Monodnaviria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Monodnaviria Edit the value on Wikidata
Parvovirus in Blood.jpg
Edit the value on Wikidata
Taksonomi
SuperdomainBiota
DomainVirus
Dunia (virologi)Monodnaviria Edit the value on Wikidata
Subtakson
Lihat teks

Monodnaviria adalah dunia virus yang mencakup semua virus DNA beruntai tunggal yang menyandi endonuklease dari superfamili HUH yang memulai replikasi lingkaran bergulir dari genom virus melingkar. Virus-virus yang merupakan keturunan dari virus tersebut juga termasuk dalam dunia Monodnaviria, termasuk sejumlah virus DNA untai tunggal (ssDNA) linier dan virus DNA untai ganda (dsDNA) melingkar. Anggota-anggota yang atipikal ini bereplikasi melalui cara lain selain replikasi lingkaran bergulir.

Monodnaviria didirikan pada tahun 2019 dan terdiri dari empat kerajaan: Loebvirae, Sangervirae, Trapavirae, dan Shotokuvirae. Virus-virus dalam tiga kerajaan pertama menginfeksi prokariota, sementara virus-virus Shotokuvirae menginfeksi eukariota dan termasuk anggota atipikal. Virus-virus Monodnaviria tampaknya telah muncul beberapa kali secara independen dari plasmid bakteri dan plasmid arkea melingkar yang menyandi endonuklease HUH. Virus-virus eukariotik dalam takson ini tampaknya telah muncul beberapa kali melalui peristiwa rekombinasi genetika yang menggabungkan asam deoksiribonukleat (DNA) dari plasmid-plasmid yang telah disebutkan sebelumnya dengan protein kapsid dari virus RNA tertentu. Sebagian besar virus ssDNA yang teridentifikasi ditempatkan dalam Monodnaviria.

Anggota prototipe dari takson ini sering disebut virus CRESS-DNA atau virus CRESS DNA. Virus-virus ini dikaitkan dengan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit pada tumbuhan yang penting secara ekonomi dan berbagai penyakit pada hewan. Anggota atipikal dari dunia ini termasuk Papillomaviridae dan Polyomaviridae, yang diketahui menyebabkan berbagai jenis kanker. Anggota Monodnaviria juga diketahui sering berintegrasi ke dalam DNA inang mereka serta mengalami tingkat mutasi dan rekombinasi genetik yang relatif tinggi.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Monodnaviria adalah portmanteau dari mono, dari bahasa Yunani μόνος [mónos], yang berarti tunggal, serta dna, dari asam deoksiribonukleat (DNA), yang merujuk pada DNA untai tunggal, serta akhiran -viria, yang merupakan sufiks yang digunakan untuk dunia virus. Anggota prototipe Monodnaviria sering disebut virus CRESS-DNA, atau CRESS DNA, yang merupakan singkatan dari virus "circular Rep-encoding ssDNA".[1]

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Monodnaviria memiliki empat kerajaan: Loebvirae, Sangervirae, Shotokuvirae, dan Trapavirae. Kerajaan Loebvirae bersifat monotipik sampai ke tingkat ordo, sementara Sangervirae dan Trapavirae bersifat monotipik sampai ke tingkat famili. Taksonomi ini dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut:[1][2]

  • Kerajaan: Loebvirae, yang hanya menginfeksi bakteri, memiliki virion berfilamen atau berbentuk batang yang terbentuk dari protein kapsid alfaheliks, dan menyandikan protein morfogenesis yang merupakan ATPase dari superfamili FtsK-HerA
  • Kerajaan: Sangervirae, yang hanya menginfeksi bakteri, memiliki protein kapsid yang berisi lipatan gulungan jeli tunggal, dan memiliki protein pilot yang diperlukan untuk mentransfer DNA melintasi selubung sel. Endonuklease dari Sangervirae mungkin juga merupakan sifat pemersatu karena tampaknya monofiletik.
    • Filum: Phixviricota
      • Kelas: Malgrandaviricetes
  • Kerajaan: Shotokuvirae, yang menyandikan endonuklease yang mengandung domain endonuklease, atau turunannya, di awal urutan asam amino protein dan domain helikase superfamili 3 di akhir urutan asam amino protein. Shotokuvirae terutama mencakup virus ssDNA linier dan virus dsDNA melingkar.
  • Kerajaan: Trapavirae, yang hanya menginfeksi arkea dan memiliki selubung virus yang mengandung protein fusi membran
    • Filum: Saleviricota

Monodnaviria mencakup sebagian besar virus ssDNA yang teridentifikasi. Kelompok ini merupakan Grup II: ssDNA dalam sistem klasifikasi Baltimore, yang mengelompokkan virus berdasarkan cara mereka menghasilkan RNA duta (mRNA). Sistem klasifikasi Baltimore sering digunakan bersama dengan standar taksonomi virus, yang didasarkan pada sejarah evolusi. Dari 16 famili virus ssDNA, tiga di antaranya tidak ditempatkan dalam Monodnaviria, yaitu famili Anelloviridae dan Finnlakeviridae (yang sementara ini diusulkan masuk ke dunia Varidnaviria), serta famili Spiraviridae. Virus dsDNA di Monodnaviria ditempatkan ke Baltimore Grup I: virus dsDNA. Dunia adalah tingkat taksonomi tertinggi yang digunakan untuk virus dan Monodnaviria adalah salah satu dari empat dunia, tiga lainnya adalah Duplodnaviria, Riboviria, dan Varidnaviria.[1][3][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Koonin EV, Dolja VV, Krupovic M, Varsani A, Wolf YI, Yutin N, Zerbini M, Kuhn JH (18 October 2019). "Create a megataxonomic framework, filling all principal taxonomic ranks, for ssDNA viruses" (docx). International Committee on Taxonomy of Viruses (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 May 2020. 
  2. ^ a b "Virus Taxonomy: 2019 Release". talk.ictvonline.org. International Committee on Taxonomy of Viruses. Diakses tanggal 25 April 2020. 
  3. ^ Malathi VG, Renuka Devi P (March 2019). "ssDNA Viruses: Key Players in Global Virome". Virusdisease. 30 (1): 3–12. doi:10.1007/s13337-019-00519-4. PMC 6517461alt=Dapat diakses gratis. PMID 31143827.