Mei 1991 dan lagi pada tahun 1992, merilis album live, Mr Big Live, pada tahun 1992. Selama tiga malam, mereka tampil sebagai band pembuka untuk Aerosmith di Wembley Arena. London.

Pada tahun 1993, balada lain, sebuah cover dari Cat Stevens berjudul "Wild World", (dari album ketiga mereka, Bump Ahead) menempati posisi # 27 di Billboard Hot 100. Band ini juga memberikan kontribusi soundtrack untuk rilis Sega Mega CD The Amazing Spider-Man vs Kingpin.

Mereka merilis Hey Man pada tahun 1995. Salah satu singel dari album tersebut "Take Cover" termasuk pada soundtrack untuk seri kartun Mega Man.

Walaupun kesuksesan band ini sebelumnya sulit direplikasi di pasar AS, popularitas mereka terus meroket di Asia, terutama Jepang. Mereka juga memperoleh pasar penggemar baru di Asia Tenggara seperti Thailand dan Indonesia. Di Jepang dan di seluruh Asia, di sisi lain, mereka sukses melakukan tur dan merilis beberapa album live untuk pasar Jepang.

Live At Budokan adalah salah satu rilis yang ditujukan untuk pasar Jepang saja. Pada saat album itu muncul, personil band kemudian lebih asyik di proyek lain sehingga band bubar sementara pada tahun 1997.

Keluarnya Paul Gilbert dan formasi baru (1997-2002)[sunting | sunting sumber]

Paul Gilbert meninggalkan band pada tahun 1997, dan akhirnya bergabung kembali bersama Racer X. Richie Kotzen, solois dan mantan gitaris Poison, dibawa masuk sebagai penggantinya. Dua album studio yang dirilis oleh lineup ini: Get Over It pada tahun 2000, dan Actual Size pada tahun 2001. Get Over It dirilis pada September 1999, di Jepang, dan menghasilkan "Superfantastic," hit nomor satu di Jepang. Mr Big melakukan tur tanggal dua puluh Jepang diikuti dengan konser Malam Tahun Baru 1999 bersama Aerosmith di Tokyo Dome di Tokyo. Get Over It 'dirilis di Amerika Serikat pada Maret 2000, diikuti oleh penampilan singkat di "Roxy", California.

Pada tahun 2001, Mr. Big merilis Actual Size di Asia. CD ini duduk di tangga lagu di nomor tiga dan singel "Shine", meraih nomor satu. Lagu ini juga digunakan sebagai lagu penutup untuk seri animasi Hellsing.

Namun, ketegangan telah terjadi antara Billy Sheehan dan anggota lainnya, akhirnya, band itu bubar pada tahun 2002.

Reuni (2009)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Februari, 2009 pengumuman radio "Presents Burrn Koh Sakai's: Heavy Metal Syndicate" berisi pesan singkat dari Mr Big mengumumkan reuni di Jepang untuk merayakan ulang tahun kedua puluh dari album debut mereka. Sebuah konferensi pers di Jepang pada bulan Februari yang dihasilkan banyak kegembiraan, [6] dan tur ke negara dimulai pada bulan Juni diumumkan, dengan pertunjukkan di lokasi sepuluh (termasuk Budokan). Mereka mengadakan reuni pertama mereka konser di luar Jepang di Rock Cafe di Tallinn, Estonia pada bulan September 2009 melanjutkan tur mereka.

Warner Music Japan merilis remaster salinan dari empat album studio, serta greatest hits CD dan DVD. Ada dua lagu studio bonus pada album, lagu baru "Next Time Around", dan sampul dari "Argent's Hold Your Head Up".

What If (2011)[sunting | sunting sumber]

Mr. Big merilis album baru mereka tahun 2011 bertitel What If dengan single pertamanya "Undertow"

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Live[sunting | sunting sumber]

Single[sunting | sunting sumber]

Year Song US Hot 100000 US Rock UK Singles Japan Album
1989 "Addicted to That Rush" - 39 - - Mr. Big
"Wind Me Up" - - - -
1991 "Green-Tinted Sixties Mind" - 33 72 - Lean into It
"To Be with You" 1 19 3 -
1992 "Just Take My Heart" 16 18 26 68
1993 "Wild World" 27 33 59 40 Bump Ahead
1994 "Ain't Seen Love Like That" 83 - - -
1996 "Take Cover" - - - 1 Take Cover
1997 "Not One Night" - - - - Not One Night
2000 "Superfantasic" - - - 97 Get Over It
"Where Are They Now" - - - 47 Deep Cuts: The Best of the Ballads
2001 "Shine" - - - 1 Actual Size
"Arrow" - - - 42
2010 "Undertow" - - - - What If…
2011 "All the Way Up" - - - -

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]