Paramyxoviridae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Morbillivirus penyebab cacar

Paramyxoviridae adalah keluarga virus yang memiliki genom RNA utas negatif dan tidak bersegmen.[1] Karakteristik virus ini adalah memiliki amplop yang tersusun dari lipoprotein yang menyelubungi nukleokapsid yang berbentuk heliks.[1] Paramyxoviridae ditemukan hanya pada hewan berdarah panas.[1] Aktivitas neuraminidasenya dapat menggumpalkan sel darah merah mamalia dan burung.[1]

Paramyxoviridae beranggotakan tiga genus, yaitu Paramyxovirus yang menyebabkan gangguan pernapasan sinsitial, Morbillivirus yang tidak memiliki neuraminidase, dan Pneumovirus yang menyebabkan pneumonia pada tikus.[1] Klasifikasi ini dibagi berdasarkan morfologi, struktur genom, aktivitas protein, dan sekuen genom.[2] Anggota Paramyxoviridae pada manusia dapat meyebabkan penyakit cacar dan gondong[2] dan pada unggas besar menyebabkan penyakit tetelo (ND).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris) Georgiev VS. 1998. Infectious diseases in immunocompromised hosts. Florida:CRC Press LLC. ISBN 0-8493-8553-9.
  2. ^ a b (Inggris) Fields BN, et al. 2007. Fields' virology, Jilid 1. USA: Lippincott WW. ISBN:9780781760607.

Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.