Komite Internasional Taksonomi Virus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
International Committee on Taxonomy of Viruses
Tanggal pembentukan1966; 54 tahun lalu (1966)
Situs webtalk.ictvonline.org

Komite Internasional Taksonomi Virus adalah induk organisasi yang mengatur taksonomi dan nomenklatur untuk virus.[1] Komite Internasional Taksonomi Virus telah mengembangkan skema taksonomi universal untuk virus, dan karenanya memiliki sarana untuk menggambarkan, memberi nama, dan mengklasifikasikan setiap virus yang mempengaruhi organisme hidup secara tepat.[2] Anggota Komite Internasional Taksonomi Virus dianggap sebagai ahli virologi. Komite Internasional Taksonomi Virus dibentuk dari dan diatur oleh Divisi Virologi dari Serikat Internasional Masyarakat Mikrobiologis.[3] Pekerjaan terperinci, seperti membatasi batas spesies dalam suatu keluarga, biasanya dilakukan oleh kelompok studi pakar dalam keluarga.[4]

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Tujuan Komite Internasional Taksonomi Virus adalah:

  1. Untuk mengembangkan taksonomi yang disetujui secara internasional untuk virus
  2. Untuk menetapkan nama taksa virus yang disetujui secara internasional.
  3. Untuk mengkomunikasikan keputusan yang dicapai berkenaan dengan klasifikasi dan nomenklatur virus kepada ahli virus dengan mengadakan pertemuan dan menerbitkan laporan.
  4. Untuk mempertahankan indeks resmi dari nama taksa virus yang disetujui.
  5. Untuk mempelajari efek virus dalam masyarakat modern dan perilaku mereka.

Prinsip-prinsip tata nama[sunting | sunting sumber]

Prinsip-prinsip penting nomenklatur virus Komite Internasional Taksonomi Virus adalah:

  • Stabilitas
  • Untuk menghindari atau menolak penggunaan nama yang dapat menyebabkan kesalahan atau kebingungan
  • Untuk menghindari pembuatan nama yang tidak perlu

Sistem klasifikasi virus universal Komite Internasional Taksonomi Virus menggunakan versi yang sedikit dimodifikasi dari sistem klasifikasi biologis standar. Ini hanya mengenali urutan taksa, famili, subfamili, genus, dan spesies. Ketika tidak pasti bagaimana mengklasifikasikan spesies ke dalam genus tetapi klasifikasinya dalam suatu keluarga jelas, itu akan diklasifikasikan sebagai spesies yang tidak ditugaskan dari keluarga itu. Banyak taksa tetap tidak diminum. Ada juga, pada 2005, sekuens GenBank ditugaskan untuk 3.142 "spesies" yang tidak diperhitungkan dalam laporan Komite Internasional Taksonomi Virus (karena cara GenBank bekerja, namun, jumlah sebenarnya spesies yang tepat mungkin jauh lebih kecil). Jumlah urutan virus yang tidak dikenal hanya diperkirakan akan meningkat karena laju urutan virus meningkat secara dramatis.

Komite Internasional Taksonomi Virus telah sangat berhasil dalam mencapai stabilitas, sejak didirikan pada tahun 1962. Setiap genus dan keluarga yang diakui pada 1980-an terus digunakan pada 2005, misalnya.

Memberi nama dan mengubah taksa[sunting | sunting sumber]

Proposal untuk nama baru, perubahan nama, dan pendirian dan penempatan taksonomi dari taxa ditangani oleh Komite Eksekutif Komite Internasional Taksonomi Virus dalam bentuk proposal. Semua subkomite Komite Internasional Taksonomi Virus dan kelompok studi yang relevan dikonsultasikan sebelum keputusan diambil.

Nama takson tidak memiliki status resmi hingga disetujui oleh Komite Internasional Taksonomi Virus, dan nama hanya akan diterima jika dikaitkan dengan taksa hierarki yang disetujui. Jika tidak ada nama yang cocok diusulkan untuk suatu takson, takson tersebut dapat disetujui dan nama tersebut dibiarkan ragu-ragu sampai adopsi nama internasional yang dapat diterima, ketika seseorang diusulkan ke dan diterima oleh Komite Internasional Taksonomi Virus. Nama tidak boleh menyampaikan arti untuk takson yang tampaknya mengecualikan virus yang merupakan anggota takson yang sah, mengecualikan anggota yang mungkin suatu hari termasuk dalam takson itu, atau memasukkan virus yang merupakan anggota taksa yang berbeda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ King, Andrew M.Q.; Lefkowitz, E.; Adams, M.J.; Carstens, E.B. (2012). Virus Taxonomy Classification and Nomenclature of Viruses: Ninth Report of the International Committee on Taxonomy of Viruses. Elsevier. ISBN 978-0-12-384684-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 December 2017. Diakses tanggal 13 April 2017. 
  2. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 September 2007. Diakses tanggal 22 June 2006. 
  3. ^ Fauquet CM, Fargette D (2005). "International Committee on Taxonomy of Viruses and the 3,142 unassigned species". Virol. J. 2: 64. doi:10.1186/1743-422X-2-64. PMC 1208960alt=Dapat diakses gratis. PMID 16105179. 
  4. ^ Gibbs AJ (2013). "Viral taxonomy needs a spring clean; its exploration era is over". Virol. J. 10: 254. doi:10.1186/1743-422X-10-254. PMC 3751428alt=Dapat diakses gratis. PMID 23938184.